Umum

Cara Menganalisa Backlink Kompetitor (Dengan Tools)

Dewabiz
May 29, 2019
Cara Menganalisa Backlink Kompetitor (Dengan Tools)
Cara Menganalisa Backlink Kompetitor (Dengan Tools)

Persaingan antar para blogger tentu saja tidak terhindarkan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan posisi untuk kata kunci tertentu. Kita dapat belajar dari pesaing bagaimana cara mengoptimalkannya, terutama saat membuat backlink. Dengan memata-matai backlink pesaing kami, kami mendapatkan gagasan tentang sumber backlink mana yang terhubung ke web mereka, dan kami juga dapat menggunakan sumber backlink mereka.

Fungsi dari menganalisis backlink kompetitor adalah untuk mengetahui situs web mana yang ditautkan ke situs web pesaing Anda. Ini adalah perbandingan antara backlink dan blog yang lebih kuat dari mereka(ini sangat membantu untuk memberi tahu Google bahwa kami adalah pesaing dari situs web yang kuat).

Di bawah ini adalah 9 alat untuk menganalisis backlink kompetitor atau pesaing blog Anda.

1. SEMrush

SEMRUSH adalah salah satu alat SEO paling populer dan sekarang SEMR memiliki kemampuan analisis backlink yang komprehensif. Kinerja SEMrush sangat baik dalam menganalisis kata kunci. Data dapat diakses dalam bentuk grafik. Untuk menggunakan fungsi periksa backlink, yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs SEMRush.

Jenis nama domain yang ingin Anda analisis dan tekan Enter.

Jika Anda ingin membandingkan nama domain, cari tab di sudut kiri dan dapatkan daftar domain terperinci yang terkait dengan IP, tautan dari situs .gov dan .edu, dan situs lainnya.

Kamu juga dapat mengekspor formulir sebagai PDF dengan mengeklik tombol PDF di sudut kanan atas.

Meskipun alat ini adalah versi gratis, mungkin cukup baik untuk menganalisis SEO pesaing kita.

2. Ahrefs

Ahrefs adalah alat terbaik untuk menganalisis backlink dari pesaing kamu. Alat ini telah diuji untuk satu juta domain backlink.

Untuk melakukan analisis gratis, Kamu dapat mengunjungi Ahrefs dan kemudian memasukkan URL situs web yang ingin Anda analisis. Anda kemudian akan menerima analisis data lengkap dan backlink profil dari situs web yang diuji serta ditunjukkan pada gambar di bawah. Ahrefs juga menyediakan kemampuan analisis komprehensif untuk backlink berikut, diikuti oleh backlink, tautan teks, dan gambar backlink yang terpisah dari mesin pencari.

Jika Anda menggunakan akun gratis, Anda akan menerima 10 hasil untuk setiap pencarian, sementara versi berbayar tidak terbatas.

3. Majestic SEO

Seperti namanya, itu sering digunakan oleh para profesional. MagesticSEO adalah saingan Ahrefs. Keduanya memiliki daftar sendiri, di mana keduanya berisi peringkat satu juta situs web berdasarkan peringkat tautan mereka dan kriteria lainnya. Magestic memiliki basis data tautan terbesar dan memberi peringkat jenis tautan yang berasal dari berbagai sumber.

Keuntungan dari MajesticSEO adalah kita dapat mengunduh profil dari pesaing untuk mendapatkan ide yang jelas tentang bagaimana sebuah situs web dapat memperoleh backlink.

Pada tab Ringkasan, Anda dapat melengkapi daftar tautan ke domain atau URL, dan memberi kami detail tentang berapa banyak backlink diindeks oleh berapa banyak domain.

4. Open Site explorer

Open Site explorer adalah alat yang hebat dari moz.com. OSE dapat membantu kita melihat backlink yang terhubung ke internet pesaing kita. Memfilter laporan tentang otoritas domain dan teks jangkar yang digunakan oleh situs pesaing.

5. SEO Spyglass

SEO Spyglass adalah alat baru yang dapat dengan sempurna mengevaluasi backlink pesaing Anda. Dengan pembaruan terbaru, alat ini telah meningkatkan koneksi basis data yang diindeks sekitar 15.000.000.000.000. Ini lebih fantastis daripada data dari Ahrefs dan SEO luar biasa lainnya.

Jumlah backlink yang dapat dilihat untuk satu URL dapat mencapai ratusan, tetapi kamu tidak dapat mengekspornya. Versi premium (satu kali biaya) memberikan hak kepada kami untuk menggunakan berbagai analisis backlink dan fungsi ekspor.

6. Backlink Watch

Backlink Watch adalah alat paling sederhana untuk menganalisis backlink dari situs web mana pun, termasuk pesaing kamu. Manfaatnya adalah Backlink Watch menggunakan API ahrefs, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang cukup handal.

Tidak ada opsi ekspor, tetapi kita dapat menggunakan hasil dari alat ini secara gratis. Cukup salin semua laporan dari situs → tabel open → klik kanan → tempel → teks → OK. Sederhana bukan?

7. Google Alerts

Google Alerts adalah alat yang digunakan untuk analisis online. Alat ini dapat digunakan untuk menerima peringatan gratis ketika kata yang dipilih atau disebutkan ditampilkan di web. Ini bisa dalam bentuk nama merek, produk atau pesaing.

Kita dapat menggunakan alat ini untuk memantau pesaing kita jika pesaing ini memiliki tautan di web tertentu.

8. Link Diagnosis

Link Diagnostics adalah alat yang luar biasa yang memungkinkan kita memperoleh berbagai jenis hasil nofollow, dofollow, tautan yang hilang, tautan yang baik, halaman tautan eksternal dan internal, dan sebagainya.

9. Openlinkprofiler

Alat ini telah menjadi alat SEO paling populer. Profiler Tautan Terbuka memiliki basis data ekstensif tautan balik yang mengarah ke suatu situs, dan dapat menghitung hingga 200.000 tautan balik ke suatu domain.

Versi gratis ini dapat membantu kami mengunduh hingga 100 tautan dalam format CSV. Fitur ini tidak disediakan oleh alat SEO lain seperti Magestic SEO, Ahrefs atau Open Site Explorer.

Itulah cara menganalisis backlink kompetitor dengan 9 alat online yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Demikian sedikit pengetahuan untuk para sobat dewa.

Dewabiz Tempatnya Hosting Unlimited Termurah di Indonesia

 

Bagikan Artikel Ini