fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Cara Memilih Hosting Untuk E-Commerce yang Tepat

Wiliam

Berjualan online sekarang sudah mulai mudah. Tidak perlu untuk mengurus berkas-berkas untuk bisa berjualan. Anda juga tidak perlu menguasai coding untuk membuat toko online. Sekarang semua orang bisa memanfaatkan  marketplace atau membangun website online sendiri.

Namun jika Anda memiliki keinginan untuk meraup keuntungan yang besar. maka memliki website untuk berjualan online adalah solusinya. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki website pribadi.

Selain menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Anda juga bisa menghindari perang harga. Dikarenakan dalam website yang dijual adalah produk toko sendiri. Sehingga para pengunjung tidak membandingkannya dengan dengan harga produk di toko lain.

Selain itu Anda juga bisa mengatur tampilan toko online dengan leluasa. Tidak perlu mengikuti berbagai syarat untuk mendesain toko online di website. Jadi Anda akan lebih bebas. Dikarenakan Anda sebagai pemegang pengendali di website.

Untuk membuat website onlie, pastinya Anda akan membutuhkan hosting. Anda harus memilih web hosting yang tepat dengan tujuan website Anda. Jika berkaitan dengan jualan online, pastinya Anda harus memilih hosting e-commerce.

Pentingnya Website E-Commerce

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki website e-commerce. Diantaranya sebagai berikut:

1. Bisnis Lebih Mudah Muncul di Search Engine

Guna mendapatkan banyak konsumen. Langkah pertama adalah bisnis Anda harus mudah muncu di mesin pencarian google. Hal ini akan membuat orang lebih mengetahui bisnis Anda. Serta melihat apa saja produk yang ditawarkan dalam bisnis tersebut.

Dikarenakan google merupakan tempat pertama calon konsumen untuk mengetahui segala informasi. Guna untuk memunculkan website di mesin pencari, Anda membutuhkan teknik yang bernama SEO.

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. Adanya teknik SEO yang diterapkan akan membuat website Anda lebih mudah untuk muncul di google. Anda harus memanfaatkan cara ini, meniliki sekarang dimana website mampu menjadikan bisnis Anda muncul di peringkat atas google.

Kelebihan inilah yang tidak bisa ditemukan di marketplace dan lainnya. Adapun cara yang diperlukan dalam menerapkan SEO di website sangat mudah. Terlebih lagi Anda tidak memerlukan biaya untuk memasang SEO alias gratis.

2. Mampu Memaksimalkan Pengalaman Berbelanja

Ketika pelanggan masuk ke dalam website Anda, maka para pelanggan akan bebas memilih produk-produk yang mereka sukai. Selain itu para pengunjung bisa melihat website Anda dengan lama.

Adanya desain yang unik dan menarik akan membuat para pengunjung betah untuk berselancar di toko online Anda. Hal ini akan meningkatkan kepuasan belanja para konsumen. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang akan mengunjungi website Anda kembali.

3. Terhindar Dari Persaingan Harga

Website pribadi hanya akan toko online yang sama dengan harga yang sama. Selain itu semua hal yang dipasarkan di dalam website adalah milik perorangan. Anda tidak perlu takut jika terjadi adanya persaingan harga.

Dikarenakan dalam website hanya ada satu toko online dengan banyaknya produk. Secara tidak langsung hal ini akan menghindarkan Anda dari persaingan harga. Biasanya di marketplace para konsumen akan membandingkan harga di suatu toko dengan toko lainnya.

Cara Memilih Hosting yang Tepat

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih hosting yang tepat. Diantaranya adalah memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pilihlah Hosting Server yang Stabil dan Cepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih hosting yang cepat. Salah satu hosting terbaik biasanya didukung oleh protokol internet terbaru Quic/ HTTP/3. Melalui teknologi tersebut, waktu loading ke website akan cepat.

Para konsumen tidak memerlukan waktu lama untuk bisa masuk ke website Anda. Jika Anda menargetkan konsumen Anda secara global. Tidak hanya berfokus ke wilayah Indonesia. Maka Anda disarankan untuk memilih hosting yang memiliki Content Delivery Network.

CDN sendiri adalah kumpulan server dari berbagai Negara yang menyimpan data website. Nantinya data ini akan disajikan kepada pengunjung yang mengakses website tersebut. Namun tidak semua pengunjung mampu melihat data tersebut. Hanya dipilih berdasarkan kategori pengunjung yang paling dekat.

Jika Anda menginginkan website Anda fast respon dalam melayani pembeli. Anda disarankan untuk memilih hosting dengan uptime diatas 99 %. Hosting jenis ini didukung dengan infrastruktur jaringan dan sumber listrik yang ganda. Jadi server akan tetap on meskipun  ada perbaikan jaringan.

2. Pilihlah Hosting dengan Sumber Daya yang Besar

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting adalah sumber daya hosting. Umumnya. Hosting yang baik adalah hosting dengan kapasitas penyimpanan yang besar. hal ini dikarenakan website yang Anda miliki akan memuat toko online serta produk yang banyak.

Maka dari itu diperlukan kapasitas penyimpanan yang banyak. Memori serta bandwith yang dimiliki hosting juga harus tinggi. Jika tidak maka akan memerlukan waktu yang lama untuk masuk ke dalam website Anda.

3. Pilihlah  Fitur Keamanan

Salah satu kriteria hosting yang baik adalah hosting yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Ini akan melindungi website Anda dari hacker yang mencoba mencuri website Anda. Maka dari itu penting untuk menginstal sistem keamanan yang mampu memindai dan menghapus malware dari file website.

Itu dia cara untuk memilih hosting yang baik untuk e-commerce. Pastikan perhatikan semua langka-langkah diatas. Hosting yang baik akan membuat para pengunjung cepat dalam mengakses website Anda.

Baca Juga