Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Di Cpanel

Untuk membuat email biasanya kita menggunakan gmail atau yahoo, namun kita juga bisa membuat alamat email dengan menggunakan domain kita sendiri seperti [email protected] lantas bagaimana caranya ? dalam kali ini akan dijelaskan cara membuat email dengan domain sendiri di cpanel. Berikut ini caranya :

  1. Login Cpanel

Jika kamu belum tahu caranya kamu bisa mengetikan alamat seperti ini : http://namadomain/cpanel. Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi anda dan tekan enter atau klik masuk.

  1. Pilih Menu Email Accounts

Cari tab email di cpanel, biasanya dibagian tengah. Kemudian klik email accounts yang ada di tab email tersebut. Lihat gambar dibawah ini :

Membuat Alamat Email Sendiri
Membuat Alamat Email : Gambar 1
  1. Membuat Alamat Email

Disini kamu bisa menentukan nama yang akan dipakai sebagai alamat emailnya nanti, seperi cs, admin, kontak dll yang diikuti dengan alamat domain kita. Pilih domain yang akan digunakan dalam membuat email ini dan juga isikan password yang akan digunakan. Tentukan juga kuota akun email yang akan dibuat kemudian klik creat accounts. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

Cara Membuat Alamat Email
Membuat Alamat Email : Gambar 2
  1. Mengakses Webmail

Setelah kita berhasil membuat akun email dengan nama domain kita sendiri, maka langkah selanjutnya adalah mengaksesnya. Kita bisa mengaksesnya dengan menggunakan alamat namadomainanda.com/webmail. Masukkan email yang telah dibuat dan password yang telah ditentukan pada proses pembuatan, kemudian klik masuk atau login.

  1. Mengelola Email

Untuk dapat mengelola email kita, kita harus menggunakan aplikasi webmail, biasanya sudah disediakan, kita tinggal memilihnya saja. Aplikasi webmail ini antara lain horde, rouncube dan squirremail. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kenyamanan masing-masing, karena tampilan berbeda-beda dan masing-masing punya kelebihan tersendiri.

Itu dia cara membuat email dengan domain sendiri di cpanel. Cukup mudah bukan ? untuk mengetahui email yang masuk kita harus selalu akses webmail, tapi jika ingin lebih mudah kita bisa menforward email yang masuk ke email gmail kita. Tetapi itu hanyalah optional silahkan lakukan forwarding jika anda menginginkannya. Untuk menforward email ke gmail kita bisa menggunakan menu forwaders di tab menu email.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *