fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Begini Tips Membeli Sertifikat SSL Sesuai Kebutuhan Website Anda: Panduan Terbaru 2023

Wiliam

Memiliki situs web memiliki tanggung jawab untuk memastikan jika situs itu aman bagi pengunjung. Salah satu cara untuk menjaga keamanan Web yakni melengkapinya dengan sertifikat SSL. Ada banyak sekali penyedia layanan yang menawarkan harga bersaing untuk keamanan lebih lanjut.

Namun beberapa orang masih kesulitan saat membeli sertifikat SSL dan bingung memilih mana yang terbaik untuk situs Web nya. Nah, kali ini Ada sedikit informasi terkait tips membeli sertifikat SSL sesuai kebutuhan website. Simak hingga akhir ulasan berikut ini:

Beberapa Jenis Sertifikat SSL

Sebelum masuk ke tips membeli sertifikat SSL, penting untuk anda mengetahui beberapa jenis SSL ini. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sertifikat ini gunanya untuk memvalidasi identitas situs web tertentu sehingga memastikan bahwa pengunjung aman dan keamanan data tidak disalahgunakan.

Ada dua jenis sertifikat SSL, yang pertama Signed Certificate SSL, dan  Trusted Certificate Authority (Very Signed SSL). Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun jenis kedua tingkat keamanannya lebih tinggi.

Berikut tiga jenis sertifikat SSL lainnya lengkap dengan penjelasannya:

  • SSL Domain Validated (DV)

Merupakan jenis SSL paling bawah Yang berguna untuk memverifikasi bahwa pemilik domain merupakan pemilik resmi. Biasanya digunakan untuk situs website yang aktivitasnya tidak mengumpulkan informasi pribadi dari pengunjung web.

  • SSL Organisation Validated (OV)

Selanjutnya sertifikat SSL Organization Validation Yang berfungsi untuk menunjukkan bahwa organisasi pemilik sertifikat merupakan pemilik resmi.

  • SSL Extended Validation (Ev)

Merupakan sertifikat SSL level paling tinggi dimana verifikasinya sangat ketat dan memasukan bahwa pemilik domain serta organisasi adalah resmi.

Umumnya, sertifikat ssl macam ini cocok untuk situs web penting seperti e-commerce ataupun web yang memperparah transaksi kartu kredit atau perbankan lainnya.

Manfaat Sertifikat SSL

Setelah mengetahui beberapa jenis sertifikat SSL, penting juga untuk anda mengetahui sejumlah manfaat yang dimiliki pengaman website ini. Kurang lebih berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan peringkat di Google

Salah satu manfaat paling utama dari mengantongi sertifikat SSL ini memungkinkan Web atau situs Anda mendapat peringkat di mesin pencari. Bahkan, sertifikat ini menjadi persyaratan wajib jika ingin menaikkan peringkat website.

Pihak Google pun sudah mengumumkan jika mereka lebih mau tamakkan website yang mengantongi sertifikat SSL untuk ditampilkan di page one Google.

2. Mengamankan  data pemilik

Rasa aman tak hanya dirasakan pengunjung website, namun juga pemilik sah. Sebab ada beberapa kondisi di mana pemilik website perlu mengamankan beberapa hal yang ada di dalam situs mereka. Itulah kenapa, sertifikat ini jadi hal yang wajib dan tidak boleh dilewatkan.

3. Bisa meningkatkan kredibilitas website

Manfaat selanjutnya dari sertifikat SSL ini bisa meningkatkan kredibilitas atau reputasi website karena secara keseluruhan pengunjung akan aman dari transaksi transfer data yang merugikan.

Jika pengunjung mengetahui website Anda aman, Tentu mereka tidak akan ragu untuk berkunjung dan lebih memilih situs Anda dibanding kompetitor lain yang belum sertifikat SSL.

Bagaimana Tips Aman Membeli Sertifikat SSL?

Karena sertifikat SSL ini adalah harga mati bagi pemilik situs web, tips membeli berikut ini wajib Anda ketahui agar tidak salah pilih:

1. Mempertimbangkan otoritas sertifikat SSL

Tips pertama saat akan membeli sertifikat SSL adalah mempertimbangkan otoritas. Diantara otoritas tersebut meliputi:  GeoTrust, GlobalSign, AlphaSSL, Entrust Datacard,  dan Symantec. Memilih yang terbaik diantara banyak pilihan itu bisa menu kasir anda dari segala bentuk penipuan.

2. Tentukan level SSL yang dibutuhkan

Tidak semua Web membutuhkan sertifikat SSL yang sama, untuk itu penting sekali menentukan di awal seberapa besar validasi yang website Anda butuhkan. Sudah dijelaskan sebelumnya, jika ada tiga level yang bisa dipilih, dan jika website anda termasuk kecil mungkin DV SSL lebih cocok.

Sedangkan untuk web besar yang memerlukan keamanan data yang lebih tinggi, pilihan terbaik jatuh pada Extended Validation.

3. Ketahui semua proses instalasi SSL

Tips selanjutnya yang penting juga untuk diketahui yakni Anda harus melihat keseluruhan proses instalasi sertifikat SSL. Ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan instalasi serta konfigurasi di hosting anda.

Untuk tingkatan Domain Validation, beberapa pemilik website bisa menginstal nya sendiri namun untuk tingkatan diatasnya harus menggunakan jasa layanan karena prosesnya lebih kompleks.

4. Pilih SSL berdasarkan jumlah domain

Sebelum akhirnya membeli sertifikat SSL, penting untuk mengetahui situs yang anda kelola. Apabila hanya terdapat satu website, maka sebaiknya pilih SSL sertifikat untuk satu domain saja. Sebaliknya, jika Anda memiliki lebih dari satu domain, gunakan SSL Certificate untuk dua keamanan.

5. Pastikan SSL Kompatibel dengan browser

Penting juga untuk diperhatikan sebelum membeli sertifikat Sesel, pastikan yang dibeli itu kompatibel dengan perangkat mobile dan browser. Artinya, situs web Anda bisa diakses melalui perangkat manapun tanpa hambatan.

6. Cari harga paling bersaing

Sebelum memutuskan membeli yang mana, sebaiknya melakukan perbandingan harga sertifikat sel dengan beberapa penyedia layanan ini. Jangan tergiur harga murah, belilah dari penyedia yang terpercaya dan sudah menangani banyak keamanan data website.

7. Pilih dengan dukungan teknis terbaik

Terakhir yang tak boleh dilupakan adalah pilih penyedia sertifikat SSL dengan pelayanan teknis yang baik. Pastikan mereka punya tim pendukung yang helpfull apabila terjadi hambatan di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa tips membeli sertifikat SSL yang harus Anda perhatikan. Sebab tidak semua penyedia layanan responsif, untuk itu penting sekali untuk Anda sebagai pemilik web teliti dalam memilih sertifikat SSL guna keamanan yang lebih baik.

Baca Juga