Panduan

Cara Menemukan dan Memperbaiki Tautan Rusak di WordPress (5 Metode)

Dewabiz
March 10, 2019
Cara Menemukan dan Memperbaiki Tautan Rusak di WordPress (5 Metode)
Cara Menemukan dan Memperbaiki Tautan Rusak di WordPress (5 Metode)

Cara Menemukan dan Memperbaiki Tautan Rusak – Memiliki tautan yang rusak di situs WordPress Anda adalah berita buruk bagi pengunjung dan SEO situs Anda, jadi mempelajari cara memperbaiki tautan yang rusak di WordPress adalah bagian penting dari menjalankan situs WordPress yang sukses.

Di pos ini, kami akan menyelami penjelasan yang lebih dalam tentang mengapa tautan rusak adalah sesuatu yang layak dicari dan diperbaiki. Lalu, kami akan menunjukkan kepada Anda lima metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menemukan dan memperbaiki tautan yang rusak di WordPress tanpa memperlambat situs Anda .

Tautan Rusak Buruk untuk SEO dan Pengalaman Pengguna

Tautan rusak buruk untuk situs WordPress Anda karena beberapa alasan berbeda.

Pertama, ada efeknya pada pengunjung manusia Anda. Jika seseorang mengklik sebuah tautan, mereka melakukannya karena mereka tertarik pada konten yang mereka beri tahu. Masuk akal, bukan?

Jadi, dengan mengirim mereka ke tautan yang rusak alih-alih konten yang Anda janjikan kepada mereka, Anda menciptakan pengalaman yang membuat frustasi bagi pengunjung Anda , dan dengan sendirinya merupakan insentif yang baik untuk menemukan dan memperbaiki tautan yang rusak di situs Anda.

Tautan rusak tidak hanya buruk bagi manusia, namun juga buruk bagi robot. Secara khusus, bot perayap digunakan oleh mesin pencari seperti Google.

Pertama, tautan rusak membuang ekuitas perayapan Anda di Google. Setiap 404 halaman yang ditemui Googlebot sebagai akibat dari tautan rusak adalah laman langsung yang bisa dirayapi oleh Google.

Selain itu, tautan yang terputus juga membuang-buang ekuitas tautan. Misalnya, jika Anda memiliki tautan internal yang terputus dari satu posting blog ke posting blog lain, Anda tidak mendapatkan manfaat SEO dari tautan internal itu, yang merupakan negatif untuk upaya SEO Anda .

Cara Cara Memperbaiki Tautan Rusak di WordPress

Ok, jadi tautan yang rusak buruk untuk situs WordPress Anda. Sekarang saatnya menjawab pertanyaan penting – bagaimana Anda dapat memperbaiki tautan yang rusak di WordPress?

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lima cara bagaimana memperbaiki tautan yang rusak di WordPress. Anda dapat mengklik di bawah ini untuk melompat langsung ke bagian tertentu atau membaca seluruh metode:

1. Alat Audit SEO Berbasis Web

Metode pertama yang kami sarankan untuk menemukan dan memperbaiki tautan yang rusak di WordPress adalah dengan menggunakan alat audit SEO berbasis web. Dua yang paling populer adalah Ahrefs dan SEMRush . Keduanya termasuk alat audit situs yang sangat kuat di mana Anda dapat secara otomatis memindai situs WordPress Anda untuk kesalahan.

Ahrefs sebenarnya beberapa tempat berbeda yang dapat Anda temukan tautan rusak.

Opsi 1 – Temukan Tautan Rusak dengan Alat Audit Ahrefs

Cara pertama untuk menemukan tautan yang rusak di Ahrefs adalah dengan menggunakan alat audit Situs mereka yang luar biasa . Cukup atur proyek baru, masukkan alamat situs WordPress Anda, dan biarkan memindai situs Anda. Tergantung pada ukuran situs Anda, ini bisa memakan waktu sekitar 20 menit.

Setelah pemindaian selesai, klik ke bagian laporan dan Anda akan menemukan daftar semua 404 kesalahan di situs WordPress Anda. Anda kemudian dapat melihat semua tautan yang rusak di situs Anda dan halaman internal tempat mereka muncul. Anda kemudian harus memperbarui tautan yang rusak dengan yang benar.

image by kinsta.com

Opsi 2 – Temukan Tautan Patah dengan Ahrefs Site Explorer

Anda juga dapat menggunakan Explorer Situs Ahrefs untuk menemukan tautan yang rusak. Cukup masukkan URL situs WordPress Anda ke Ahrefs Site Explorer, buka laporan “Tautan Balik”, dan klik “Rusak” untuk melihat tautan balik rusak terkuat dari situs web Anda.

Atau, Anda juga dapat membuka laporan “Best by links”, dan menerapkan filter “404 not found” di “kode HTTP.”

Opsi 3 – Temukan Tautan Keluar Rusak dengan Ahrefs Site Explorer

Memperbaiki backlink internal yang rusak pada situs WordPress Anda adalah prioritas nomor satu. Tapi jangan lupa tentang tautan keluar yang terputus. Ketika Anda menautkan ke konten atau sumber daya yang rusak di situs orang lain, hal ini juga membuat frustrasi pengguna. Tautan keluar berkualitas tinggi juga berperan dalam SEO Anda.

Cukup masukkan URL situs WordPress Anda ke Ahrefs Site Explorer, buka laporan “Tautan keluar”, dan klik “Tautan rusak.” Anda kemudian dapat melihat posting atau halaman di situs WordPress Anda tempat tautan berada dan tautan eksternal yang terputus.

2. Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang membantu dari Google yang membantu Anda “memantau, memelihara, dan memecahkan masalah keberadaan situs Anda dalam hasil Google Search”. Untuk memulai, Anda harus memverifikasi situs Anda dengan Google Search Console . Kemudian, Anda dapat mulai memanfaatkan fitur-fiturnya, termasuk deteksi tautan yang rusak.

Sebagai bagian dari fungsinya, Google Search Console menyertakan laporan Kesalahan Perayapan yang memungkinkan Anda melihat semua halaman yang mengembalikan kesalahan 404 ke Google:

image by kinsta.com

Mengeklik salah satu tautan itu akan membuka sembulan tempat Anda dapat melihat laman mana yang tertaut ke laman kesalahan 404 itu, yang memungkinkan Anda memperbaiki tautan yang rusak di laman itu:

3. Perangkat Lunak Desktop

Selain alat audit SEO berbasis web, Anda juga dapat menemukan tautan rusak menggunakan perangkat lunak desktop.

Opsi paling populer di sini adalah Screaming Frog , yang merupakan alat SEO terkenal yang bebas digunakan untuk menemukan tautan yang rusak.

Screaming Frog berfungsi pada Windows, macOS, dan Ubuntu.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal program, inilah cara menggunakannya untuk menemukan tautan yang rusak.

Pertama, tambahkan URL situs Anda ke kotak di bagian atas dan klik Mulai :

Kemudian, Anda dapat menggunakan opsi Kode Jawaban untuk memfilter 404 halaman dan kemudian menggunakan fitur Tautan di bagian bawah untuk menemukan tautan ke 404 halaman tersebut:

Jika Anda menggunakan Mac, Integrity juga merupakan alat SEO desktop yang bagus yang dapat Anda gunakan untuk menemukan tautan rusak di WordPress.

4. Alat Pemeriksa Tautan Rusak Online

Jika situs Anda tidak terlalu besar, Anda mungkin dapat menggunakan alat pemeriksa tautan rusak online gratis untuk menemukan tautan rusak.

Pilihan yang baik di sini adalah BrokenLinkCheck.com yang bernama kreatif , yang memungkinkan Anda memeriksa hingga 3.000 halaman secara gratis.

Ini juga sangat mudah digunakan – Anda cukup menuju ke situs web, masukkan URL Anda, dan klik Temukan tautan rusak :

Kemudian, Anda dapat memutuskan apakah akan melaporkan tautan rusak yang berbeda atau semua kejadian – semua kejadian lebih teliti, tetapi mungkin membutuhkan lebih banyak waktu:

Kemudian, alat ini akan mencantumkan semua tautan internal dan eksternal yang rusak, serta memberikan tautan ke halaman tempat tautan yang rusak itu muncul:

Kemudian, yang perlu Anda lakukan adalah masuk dan memperbaiki tautan yang menyinggung.

5. Plugin WordPress Pemeriksa Tautan Rusak

Kami tidak menyarankan menggunakan plugin WordPress untuk memeriksa tautan yang rusak karena mereka dapat menjadi hambatan besar pada kinerja situs Anda. Dari perspektif kinerja, jauh lebih baik memuat tugas ini ke alat terpisah melalui salah satu metode di atas.

Jika Anda benar-benar harus menggunakan plugin WordPress untuk memeriksa tautan yang rusak, jangan biarkan itu aktif dan berjalan sepanjang waktu. Alih-alih, jalankan plugin sekali dan kemudian hapus dari situs Anda setelah Anda memperbaiki tautan yang rusak. Tetapi sekali lagi – rekomendasi kami adalah hanya menggunakan salah satu alat lain dan lewati plugin.

Ketika datang ke plugin pemeriksa tautan yang rusak, opsi yang paling populer adalah plugin Broken Link Checker gratis di WordPress.org. Catatan: Plugin ini belum diperbarui untuk waktu, dan tampaknya pengembang mencoba untuk meminta transfer kepemilikan .

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, buka Tools → Broken Links untuk melihat laporan dengan semua tautan internal dan eksternal Anda yang rusak.

Terima kasih, semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel Ini