fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPanduan

Cara Mengetahui Jumlah Backlink : Ini Tools yang Bisa Di Gunakan

Yanti puspita

Cara mengetahui jumlah backlink – Saat mencari sesuatu di Google, Anda pasti akan langsung disuguhkan artikel yang sangat bermanfaat dan sesuai dengan apa yang Anda cari. Bagaimana Google bisa tahu hal itu? Jangan salah, Google bukanlah paranormal.

Google dapat mengidentifikasi artikel yang sesuai dengan apa yang Anda cari karena beberapa alasan, salah satunya adalah backlink.

Untuk website, memiliki backlink bisa meningkatkan performa di pencarian Google. Backlink juga diperlukan untuk membantu mengarahkan lalu lintas organik melalui strategi SEO. Sehingga situs Anda dapat ditemukan di bagian atas pencarian Google.

Nah, untuk mengetahui berapa jumlah backlink di website Anda, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tool backlink checker.

Dengan pemeriksa jumlah backlink ini, Anda dapat dengan mudah memantau kualitas backlink ke situs Anda. Ada banyak pemeriksa jumalh backlink di luar sana yang menawarkan fitur kompetitif. Berikut beberapa yang bisa Anda jadikan referensi.

Cara Mengetahui Jumlah Backlink dengan Menggunakan Tools Serbaguna

Mengetahui cara mengetahui jumlah backlink penting untuk menentukan apakah website Anda SEO friendly atau tidak.

Sebagai informasi, backlink merupakan bagian dari SEO off page yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas suatu website di mesin pencari.

Jadi, website dengan backlink yang baik akan mendapatkan “dukungan” untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.

Nah, mengingat peran backlink cukup penting, sebaiknya Anda tidak melupakan proses pengecekan jumlah backlink ini.

Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk cara mengetahui jumlah backlink,berikut beberapa di antaranya.

SEMrush

SEMrush merupakan alat SEO terkenal untuk mengetahui jumlah backlink sebuah situs web. Alat yang telah menganalisis lebih dari 43 triliun backlink ini memiliki banyak fitur yang akan memudahkan Anda menganalisis jumlah backlink untuk situs web Anda sendiri atau untuk pesaing Anda.

Untuk cara mengetahui jumlah backlink melalui SEMrush, Anda harus login terlebih dahulu. Kemudian pilih “Backlink Analytics”. Setelah itu, masukkan nama domain yang ingin dianalisis dan tunggu hasilnya.

SEMrush memberikan banyak informasi seperti berapa banyak halaman yang memiliki tautan ke situs web Anda atau situs web pesaing.

Bahkan, tools ini juga bisa memberi Anda daftar website yang bisa Anda targetkan untuk membangun backlink yang lebih baik.

Ahrefs

Ahrefs adalah alat SEO paling aktif untuk perayapan situs web setelah Google. Bahkan, Ahrefs mengklaim bahwa data indeks backlinknya di perbarui setiap 15 menit sekali. Alat ini juga telah menganalisis sekitar 30 triliun backlink.

UberSuggest

UberSuggest adalah salah satu alat termudah yang bisa di gunakan untuk mengetahui jumlah backlink. Untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu.

Ubersuggest juga menyediakan berbagai fitur untuk mendukung proses pengecekan jumlah backlink seperti Backlink Overview dan Backlink Opportunity.

Moz Pro

Jika Anda mencari alat untuk memeriksa jumlah backlink situs web Anda secara menyeluruh, Moz Pro adalah pilihan yang tepat. Untuk menggunakan Moz Pro, Anda harus terlebih dahulu membuat akun Moz Pro. Setelah itu akses “Link Explorer” untuk mengecek jumlah backlink dari website.

BuzzSumo

Anda juga dapat menggunakan BuzzSumo untuk memeriksa jumlah backlink situs web Anda. Tools ini jugadapat membantu Anda memeriksa konten di situs web Anda. Di BuzzSumo ini terdapat empat fitur utama yang tersedia,

  • Discovery, fitur ini berfungsi untuk menjelajahi konten yang berkinerja baik
  • Research, fitur ini berfungsi untuk menganalisis data guna meningkatkan strategi pemasaran bisnis
  • Influencer, dengan fitur ini Anda bisa mengenali influencer potensial untuk bekerja sama dengan bisnis Anda.
  • Monitoring, fitur ini memungkinkan Anda melacak komentar dan tren di komunitas secara real time.

Untuk cara mengetahui jumlah backlink website menggunakan BuzzSumo, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di BuzzSumo ini.

BuzzSumo memiliki versi layanan gratis dan berbayar. Apabila Anda membutuhkan lebih banyak fitur selain untuk mengetahui jumlah backlink ini, Anda dapat berlangganan versi berbayar yang juga di sediakan tolls ini.

OpenLinkProfiler

Anda bisa menggunakan situs OpenLinkProfiler untuk cara mengetahui jumlah backlink di situs web Anda.

Situs ini menawarkan layanan pengecekan jumlah backlink gratis untuk situs web. Jika Anda menginginkan alat yang praktis, OpenLinkProfiler cocok untuk Anda.

Tanpa perlu mendaftar, Anda dapat dengan cepat memeriksa backlink situs web. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs OpenLinkProfiler, dan memasukkan URL ke dalam kotak centang backlink. Kemudian klik Dapatkan Backlink.

Dengan situs ini, Anda dapat melihat jumlah total backlink, jumlah domain yang mengarah ke situs web Anda, backlink yang rusak, peringkat domain, dan lainnya.

Majestic SEO

Alat lain yang bisa Anda coba untuk cara mengetahui jumlah backlink website Anda adalah Majestic SEO. Situs ini menyediakan layanan pengecekan backlink yang hadir dengan database triliunan indeks.

Majestic SEO memberikan informasi tentang riwayat backlink, detail backlink, domain rujukan, dan lainnya. Seperti alat pengecekan backlink lainnya, Majestic SEO hadir dengan tampilan grafis yang juga menarik.

Untuk versi gratisnya, Anda hanya akan disajikan gambaran umum dari semua data backlink yang Anda cari. Sedangkan untuk fitur yang lebih lengkap, Andabisa mulai berlangganan dengan membayar mulai dari USD 49,99 hingga USD 399,99/bulannya.

SEOSpyGlass

Tidak seperti alat lain yang tersedia secara online, SEO SpyGlass adalah perangkat lunak/aplikasi yang perlu di unduh dan diinstal terlebih dahulu di perangkat yang Anda gunakan.

Alat tunggal ini memungkinkan Anda untuk melihat semua jumah backlink yang mengarah ke situs web Anda, menganalisis dan memelihara backlink yang kuat dengan mengontrol kualitas setiap backlink.

Informasi yang menunjukkan tautan spam ke situs Anda juga bisa di lihat menggunkan tools in. Selain itu, Anda bisa mencari peluang backlink baru dengan cara membandingkan profil backlink dengan kompetitor yang sesuai dengan parameter Anda.

Small SEO Tools

Masih kurang dengan semua pilihan di atas? Anda dapat mencoba Small SEO Tools ini untuk memeriksa backlink situs web. Anda bisa menggunakan SmallSEOTOols secara gratis dengan berbagai layanan yang mendukung SEO website.

Alat ini juga menyediakan informasi backlink yang berguna, seperti backlink checker, backlink builder bahkan broken link checker.

Cara menggunakannya cukup sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah, buka website SmallSEOtools, dan pilih menu backlink checker. Setelah itu masukkan URL website yang ingin dicek backlinknya.

Kesimpulan

Semua cara mengetahui jumlah backlink di atas memiliki kelebihannya masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Hal ini karena backlink adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi visibilitas website Anda di mesin pencari seperti Google.

Oleh karena itu, pengecekan jumlah backlink website merupakan proses yang tidak boleh diabaikan. Pilihlah cara mengetahui jumlah backlink terbaik agar website Anda memiliki backlink yang bagus dan lebih SEO friendly di mesin pencari.

Baca Juga