Cara Setting Permalink WordPress

Permalink merupakan sebuah alamat atau URL dari setiap postingan ataupun halaman dari website wordpress. Permalink ini akan didapatkan secara otomatis ketika kita membuat sebuah postingan atau halaman di wordpress kita. Cara setting permalink wordpress cukup mudah untuk dilakukan, jika kamu belum tahu silahkan ikuti langkah berikut ini :

Cara Setting Permalink WordPress Secara Default

Untuk mengatur secara default bisa kita lakukan di menu settings – permalinks. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa kita pilih :

  • Plain : http://namadomain.com/?p=123 . p=123 ini adalah id dari postingan yang telah kita buat.
  • Day and name : http://namadomain.com/2017/08/23/sample-post/. Pilihan ini akan membuat sebuah url dengan tanggal postingan dan nama dari postingan yang kita buat.
  • Month and name : http://namadomain.com/2017/08/sample-post/. Jika yang ini hanya akan ditampilkan bulan dan tahun beserta nama postingan.
  • Numeric : http://namadomain.com/archives/123. Pilihan ini yang digunakan adalah angka seperti halnya post id.
  • Post name : http://namadomain.com/sample-post/. Ini yang paling bagus menurut SEO karena singkat dan deskriptif sesuai dengan isi dari post atau halaman.
  • Custom Structure : Jika kamu ingin membuat pengaturan default dengan struktur yang lain bisa gunakan pilihan ini.

Cara Setting Permalink WordPress Di Masing-Masing Postingan

Merubah permalink juga bisa dilakukan di setiap halaman atau postingan yang kita buat. Caranya adalah klik edit pada samping kanan / bagian bawah judul postingan seperti gambari dibawah ini :

Nah itu cara setting permalink wordpress yang bisa kita lakukan langsung di dashboard wordpress kita. Prinsip dari mengatur permalink ini adalah untuk memudahkan pemilik website maupun pengunjung untuk mengakses halaman tertentu. Buatlah permalink yang singkat, mudah dihafal dan deskriptif sesuai dengan isi dari postingan yang dibuat.

Permalink juga bisa digunakan untuk memaksimalkan SEO dengan cara menggunakan keyword atau kata kunci untuk nama url postingan kita. Untuk sebab itu hal ini penting untuk kita lakukan dalam proses optimasi mesin pencari atau yang biasa disebut SEO.

Demikian yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini , jika ada yang belum jelas bisa bertanya di kolom komentar di bagian bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *