fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Beberapa Contoh Interface yang Ada Saat Ini

Wiliam

Semakin berkembangnya zaman, bisa dibilang jika alat digital pun semakin jauh perkembangannya. Bukan hanya desainnya saja yang diperbagus, namun juga untuk interfacenya sudah dibuat semumpuni mungkin.

Karena interface merupakan bagian terpenting bagi suatu alat digital jadi sudah selayaknya desain yang dibuat itu memang harus semenarik mungkin. Hal ini disebabkan karena interface juga disesuaikan dengan spesifikasi alat yang digunakannya.

Dengan begini maka dalam mendesain interface ini tidak boleh sembarangan. Meskipun terlihat sederhana saja, namun kenyataannya untuk mendesain UI saja seseorang akan dibayar dengan harga yang lumayan. Ada beberapa contoh interface yang bisa bizzie perhatikan.

Apa yang Dimaksud dengan Interface?

Interface adalah sebuah layanan yang diberikan terhadap setiap pengguna alat digitalnya. Biasanya layanan ini bisa berbentuk komunikasi antara pengguna terhadap sistem operasi yang terdapat dalam alat digitalnya.

Interface ini pun mempunyai fungsi untuk memasukkan pengetahuan baru ke dalam ES yang adalah sebuah basis pengetahuan sistem pakar. Jadi saat sebuah software maupun hardware baru akan ditambahkan ke dalam alat digital, dan interface inilah yang pertama kali memberikan informasi.

Interface ini pun juga pada umumnya didesain seindah mungkin, namun masih tetap bersifat compact. Contoh sederhananya saja yaitu pada alat digital smartphone. Dalam interface ini pun biasanya akan ditampilkan penjelasan mengenai sistem dan bagaimana cara menggunakan sistem tersebut. Sebab syarat utama desain interface yaitu mengenai kemudahan.

Inilah Beberapa Contoh Interface

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa contoh interface yang paling sederhana dari user interface itu terletak pada sebuah smartphone. Halaman utama yang biasanya berisikan menu itulah yang disebut dengan user interface.

Bukan hanya itu saja namun, ternyata masih banyak sekali contoh interface yang sangat jarang untuk diketahui. Sementara ini kerap sekali digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Diantaranya:

1. Command Line Interface

Contoh interface pertama ada command line yang perintah dari penggunanya itu adalah menggunakan sistem text terminal. Biasanya pengguna nantinya akan mengetikkan baris-baris tertentu yang berisikan perintah untuk bisa menjalankan program dan perintah pada sistem operasi.

CLI atau command line interface ini merupakan antarmuka yang paling banyak dipakai dalam alat digital. Akan tetapi biasanya akan memakai kode yang berbeda.

2. Graphical User Interface

Berbeda dengan sebelumnya contoh interface kali ini bersifat lebih sederhana dengan mengandalkan gambar sebagai petunjuk yang digunakan. Umumnya gambar ini akan dipilih sebagai bentuk perintah dari pengguna pada sistem operasi.

Saat memilih gambar ini maka bisa menggunakan pointer seperti mouse, maupun ditekan langsung seperti touch screen.

3. Interface Tulisan

Contoh interface selanjutnya ada interface yang berbentuk perintah dengan menggunakan tulisan. Biasanya interface ini pun digunakan dalam alat yang mempunyai fungsi dan sederhana.

Biasanya dengan tulisan ini sangat mungkin bagi pengguna untuk bisa membuat sebuah pilihan yang ada dalam sistem operasinya. Meskipun demikian, tidak jarang interface seperti ini dipakai pada alat komunikasi yang lebih rumit.

4. Bentuk Pemilihan Menu

Ini merupakan contoh interface paling gampang serta paling mudah ditemukan. Dalam hal ini biasanya para pengguna akan memilih menu yang diinginkannya untuk bisa menjalankan suatu proses.

Sistem input output interface ini pun juga bisa dilihat dalam proses ini. Di mana proses menginstal dan uninstal sebuah aplikasi yaitu salah satu contohnya.

5. Tempat Interaksi Langsung

Untuk contoh interface yaitu sebagai tempat berlangsungnya sebuah interaksi yang bersifat real time. Sebagai contoh misalnya ketika seseorang memilih menu memutar lagu maka itu akan menjadi perintah untuk sistem operasi.

Lalu nantinya sistem operasi ini akan memutar lagu tersebut sebagai bentuk penyelesaian dari sesuatu yang diperintahkan.

6. Perintah Suara

Ini adalah interface yang paling viral dimana bukan hanya karena kemudahannya saja, namun juga karena terkadang terjadi kesalah pahaman. Umumnya seseorang akan menyebutkan hal yang ingin untuk dilakukan, lalu nanti sistem operasi yang mendengarkannya lalu menangkap itu sebagai sebuah perintah nantinya.

Nantinya sistem operasi ini pun akan mengeluarkan sesuatu kepada penggunanya sesuai dengan keinginan dari pengguna tersebut.

7. Pengisian Form

Nyatanya untuk pengisian suatu formulir ini pun menjadi salah satu contoh interface. Biasanya pun juga formulir yang digunakan ini adalah sebagai contoh untuk beberapa formulir yang ada di dalam website ataupun blog. Bisa juga formulir yang disediakan oleh sistem operasi ini adalah untuk penggunanya isi.

8. Menggunakan Perintah Tertulis

Selanjutnya juga ada interface yang mana jika diperhatikan hampir mirip dengan interface sebelumnya namun nyatanya berbeda. Biasanya interface ini akan mengharuskan penggunanya untuk menuliskan sesuatu sebagai bagian dari penyelesaian masalah.

Salah satu contohnya yang paling sering ditemukan sehari-hari yaitu dengan menulis menggunakan email. Karena email ini nantinya akan mengharuskan penggunanya untuk menulis.

9. Speech Recognition

Ini hampir sama dengan perintah suara sebelumnya namun ini lebih mengkonversi suara yang ada menjadi sebuah tulisan. Disebabkan karena sifat suara manusia yang unik dan khas untuk setiap individu, maka sistem operasi ini pun akan merekamnya. Nantinya suara rekaman inilah yang akan digunakan sebagai tanda pengenal pengguna dari sistem operasi tersebut.

Interface merupakan suatu hal yang memang sudah lekat dan ada dalam kehidupan manusia sehari-harinya. Tentunya melalui penjelasan di atas pengguna diharapkan tidak usah bingung lagi dalam memahami mengenai interface dan contohnya.

Baca Juga