fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Media SosialAplikasiPanduanTips & Trik

10 Cara Buat Instagram Ads dan Manfaatnya

Yanti puspita

Cara buat instagram ads sangat di perlukan, karena platform ini sangat populer di seluruh dunia dan menawarkan jumlah pengguna yang sangat banyak. Berdasarkan data statistik, pengguna Instagram berusia 18-24 tahun di Indonesia mencapai 38,3%.

Dari total 103,95 juta pengguna terdaftar pada Agustus 2023. Untuk itu, kita akan menjelaskan kepada kamu tentang 10 cara buat instagram ads dan manfaatnya pada ulasan di bawah ini.

10 Cara Buat Instagram Ads

Bagaimana cara buat instagram ads yang benar? Jadi, jika kamu menggunakan Instagram Ads, tapi kamu tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Maka kamu bisa membaca penjelasn ini supaya bisa mendapatkan hasil yang di inginkan.

Kamu dapat menargetkan audiens, dan dapat melaporkan analisis Instagram yang kuat menggunakan Pengelola Ads Facebook. Dengan sedikit usaha, kamu bisa mengikuti cara buat instagram ads berikut:

1.      Cara Buat Instagram Ads Mengunjungi Halaman Facebook Ads Manager

Cara buat instagram ads pertama, buka situs Facebook dan login menggunakan akunmu. Setelah terhubung, kamu dapat melanjutkan dengan mengakses halaman Facebook Ads Manager.

2.      Pilih Buat Ads Terpandu

Cara buat instagram ads selanjutnya, pilih menu kampanye pada halaman Pengelola Ads Facebook, lalu pilih menu awal untuk membuat ads. Setelah itu, Facebook akan menawarkan dua pilihan periklanan, yaitu membuat ads instan atau membuat ads terintegrasi. Agar ads kamu lebih tepat sasaran, kamu perlu memilih opsi membuat ads terintegrasi.

3.      Tentukan Tujuan Ads yang Ingin Dicapai

Langkah ketiga adalah menentukan tujuan periklanan yang ingin Anda capai. Facebook Ads Manager menawarkan tiga pilihan kategori sebagai tujuan ads yang dapat Anda pilih, yaitu Awareness, Pertimbangan, dan Konversi. Berikut penjelasan masing-masing kategori:

·         Kesadaran(Awareness)

Kategori ini terbagi menjadi dua pilihan yaitu brand awareness danreach. Kesadaran merek bertujuan untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap produkmu, sedangkan jangkauan mengacu pada ads yang sesuai dengan ukuran audiens dan anggaranmu.

·         Pertimbangan(Consideration)

Kategori ini di bagi menjadi enam pilihan, yaitu traffic atau lalu lintas, interaksi, instalasi aplikasi, berbagi video, menghasilkan prospek, dan pesan. Opsi lalu lintas bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs website kamu atau mendapatkan lebih banyak pengguna aplikasi.

Lalu, opsi interaksi menjadi pilihan yang tepat jika kamu mengutamakan interaksi penonton di setiap unggahan, seperti like atau komentar. Opsi pemasangan aplikasi berguna bagi kamu yang ingin audiens memasang aplikasimu.

Pilihan menonton video merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang fokus pada konten video dan ingin penonton menontonnya.

Selanjutnya, opsi lead generation berfokus pada pengumpulan data dari audiens yang tertarik dengan produk yang di tawarkan. Terakhir, opsi pesan bertujuan untuk mengajak audiens untuk mengirimimu pesan melalui platform WhatsApp atau Messenger.

·         Konversi(Conversion)

Kategori ini dibagi menjadi tiga opsi, yaitu konversi, penjualan katalog produk, dan kunjungan toko. Opsi konversi dapat di pilih jika kamu ingin meningkatkan jumlah pelanggan yang melakukan transaksi di websitemu.

Kemudian, opsi penjualan katalog produk menyediakan ads tentang katalog produk. Terakhir, opsi kunjungan toko bisa menjadi pilihan jika kamu ingin meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi tokomu.

4.      Masukkan Nama Ads dan Pilih Tujuan Trafik

Setelah menentukan sasaran ads, langkah selanjutnya adalah menentukan nama dan memilih sasaran frafik ads. Nama ads kamu dapat membantu memeriksa kinerja adsmu di masa mendatang. Sedangkan traffictargeting memudahkan kamu melakukan segmentasi. Seperti fokus pada traffic website, media chat, atau aplikasi.

5.      Tentukan Target Audiens yang Tepat

Dengan berads melalui platform Instagram Ads, kamu dapat memilih detail audiens berdasarkan faktor-faktor berikut.

  • Audiens khusus: Kamu dapat mengategorikan ads berdasarkan pemirsa yang di targetkan, baik online maupun offline. Targetkan ads kamu ke audiens yang telah mengunjungi situs webmu, berinteraksi dengan postingan Halaman Facebookmu, atau menghubungi kamu melalui aplikasi perpesanan.
  • Lokasi: Kamu juga dapat mengkategorikan audiens berdasarkan lokasi. Masukkan satu atau beberapa wilayah, kode pos, alamat, kota dan negara agar ads yang dapat di lihat oleh audiens di lokasi yang di targetkan.
  • Usia: Targetkan juga ads berdasarkan usia, sehingga ads hanya dapat di lihat oleh pemirsa dalam rentang usia tersebut. Misalnya, kelompok usia dewasa muda adalah antara 18 dan 35 tahun.
  • Jenis kelamin: Tentukan target ads spesifik untuk Jenis kelamin tertentu. Misalnya ads bra yang di tujukan khusus untuk wanita atau ads yang bersifat universal.

6.      Putuskan Berapa Lama Ads Akan Ditampilkan

Cara buat Instagram Ads selanjutnya setelah menentukan target audiens adalah dengan menentukan durasi atau berapa lama ads akan di tampilkan. Kamu dapat memilih dari beberapa opsi yang tersedia, misalnya satu minggu, satu bulan, atau hingga enam bulan.

7.      Hubungkan dengan Akun Instagram

Jangan lupa, pastikan kamu sudah menambahkan akun Instagram yang nantinya akan di tautkan ke akun Facebookmu. Ada baiknya kamu menggunakan akun Instagram yang di buat khusus untuk kegiatan bisnis. Jadi, akun Instagram yang di gunakan untuk bisnis tidak tercampur dengan akun yang di gunakan sehari-hari untuk keperluan pribadi.

8.      Pilih Format Ads Sesuai Ukurannya

Kemudian, tentukan format ads yang sesuai dengan ukurannya. Kamu dapat memilih salah satu dari lima jenis format ads di bawah ini.

  • Karosel. Format ads ini hadir dengan tampilan berupa dua gambar atau video atau lebih yang dapat di lihat dengan cara di geser.
  • Satu gambar. Format ads ini hadir dengan tampilan satu gambar saja.
  • Satu video. Tak jauh berbeda dengan ads satu gambar, format ads ini hanya hadir dengan tampilan video.
  • Tampilan slide. Format ads ini hadir dengan slideshow foto atau video hingga 10 slide.
  • Koleksi. Format ads ini merupakan kombinasi foto dan video.

9.      Buat Teks Unik dan Pilih Gambar Terbaik

Tuliskan deskripsi yang jelas tentang ads yang kamu buat. Pastikan deskripsinya singkat dan menarik, sehingga audiens mengetahui apa tujuan dari ads tersebut. Lalu, pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi ads.

Perlu di perhatikan bahwa setiap format Ads Facebook memiliki ukuran visual yang berbeda. Jangan lupa, berikan title atau judul yang menarik dan sertakan link yang mengarahkan kamu untuk membeli produk tersebut.

10. Selesaikan Pembayaran Adsmu

Setelah mengikuti semua cara buat instagram ads sebelumnya, kini kamu tinggal menyelesaikan transaksi pembuatan ads Instagram. Transaksi dapat di lakukan melalui kartu kredit dan debit. Setelah pembayaran di lakukan, Facebook akan meninjau ads. Jika mematuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku, Facebook akan menampilkan ads tersebut.

Manfaat Membuat Instagram Ads

Sebenarnya cara buat instagram ads tidak ada bedanya dengan pembuatan Facebook Ads. Jika kamu memiliki pengalaman menjalankan ads di media sosial seperti Facebook, maka membuat Instagram Ads akan lebih mudah.

Menurut laporan, Facebook Inc kini resmi berubah menjadi Meta. Rebranding ini di maksudkan untuk menekankan peran perusahaan dalam menciptakan metaverse. Dengan Ads Instagram, kamu dapat memanfaatkan audiens dan terlibat dengan konten yang menarik. Nah, berikut beberapa manfaat Ads Instagram yaitu:

1.      Meningkatkan Brand Awareness

Jika seorang pemilik bisnis ingin mendapatkan brand awareness, konsumen perlu mengenali merek seperti logo, warna dan gambar. Dengan menggunakan brand yang sudah di kenal orang, kamu bisa memasarkan bisnis dengan lebih efektif.

Jika kamu mengetahui cara buat instagram ads dengan benar, maka kamu dapat meningkatkan brand awareness dan memastikan audiens target kamu memahami merek tersebut.

2.      Perluas Jangkauan

Dengan menggunakan Instagram Ads, kontenmu dapat di lihat oleh audiens yang lebih luas. Secara umum, jasa periklanan menawarkan prospek pemasaran produk. Ya, salah satu fitur Instagram Ads menawarkan opsi penargetan untuk menjangkau klien yang di inginkan.

Konten pemasaran dapat di targetkan secara efektif dengan menyesuaikan usia, minat. Dan perilaku untuk menjangkau audiens yang luas.

Demikian penjelasan dari kami tentang 10 cara buat instagram ads dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga