Cara Mengatasi 504 Gateway Time-Out Error di WordPress

Mempunyai website yang baik dan canggih diinternet merupakan harapan yang diinginkan oleh para praktisi internet, terlebih jika website itu punya kinerja yang baik dan tidak mudah eror, jika kita mempunyai suatu kesalahan dalam website kita atau eror itu membuat pelanggan website kita jadi tak betah, benarkah?

Apabila anda pernah mengalami yang namanya 504 gateway timeout error berarti anda harus membaca artikel ini sampai tuntas, silahkan untuk mempelajari apa yang bisa langsung di praktekan, karena kita gak maukan orang-orang yang berkunjung kepada website kita namun saat di buka terjadi eror atau 504 gateaway

Apa yang menyebabkan 504 Gateway Timeout Error?

Sebelum ke mengatasinya kita harus tau dulu apa yang menyebab dari website kita jadi 504 Gateway Timeout Error, 504 gateway time-out error biasanya disebabkan ketika server tidak dapat terhubung ke server upstream untuk menyelesaikan permintaan.

Contohnya begininya, jika Anda menggunakan firewall situs web seperti Sucuri, dan tidak dapat terhubung ke server WordPress Anda, maka diwebsite anda akan 504 gateway time-out error.

Tampilan halaman error dan pesan dapat ditampilkan secara berbeda tergantung pada perusahaan hosting WordPress Anda, server proxy, atau browser yang Anda gunakan. inilah pesan dari 504 gateway time-out error yang umum dialami para pemilik website .

  • 504 Gateway Time-out
  • HTTP 504
  • 504 ERROR
  • Gateway Timeout (504)
  • Kesalahan HTTP 504
  • Gateway Timeout Error
  • 504 Gateway timeout error

Sementara alasan paling umum untuk kesalahan ini adalah server proxy tidak dapat mencapai server hulu, itu juga dapat dipicu oleh masalah konfigurasi hosting lainnya.
Oleh karena itu, mari kita sama-samam untuk bagaimana dengan mudah memecahkan masalah dan memperbaiki 504 gateway Time-Out Error di WordPress.

1. Tunggu dan Muat Ulang

Kadang-kadang kesalahan 504 gateway timeout mungkin hanya disebabkan oleh kesalahan sementara pada server hosting WordPress Anda. Beri waktu beberapa menit, lalu coba muat ulang situs web Anda.
Jika masalah ini hilang, maka Anda tidak perlu mengambil langkah lebih lanjut. Namun, jika kesalahan berlanjut atau muncul kembali setelah beberapa saat, kemudian lanjutkan membaca untuk memecahkan masalah dan memperbaikinya kembali.

2. Matikan VPN

Apabila Anda menggunakan layanan VPN untuk menjelajahi web, maka coba nonaktifkan. Terkadang server VPN Anda mungkin tidak bisa mendapatkan respons dari server hosting WordPress yang Anda kelola, dan ini akan mengakibatkan 504 Gateway Time-Out Error di WordPress.

Jika situs web Anda muncul kembali, maka ini berarti bahwa server VPN adalah penyebabnya. Apabila menggunakan VPN itu penting bagi Anda, maka dari sekarang Anda dapat mencoba beralih ke server VPN lain. Jika Anda melihat kesalahan bahkan setelah mengganti server, maka Anda coba untuk menghubungi penyedia layanan VPN Anda untuk mendapatkan service dari penyedianya.

3. Matikan Situs Web Firewall

Jika Anda menggunakan firewall situs web tingkat DNS seperti Sucuri atau Cloudflare, maka cobalah untuk menonaktifkan firewall untuk sementara waktu. Apabila ini bisa memungkinkan Anda untuk terhubung ke server hosting WordPress Anda secara langsung.

Sucuri 504 kesalahan

Apabila itu bisa memperbaiki masalah, bisa jadi server hosting Anda akan memblokir alamat IP firewall yang menyebabkan masalah ini muncul. Anda harus menghubungi penyedia layanan firewall Anda untuk mendapatkan daftar alamat IP mereka, dan kemudian menghubungi host web Anda untuk membuat daftar IP tersebut.

Terkadang menonaktifkan firewall bisa menampilkan pemberitahuan kesalahan server yang sebenarnya. Dalam hal ini, Anda harus merujuk ke daftar kesalahan WordPress yang umum untuk memperbaiki masalah tertentu.

4. Nonaktifkan Proksi Jaringan Anda

Jika Anda terhubung ke internet melalui server proxy, maka server itu mungkin tidak bisa mendapatkan respons dari situs web WordPress Anda.

Coba akses situs web Anda menggunakan koneksi internet yang berbeda atau gunakan layanan online untuk melihat apakah situs web Anda rusak hanya untuk Anda atau semua orang.

Apabila hanya untuk Anda, maka Anda perlu mengubah pengaturan jaringan Anda. Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda atau admin jaringan untuk memperbaiki masalah Anda.

5. Ubah Server DNS Anda

Koneksi internet Anda menggunakan sesuatu yang disebut server DNS. Server-server ini membantu komputer Anda terhubung ke berbagai server di internet.

Apabila server DNS yang Anda gunakan sedang down atau tidak dapat terhubung ke situs web Anda, maka Anda bisa melihat 504 Gateway Time-Out Error di WordPress. Langkah yang bisa anda lakukan untuk memeriksa ini adalah dengan mengubah server DNS yang digunakan perangkat Anda.

Pada komputer Windows, Anda dapat menemukannya di bawah Control Panel »Network and Sharing Center screen.

Mengubah server DNS di Windows

Pada komputer Mac, Anda dapat menemukannya di Pengaturan »Jaringan. Klik pada tombol Advanced, dan kemudian pilih tab DNS.

Pengaturan DNS pada Mac

Anda dapat mengubah alamat server DNS Anda menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 dan menerapkan perubahan.
Coba kunjungi situs web Anda sekarang. Jika ini menyelesaikan kesalahan Anda, maka masalah anda selesai. Masalahnya dengan koneksi internet Anda, dan sekarang sudah diperbaiki.

6. Bersihkan Database WordPress Anda

Basis data WordPress yang rusak juga dapat memicu galat 504 Gateway Time-Out Error di WordPress. Jangan khawatir, data WordPress Anda kemungkinan besar dan aman. Namun, database Anda mungkin perlu sedikit pembersihan tiap musimnya.
Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan mengoptimalkan database WordPress Anda menggunakan phpMyAdmin atau menggunakan plugin seperti WP-Sweep. Pastikan Anda mencadangkan basis data WordPress sebelum melakukan tindakan apa pun.

7. Nonaktifkan Plugin WordPress dan Alihkan ke Tema Default

Plugin dan tema WordPress cenderung menyebabkan 504 Gateway Time-Out Error di WordPress. Namun, jika plugin atau tema memuat data yang cukup banyak. Untuk mengujinya, Anda harus menonaktifkan semua plugin WordPress melalui FTP.

Setelah itu, kunjungi situs web Anda untuk melihat apakah 504 Gateway Time-Out telah teratasi.
Jika ya, maka salah satu plugin Anda yang menyebabkan masalah itu. Anda sekarang harus mengaktifkan semua plugin satu per satu sampai Anda dapat mereproduksi kesalahan. Ini akan membantu Anda menemukan plugin yang bermasalah atas 504 Gateway Time-Out tersebut.

Jika menonaktifkan plugin tidak menyelesaikan masalah Anda, maka Anda ingin memeriksa tema WordPress Anda. Anda harus mengganti tema WordPress melalui phpMyAdmin.

Setelah mengalihkan tema Anda ke tema WordPress default, kunjungi situs web Anda untuk melihat apakah itu berfungsi atau tidak.

8. Coba Untuk Hubungi Penyedia Hosting

Jika semuanya gagal, dan Anda masih tidak dapat menyelesaikan 504 Gateway Time-Out di WordPress. maka ikuti langkah-langkah dalam panduan pemecahan masalah WordPress bagi pemula disini.
Untuk selanjutnya, sebagai upaya terakhir, Anda perlu menghubungi penyedia hosting Anda untuk mendapatkan dukungan. Mereka mungkin dapat memperbaiki masalah atau mengarahkan Anda ke arah yang benar dan lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam masalah 504 Gateway Time-Out di WordPress.

Tinggalkan Komentar