fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AplikasiGeneral

5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Gratis online gratis

Dhian rama

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin baik, dunia semakin bergerak ke arah digital. Hal ini semakin terlihat jelas pada bisnis yang menggunakan dunia digital untuk mempermudah pekerjaan mereka. Aplikasi Absensi Gratis online adalah salah satu alat digital yang dapat membantu perusahaan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Seiring perkembangan dunia digital, sistem absensi telah berubah dalam beberapa hal, dengan aplikasi absensi online menjadi yang paling terkenal. Namun, apa sebenarnya aplikasi absensi online itu? Apa saja hal baik dan buruknya? Simak artikel dari Dewabiz berikut ini Ya!

5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Gratis online gratis

Aplikasi absensi online adalah cara untuk melacak kehadiran karyawan menggunakan situs web di komputer atau aplikasi di ponsel pintar yang terhubung ke internet. Biasanya, yang perlu dilakukan karyawan untuk melakukan absensi adalah memasukkan nama pengguna dan kata sandi ke dalam aplikasi di ponsel pintar mereka.

Tidak diragukan lagi bahwa absensi online berbeda dengan absensi manual. Perbedaan utamanya adalah sistem absensi manual membutuhkan media khusus (biasanya kertas), sedangkan aplikasi absensi online bisa digunakan di komputer dan smartphone selama terhubung dengan internet.

Mengapa Absensi Manual Tidak Sebaik Absensi Online?

Seperti sistem lainnya, sistem ini memiliki beberapa masalah yang mungkin membuat Kamu berpikir dua kali untuk menggunakan system absensi manual. Apa yang salah dengan sistem ini? Simak ulasannya.

A. Menghambat Produktivitas Karyawan

Dalam sebuah perusahaan, terdapat berbagai macam jenis pekerja, seperti PKWTT, PKWT, PKWTT, PKWTT, PKWTT, dan outsourcing.

Dari apa yang telah dikatakan sejauh ini, Kamu dapat mengetahui jika ada perbedaan hak dan cara untuk membayar orang. Jika sistemnya dilakukan secara manual, akan sulit bagi departemen HRD untuk mengetahui detailnya.

Hal ini berbeda dengan sistem absensi online, yang memiliki fungsi dan fitur yang memberikan perusahaan sebuah mata digital yang dapat digunakan untuk mengawasi pekerjaan dan tanggung jawab setiap orang.

B. Meningkatnya biaya gaji

Absensi telah digunakan sebagai cara untuk menghitung gaji sejak lama, sehingga akan ada perhitungan gaji untuk orang yang absen, terlambat, atau bekerja dengan jam kerja ekstra. Saat menghitung gaji, staf HRD bisa bingung dengan semua faktor yang berbeda ini, yang dapat menyebabkan kesalahan. Tentu saja, Kamu tidak ingin melakukan hal ini, bukan?

Penggajian akan lebih mudah dan akurat jika data absensi sudah ada di dalam sistem, dapat di temukan secara online, dan dapat di akses secara real time. Dengan data absensi online yang terhubung dengan sistem yang sudah terintegrasi dan dapat di akses secara real time, penggajian menjadi lebih mudah dan akurat.

C. Semakin banyak orang yang menyalahgunakan jam kerja

Kejujuran adalah nilai yang harus di miliki oleh setiap karyawan, namun tidak semua orang memilikinya. Hal ini membuat banyak pekerja yang memanfaatkan sistem absensi manual untuk keuntungan mereka sendiri.

Perusahaan dapat menggunakan sistem online yang mengurangi hal-hal yang tidak di inginkan untuk menghentikan hal-hal ini terjadi. Selain itu, tidak seperti sistem manual yang dapat di otak-atik, sistem baru ini telah di bangun dengan keamanan yang tinggi sehingga karyawan tidak dapat melakukan hal-hal yang tidak seharusnya.

D. Hanya mencakup beberapa hal

Absensi manual bukanlah ide yang buruk, namun perlu di ingat bahwa meskipun terlihat lebih mudah, jenis absensi ini hanya dapat di gunakan pada bisnis kecil dengan jumlah karyawan yang sedikit.

HRD akan sangat sibuk dan membuang banyak waktu jika harus mencatat kehadiran karyawan dalam jumlah besar. Dalam situasi ini, sangat penting bagi bisnis yang sudah mulai berkembang untuk menggunakan perangkat lunak untuk mengelola karyawan mereka.

E. Kesalahan data

Menghitung kehadiran secara manual tidak hanya membutuhkan banyak waktu dan tenaga, tetapi juga dapat menyebabkan lebih banyak kesalahan. Ini tidak berarti bahwa sistem ini 100% akurat, namun dapat mengurangi jumlah kesalahan yang dapat terjadi.

Departemen manajemen sumber daya manusia di sebuah perusahaan bertanggung jawab lebih dari sekadar memastikan karyawan hadir di tempat kerja. Mereka juga harus mencatat karyawan yang sakit, karyawan yang bekerja lembur, penggajian, dan hal-hal lain yang harus di lakukan pada waktu yang sama. Banyaknya data yang harus di kelola membuat perusahaan semakin penting untuk menggunakan perangkat lunak untuk manajemen karyawan.

F. Jumlah karyawan yang cukup banyak

Seperti yang telah di katakan, sistem manual hanya dapat menangani sejumlah karyawan. Dapat di katakan juga bahwa semakin banyak karyawan yang perlu di kelola, maka semakin banyak pula orang yang di butuhkan untuk melakukannya. Namun semua masalah ini dapat di atasi dengan sistem online yang sudah ada.

5 Aplikasi Absensi Gratis untuk Melacak Kehadiran

Setelah mengetahui apa itu aplikasi absensi online, apa saja kelebihan, dan fitur-fitur apa saja yang ada dalam absensei online, Kamu mungkin tertarik untuk mencobanya. Jika ya, kami telah membuat daftar lima aplikasi absensi online gratis yang dapat Kamu gunakan.

1. Aplikasi Absensi Gratis GreatDay HR

GreatDay HR adalah aplikasi absensi online pertama yang kami rekomendasikan untuk absensi. GreatDay HR memiliki banyak fitur, sehingga bisa di katakan memiliki banyak hal yang di tawarkan. Menggunakan aplikasi ini untuk melacak kehadiran juga mudah. Karyawan cukup mengambil foto selfie, dan teknologi pengenal wajah nya.

Fitur Geo Tagging dari GreatDay HR juga dapat memberikan informasi lokasi yang paling akurat dan membantu perusahaan memastikan karyawan mereka bekerja di tempat yang seharusnya.

GreatDay HR dapat melakukan lebih dari sekedar mencatat kehadiran. Fitur ini juga dapat membantu perusahaan dan karyawan melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Salah satunya adalah mengatur shift kerja yang fleksibel dan mudah di gunakan untuk karyawan tertentu.

Kamu dapat melakukan lebih dari hanya menjadwalkan shift kerja dengan aplikasi ini. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menerapkan dan membagikan kebijakan perusahaan Kamu tentang hal-hal seperti lembur dan waktu libur.

2. Jam Waktu Homebase

Aplikasi GreatDay HR memiliki banyak fitur yang bisa langsung di gunakan, tetapi aplikasi Time Clock by Homebase hanya memiliki beberapa fitur yang bisa langsung di gunakan. Berikut adalah beberapa fitur gratis yang bisa di gunakan.

  • Waktu dan siapa yang sedang bekerja hari ini
  • Penunjuk waktu
  • Lowongan pekerjaan, melacak pelamar
  • Aplikasi seluler karyawan

3. Aplikasi Absensi Gratis WiFi Attendance

WiFi Attendance adalah salah satu aplikasi yang paling mudah di gunakan untuk mencatat kehadiran secara online karena tidak menggunakan GPS atau swafoto. WiFi Attendance melacak dan mengelola kehadiran karyawan dengan menggunakan jaringan internet nirkabel, atau WiFi, seperti namanya.

4. Timeify

Fitur pelacak waktu pada aplikasi ini dapat di gunakan untuk melacak berapa lama waktu yang di habiskan setiap karyawan untuk bekerja dan memudahkan untuk mengatur jam kerja. Waktu yang terlacak kemudian akan di tambahkan pada timesheet, dan laporan akan di buat untuk melihat apakah waktu yang di habiskan karyawan di gunakan secara efektif.

5. Aplikasi Absensi Gratis Time Clock CKZ

Aplikasi Time Clock CKZ adalah perangkat lunak untuk melacak waktu yang juga dapat di gunakan untuk melacak kehadiran karyawan. Time Clock CKZ ini merupakan pilihan yang baik untuk aplikasi absensi online karena memiliki fitur-fitur seperti perekam kehadiran, penggajian, dan pemantauan karyawan secara real-time.

Demikian artikel tentang Aplikasi Absensi Gratis. Semoga memberikan manfaat dan sekian terima kasih.

Baca Juga