Wordpress

Cara Memulai Blog WordPress (Langkah demi Langkah) yang mudah anda ikuti

Dewabiz
January 6, 2019
Cara Memulai Blog WordPress (Langkah demi Langkah) yang mudah anda ikuti
Cara Memulai Blog WordPress (Langkah demi Langkah) yang mudah anda ikuti

Blog wordpress sudah menjadi sebuah pribamadona bagi para praktisi blog, wordpress sudah dipakai oleh ribuan orang yang menggunakan baik untuk online shop, blog pribadi, atau website instansi. Karena wordpress sangat ramah lingkungan dan mudah di optimazi dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

WordPress sendiri sangat mudah anda operasikan penampilannya dengan suka-suka, namun ini harus mempunyai sebuah keahlian yang lihai dan anda sudah terbiasa menggunakan wordpress itu. Namun bagi anda bagi pemula coba untuk menjalankan wordpress dengan dasar-dasarnya dulu, mulai dari membeli hosting, menentukan domain, memasang tema dan plugin, dan memulia membuat sebuah konten yang baik dan berguna.

Kami disini akan mencoba membantu anda yang ingin belajar blog wordpress dari dasar-dasarnya, kami hanya akan membantu anda untuk memulai menggunakan wordpress dan membantun untuk mencoba membuat semua konten dalam blog wordpress anda. Maka ikut dan baca artikel ini sampai akhir semoga bisa membantu yang ingin mencoba menjalanka blog wordpress yang saat ini sudah ribuan user pemakainya .

Berikut adalah langkah-langkahnya .

  1. Domain
  2. Hosting
  3. Menginstall wordpress
  4. Memilih template/theme
  5. Membuat konten pertama
  6. Memasang plugin

Nah sahabat, itu adalah langkah-langkah yang harus kamu lalui, namun anda jangan khawatir untuk melewati semua itu, kami akan pandu dengan sebaik-baiknya.

1. Menentukan domain blog wordpress anda

Yang harus dilakukan anda saat ini adalah menentukan sebuah domain atau nama alamat blog wordpress, anda bisa menentukannya sesuai dengan keinginan, tapi itu selagi masih tersedia. Karena setiap nama domain yang anda inginkan belum tentu tersedia .

Anda bisa membeli domain ini di dewabiz.com, dengan cara menekan tombol bagian domain, tulis nama domain yang anda inginkan, dan lakukan pembayaran .

Apabila anda tidak mempunyai dana untuk membeli domain dan merencanakan ingin yang berbasis gratis maka dan bisa dengan cms wordpress yang domainnya dibawa oleh wordpress itu sendiri, atau juga bisa memakai domain gratis dari google yakni blogspot. Maka apabila anda ingin membangun website dan tidak ada dana untuk membeli domain jangan urungkan niat, masih ada alternafit lain untuk bisa dilakukan.

2. Web hosting

Jika anda tadi udah membeli domain dengan nama yang pas untuk website atau situs web anda, maka langkah selanjutnya dan harus membeli web hosting.  Web hosting ini merupakan bagian rumah dari domain. Apabila di ibaratkan web hosting seperti rumah yang anda sewa untuk membuat toko, sementara domain merupakan alamat dari toko itu berada.

Jadi jika anda hanya membeli domain dan tidak membeli hosting maka domain itu tidak akan jalan, kecuali anda membuat costumisasi untuk blogspot.

Web hosting ini beragam macamnya, anda bisa memilih space yang sesuai dengan situs web yang anda buat. Untuk permulaan kami sarankan anda untuk membeli shared hosting atau hosting yang spesifikasinya kecil saja.

3. Menginstall wordpress

Untuk langkah selanjutnya apabila anda sudah membeli domain dan hosting maka anda harus menkonfigurasi wordpress, maka anda harus masuk ke cpanel web hosting yang biasannya akan dikirim lewat email yang anda daftarkan tadi saat membeli domain dan web hosting.

User name dan password untuk masuk cpanel akan terterad email dan serta anda pastikan untuk menyimpan atau mengingat user dan password tersebut.

Setelah anda masuk ke cpanel maka anda harus mencari wordpress, dengan cara bisa melalui kolom pencarian dan ketik wordpress atau mencari secara manual, biasanya install wordpress akan tersedia dibagian bawah.

Apabila sudah menemukan aplikasi wordpress makan anda tinggal klik bagian wordpressnya dan isi nama domain, nama situs web, keterangan situs web, klik tombol install dan selesai anda berhasil menginstall wordpress.

4. Memilih template/theme

Situs web yang baik dan trendi akan disenangi oleh pengunjung anda jika melihat situs webnya. Pengunjung akan betah apabila situs web anda rapih dan teratur. Maka untuk langkah selanjutnya anda memilih template yang baik dan memang bagus buat kriteria situs web anda. Maka selanjutnya anda masuk ke appearance dan pilih bagian theme kemudian klik tombol add new.

Apabila sudah anda akan diarahkan ke halaman bagian theme yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan anda sukai. Apabila disana tidak ditemukan thema yang cocok maka lakukan opsi lain dan membeli thema ke situs we penyedia thema. Ada banyak penyedia thema yang bagus dan friendly untuk situs web anda dan pastinya dengan harga yang beragam

5. Membuat konten pertama

Apabila penampilan situs web anda sudah rapih dan teratur serta cantik dengan thema yang digunakan, maka anda sekarang perlu mengisi thema dengan konten-konten anda yang akan dibuat. Percuma saja apabila situs web anda sudah keren dan cantik, tapi isi kontennya tidak ada maka situs web itu akan mati dengan sendirinya.

Untuk memulia konten yang pertama anda cukup klik bagian post dan add new. Dan anda tinggal menulis konten disana sesuai dengan situs web yang anda buat.

Ingat konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan manfaat dan dilengkapi informasi yang lengkap dan komprehensif.

6. Memasang plugin

Untuk plugin wordpress sebenarnya tidak penting-penting amat, plugin ini sifatnya hanya dianjurkan saja. Apabila anda tidak memasangnya juga tidak apa-apa.

Plugin merupakan alat pendukung untuk mengoptimalisasi situs web anda. Apabila anda membutuhkan optumasi SEO Konten, maka pasanglah plugin yang menyediakan SEO Konten, seperti yoast dan sebagainya.

Plugin ini juga banyak sekali macam-macamnya untuk membuat situs web anda lebih profesional. Misal anda membuat toko online, maka plugin untuk kebutuhan toko online anda banya, mulai dari plugin penyedia formulir pendaftaran, plugin whastapp, insight pengunjung, dan banyak sekali plugin yang akan mendukung kebutuhan anda.

Namun plugin ini tak sembarangan anda mendapatkannya, tidak hanya mendowload saja, tapi tiap plugin mempunyai harga tertentu yang biasanya di bandrol oleh pihak penyedia plugin tersebut.

Itulah cara memulai blog wordpress yang bisa anda pelajari lebih lanjut, ini merupakan langkah-langkah dasar untuk membangun situs web anda di internet. Silahkan untuk mempraktekannya langsung dirumah atau dimana yang anda suka menggunakan internet.

Apabila anda membutuh sesuatu untuk membangun situs web, bisa anda hubungi cs dewabiz.com dan berkonsultasi untuk membuat sebuah situs web yang cocok dari segi pemilihan domain, hosting, dan  thema yang pas buat membangun situs web itu.

Dewabiz.com menyediakan berbagai macam web hosting yang cocok buat blog pribadi, blog walpaper, toko online atau membuat web movie serta situs web instansi/kantor anda. Setelah ini kami harapan anda bisa melihat produk kami.

Bagikan Artikel Ini