fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Cara Mendownload Data Di Google Maps

Yanti puspita

Cara Mendownload Data Di Google Maps – Dalam era informasi yang terus berkembang, Google Maps telah menjadi salah satu aplikasi peta yang paling populer dan bermanfaat.

Namun, terkadang Anda menghadapi situasi di mana sinyal internet tidak tersedia atau tidak stabil, yang dapat menghambat akses Anda ke data penting di Google Maps.

Untungnya, ada cara untuk mendownload data di Google Maps, memungkinkan Anda untuk memiliki cadangan offline dan tetap dapat mengakses informasi yang diperlukan dengan mudah.

Dalam artikel ini, akan di jelaskan langkah-langkahnya secara detail, sehingga Anda dapat dengan cepat dan efektif mengunduh data di Google Maps.

Dalam artikel ini pula akan di jelaskan menenai fitur-fitur terbaru Google Maps yang bisa membantu Anda dalam perjalanan yang menyenangkan.

Mendownload Data di Google Maps Untuk Simpan Navigasi dengan Cermat

Mendownload data di Google Maps adalah langkah bijak bagi para pengguna setia yang bergantung pada layanan ini dalam setiap perjalanan.

Dengan memiliki salinan cadangan data Google Maps, Anda dapat siap menghadapi situasi di mana sinyal jaringan terputus di tengah perjalanan.

Sementara Google Maps masih membutuhkan koneksi internet agar dapat berfungsi secara optimal. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mendownload data di Google Maps:

Mendownload Data di Google Maps

Untuk mendowload data di Google Maps dan menggunakannya dalam mode offline, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke akun Google Maps Anda.
  • Klik ikon menu utama yang terletak di pojok kiri atas halaman.
  • Pilih opsi Your data in Maps.
  • Setelah Anda masuk ke halaman berikutnya, gulir ke bawah hingga menemukan opsi Download your Maps data.
  • Klik Next step.
  • Pilih opsi Send download link via email dan pilih juga opsi Export once.
  • Selanjutnya, pilih format yang diinginkan, misalnya ZIP, dan klik tombol Create export.
  • Anda akan menerima pemberitahuan melalui email ketika data Google Maps Anda siap untuk diunduh.

Fitur Terbaru Google Maps Untuk Menyempurnakan Pengalaman Navigasi

Google Maps telah menjadi layanan yang sangat populer dan telah melekat dalam kehidupan masyarakat. Selain sebagai panduan arah, Google Maps juga digunakan untuk melihat kepadatan lalu lintas dan menemukan lokasi spesifik, seperti restoran terdekat.

Namun, tahukah Anda bahwa masih ada fitur-fitur canggih Google Maps yang jarang digunakan oleh banyak orang, namun memiliki manfaat yang luar biasa? Berikut adalah tujuh fitur tersembunyi Google Maps yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang:

Pemesanan Transportasi Online

Google Maps menyediakan fitur impresif yang memungkinkan Anda memesan transportasi online langsung melalui aplikasinya.

Setelah Anda memasukkan lokasi tujuan, Anda akan diberikan opsi untuk mendapatkan informasi layanan transportasi dan memesan secara langsung. Fitur ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam perjalanan Anda.

Pengecekan Tarif Tol

Selain menunjukkan arah, Google Maps juga menyediakan fitur untuk menampilkan estimasi tarif tol. Meskipun masih bersifat perkiraan, fitur ini dapat membantu Anda memperkirakan biaya yang mungkin akan Anda keluarkan.

Dengan informasi ini, Anda dapat mempersiapkan uang tunai yang tepat. Fitur ini telah tersedia di seluruh Asia, termasuk Indonesia.

Navigasi untuk Pengguna Sepeda

Fitur navigasi Google Maps tidak hanya ditujukan untuk kendaraan bermotor atau mobil, tetapi juga dapat digunakan oleh pengendara sepeda.

Fitur ini memberikan jalur yang aman bagi pengendara sepeda, mirip dengan navigasi untuk kendaraan lainnya.

Jika Anda sering menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, Anda dapat mencoba menggunakan fitur ini untuk perjalanan sepeda yang lebih jauh.

Perbesar Peta dengan Satu Jari

Meskipun terdengar sepele, memperbesar peta dengan menggunakan satu jari dapat sangat membantu. Terkadang, perangkat atau smartphone yang Anda gunakan memiliki ukuran yang besar, sehingga mengharuskan Anda menggunakan dua jari.

Namun, dengan mengetuk dua kali pada layar, Google Maps akan secara otomatis memperbesar peta sehingga Anda dapat melihatnya dengan jelas.

Navigasi Melalui Apple Watch

Jika Anda secara tidak sengaja meninggalkan smartphone Anda di rumah, tidak perlu khawatir! Fitur Google Maps juga dapat digunakan melalui Apple Watch.

Anda hanya perlu membuka ikon Google Maps seperti biasa dan dapat menggunakan navigasi seperti biasanya. Pastikan Anda memiliki Apple Watch sebelum mencoba fitur ini.

Melihat Area Sibuk

Google Maps tahun 2022 dapat memberikan informasi tentang situasi terkini di lokasi yang akan Anda tuju. Anda dapat melihat apakah area tersebut sibuk atau sepi pada waktu tertentu.

Dengan informasi ini, Anda dapat mencari waktu yang tepat untuk mengunjungi area tersebut, entah saat kondisi lebih sepi atau ketika tidak sedang dalam keadaan sibuk.

Fitur ini membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih efisien, menghindari kerumunan, dan mengoptimalkan waktu Anda.

Melacak Lokasi Secara Real-time

Bagi Anda yang ingin memantau lokasi sesorang secara real-time, Google Maps menyediakan fitur ‘Location Sharing’. Fitur ini memungkinkan dua orang saling berbagi lokasi secara langsung dengan batas waktu tertentu.

Fitur ini dapat memberikan rasa keamanan dan kepercayaan bagi pasangan yang saling memantau lokasi satu sama lain.

Bagikan Daftar Tempat Favorit

Dalam penggunaan Google Maps, Anda dapat dengan mudah menyimpan daftar tempat favorit seperti restoran, butik, dan lokasi lain yang menarik di berbagai lokasi.

Untuk melakukannya, Anda dapat memanfaatkan fitur terbaru yang disebut “Daftar.” Dengan fitur ini, Anda dapat membuat dan membagikan daftar seperti “Sushi terbaru di kota” atau “Restoran paling romantis” kepada teman-teman Anda.

Melalui fitur ini, semua akan dengan mudah menemukan petunjuk arah ke tempat yang Anda rekomendasikan.

Peta dalam Ruangan

Google Maps tidak hanya memberikan informasi tentang lokasi di luar ruangan, tetapi juga menyediakan peta dalam ruangan.

Dengan peta dalam ruangan ini, Anda dapat dengan mudah menavigasi dan menemukan tempat-tempat tersebut, memberikan kenyamanan ekstra saat berada di dalam gedung tersebut.

Menjadikan Pengguna Sebagai Reviewer

Selain itu, Google Maps juga menawarkan fitur lain yang mungkin menarik bagi Anda, seperti menjadi “local guide” di mana Anda dapat menulis ulasan, memberikan rating, dan menambahkan foto dan video tentang tempat-tempat yang telah Anda kunjungi.

Sebagai imbalan, Anda akan mendapatkan reward berupa level dan poin. Semakin tinggi poin yang Anda dapatkan, semakin diakui eksistensi Anda sebagai reviewer.

Reservasi Restoran

Google Maps juga menyediakan fitur reservasi restoran yang memungkinkan Anda memesan meja atau mendaftar dalam daftar tunggu langsung melalui aplikasi.

Meskipun masih belum banyak restoran yang terdaftar dalam fitur ini, namun ini adalah fitur yang sangat berguna untuk menghindari antrian yang menjengkelkan.

Kesimpulan

Dalam era digital yang semakin berkembang, memiliki akses cepat dan terpercaya terhadap data adalah hal yang sangat penting, terutama ketika menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps.

Dengan cara mendownload data di google maps di atas, Anda dapat memastikan bahwa Anda tetap memiliki akses ke informasi penting bahkan ketika Anda kehilangan sinyal jaringan di tengah perjalanan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah dan efisien membuat cadangan data Google Maps Anda dan menjaga kenyamanan dan ketenangan pikiran selama perjalanan Anda.

Baca Juga