fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

10 Cara Mengatasi Pencurian

Yanti puspita

Pada saat ini pencuri menjadi lebih pintar. Namun masih banyak cara mengatasi pencurian yang terjadi di rumah kamu dengan berbagai alternatif yang masuk akal. Gembok adalah salah satu cara keamanan rumah paling revolusioner yang pernah di temukan.

Setelah di perkenalkan pada 1960-an, pencurian rumah menurun. Terkait itu semua, pada artikel kali ini kita akan menjelaskan 10 cara mengatasi pencurian supaya bisa jadi pembelajaran bagi kamu.

10 Cara Mengatasi Pencurian

Cara mengatasi pencurian sebenarnya tidak sulit asalkan mau di lakukan dengan tuntas. Mulai sekarang, jangan malas untuk meng-upgrade sistem keamanan rumah kamu karena itu sangat penting. Seperti yang telah di sebutkan di atas bertikut penjelannya:

1.      Cara Mengatasi Pencurian Di Rumah

Cara mengatasi pencurian di rumah adalah hal pertama yang harus di lakukan. Karena sebagian besar pencurian di siang hari terjadi saat anggota keluarga sedang bekerja atau sekolah. Saat kamu keluar di siang hari (atau malam hari), ciptakan ilusi bahwa ada seseorang di rumah.

Kamu dapat menyalakan lampu, radio, atau TV menggunakan pengatur waktu. Alternatifnya, kamu dapat membeli produk yang akan mensimulasikan audio dan visual yang bekerja di rumahmu.

2.      Jangan Lupa Mengunci Pintu/Jendela

Menurut statistik, sekitar 40% penyusup memasuki rumah melalui pintu utama atau jendela yang terbuka. Jika tidak ada orang di rumah, pastikan untuk mengunci semua pintu dan jendela, dan pasang gembok atau gerendel. Kamu juga bisa membuat pintu anti maling dengan memasang rangka yang kokoh dan pintu kayu solid, fiberglass, atau besi.

3.      Perlindungan Garasi

Tutup pintu garasi, bahkan saat kamu berada di rumah. Jika kamu sering lupa menutup, pasanglah alat yang akan menutup pintu garasi secara otomatis setelah waktu buka tertentu. Jika kamu pergi dalam waktu lama, matikan pembuka atau gerendel pintu agar pencuri tidak mudah masuk melalui pintu garasi.

4.      Jangan Pamer

Rumah dengan tampilan paling mewah di lingkungan kamu pasti akan menjadi target utama. Karena itu, jangan suka pamer.

Jika kamu membeli TV baru atau sound system yang mahal, jangan tinggalkan kotaknya di luar. Jangan biarkan anak-anakmu meninggalkan sepeda, mainan mereka di halama. Dengan kata lain, jangan pamer bahwa kamu memiliki barang bernilai tinggi untuk mengundang calon penyusup.

5.      Jangan Berikan Tempat Untuk Bersembunyi

Cara mengatasi pencurian berikutnya yaitu jangan jadikan rumah kamu target dengan menyediakan tempat bersembunyi yang nyaman. Jauhkan pohon dan semak dari pintu, jendela, dan pintu masuk lainnya.

Kamu masih bisa memiliki taman, tetapi jaga agar tanaman tetap terpelihara dengan baik agar tidak menjadi tempat persembunyian bagi pencuri. Jika kamu menyukai semak di sekitar rumah, pilih tanaman dengan duri yang tidak akan membiarkan penjahat bersembunyi.

6.      Kenali Tetangga

Tahukah kamu bahwa tetangga yang usil sebenarnya dapat membantu mencegah pencurian? Cobalah berteman dengan semua keluarga yang tinggal di dekatmu. Karena lingkungan dengan penduduk yang ramah memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah.

Pasalnya, penampilan orang asing akan terlihat sangat mencolok. Maka dari itu, berteman dengan tetangga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah pencuri masuk ke rumahmu. Tawarkan untuk menjaga satu sama lain dan rumah tetangga, terutama saat kamu atau tetanggamu bepergian.

Kamu bahkan dapat mengusulkan kesepakatan dengan penduduk setempat untuk patroli bersama. Pantau orang tidak di kenal yang berkeliaran di lingkungan, dan saling memberi tahu tentang perilaku yang mencurigakan. Dan segera hubungi polisi jika kamu melihat kejahatan. Bunyikan alarm segera jika perlu. Lebih baik aman daripada menyesal kemudian.

7.      Tutup Jendela

Jendela akan membiarkan cahaya dan udara segar masuk ke rumahmu. Tapi itu juga memudahkan pencuri masuk ke rumah. Biasakan menarik jendela atau gorden saat sedang tidak di rumah. Terutama di malam hari saat lampu di kamar membuat sulit untuk melihat ke luar tetapi sangat mudah untuk melihat ke dalam.

8.      Pasang Alarm Di Rumah

Cara mengatasi pencurian terbaik masuk ke rumah adalah dengan memasang sistem alarm di rumahmu. Tersedia banyak pilihan, mulai dari:

  • Sistem yang hanya memantau pintu masuk
  • Hingga alarm canggih yang di lengkapi sensor gerak dan getaran
  • Pemantauan smartphone
  • Hingga rekaman video cctv

Ada beberapa pilihan bagi mereka yang memiliki dana terbatas. Kamu mungkin terkejut dengan harga sistem alarm keamanan rumah yang terjangkau. Alarm rumah merupakan salah satu alat pencegahan pencurian terbaik, jadi pastikan semua orang di rumahmu tahu cara menggunakannya.

Namun, jangan mengajari anak kecil kata sandi alarm. Aturan umumnya adalah jika mereka belum cukup umur untuk sendirian di rumah, kamu tidak perlu tahu alat ini. Ingatlah bahwa mereka dapat secara tidak sengaja menyelipkan kode tersebut kepada seseorang yang tidak mereka kenal bahkan dengan bujukan.

9.      Ajarkan Anak Kamu Tentang Bahaya Dari Orang Tak Dikenal

Meskipun penting untuk mengajarkan kesopanan kepada anak-anak, mereka juga harus belajar untuk tidak pernah berbicara dengan orang asing saat sendirian. Beri tahu anak-anakmu bahwa mereka tidak boleh membuka pintu untuk orang asing dan mereka harus selalu meminta pengunjung untuk mengidentifikasi mereka. Setiap kali bel pintu berbunyi, ingatlah untuk meminta ID sebelum membuka pintu.

10. Memberikan Informasi Kepada Petugas Keamanan Rumah

Jika kamu harus keluar rumah selama beberapa hari atau bahkan lebih lama, sebaiknya tinggalkan pesan terlebih dahulu kepada satpam di lingkungan rumahmu. Sehingga petugas keamanan dapat memperhatikan untuk mengamati situasi di sekitar rumahmu.

Cara Mengatasi Pencurian Sepeda Motor

Pencurian sepeda motor telah menjadi kejahatan paling umum sejak zaman kuno. Sepeda motor mudah di bobol dan di jual. Polda Metro Jaya sejak Januari hingga Maret 2023 mendeteksi dan menangkap 25 pelaku kejahatan. Barang bukti berupa mobil dan 30 sepeda motor.

Pelaku melakukan aksinya dengan dua cara, yaitu mengambil sepeda motor dengan kunci T dan merampas sepeda motor dengan senjata terhadap korban dengan senjata tajam atau senjata rakitan. Nah bagaimana cara mengatasi pencurian sepeda motor kesayangan, berikut 5 cara mudah mencegah pencurian yaitu:

·         Gunakan Fitur Keamanan Tambahan

Gunakanlah fitur keamanan tambahan, sebab tingkat keamanan sepeda motor rendah. Lanjutkan untuk memasang kunci ganda di area lain seperti:

  • Penguncian disk
  • Penggunaan alarm dan perangkat lain

·         Parkirkan Di Tempat Yang Aman

Jangan parkir motor sembarangan. Karena motor mudah di curi saat di tinggal di luar pagar. Apalagi di daerah sedikit penduduk, warga sekitar seringkali kurang memperhatikan lingkungan sekitar.

·         Simpan Di Pekarangan Rumah

Meletakkan sepeda motor di pekarangan dan mengunci pagar saat berada di rumah adalah cara mengatasi pencurian yang tepat. Jika kamu berada di luar rumah, pilihlah tempat parkir yang aman dan miliki satpam resmi.

·         Pastikan Sepeda Motor Dikunci

Harap perhatikan perlindungan aktif sepeda motor saat kamu meninggalkannya. Misalnya, pastikan sepeda motor dalam posisi stang terkunci.

·         Lepas Komponen Penting

Jika kamu meninggalkan sepeda motor dalam waktu lama di rumah, kamu perlu melepas beberapa bagian penting dari sepeda motor, seperti:

  • Busi
  • Aki
  • Bahkan ban

Kesimpulan

Selain cara mengatasi pencurian di atas, hal yang paling penting untuk di lakukan adalah melindungi rumahmu dengan asuransi. Karena itu dapat membantu kita untuk tetap di rumah dengan memberikan perlindungan seperti pencurian akibat kehilangan barang rumah.  

Baca Juga