fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Apa itu Gadai? Ketahui Lebih Banyak Informasinya Disini!

Wiliam

Gadai merupakan salah satu cara yang terpopuler dilakukan saat ini untuk mendapatkan dana cepat, terutama jika Anda berada di situasi yang mendesak atau emergency. Meskipun menawarkan kemudahan dan akses cepat ke dana, sangat penting bagi Anda untuk memahami seluk-beluk gadai sebelum memutuskan untuk menggadaikan barang berharga yang Anda miliki.

Saat ini, masih banyak pihak di luar sana yang belum memahami seperti apa itu gadai sebenarnya sehingga seringkali disalahgunakan. Maka dari itu, di artikel ini Anda akan mempelajari banyak hal tentang gadai sebelum Anda menggunakannya.

Apa Itu Gadai?

Jika ditinjau secara umum gadai adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dengan cepat. Anda hanya perlu menjadikan barang Anda sebagai jaminan atas suatu pinjaman yang diberikan oleh penerima gadai. Adapun beberapa pengertian lain dari gadai diantaranya:

1. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI gadai ialah meminjam uang dalam batas waktu tertentu dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan. Adapun jika waktunya telah jatuh tempo dan barang tersebut belum Anda tebus, maka barang itu akan menjadi hak yang memberi pinjaman.

2. Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Gadai adalah suatu hak yang diperoleh atas suatu benda bergerak yang digunakan sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan oleh penerima gadai. Adapun barang bergerak yang dimaksud disini adalah barang yang dapat dipindahkan, bukan barang tetap seperti tanah ataupun bangunan.

3. Menurut POJK Nomor 31/PJOK.05/2016

Gadai adalah suatu hak yang diperoleh perusahaan pegadaian atas suatu barang bergerak, yang diserahkan nasabah sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan. 

Kelebihan dan Kekurangan Gadai

Tidak hanya mengetahui informasi dasar terkait apa itu gadai, kelebihan dan kekurangan dari gadai itu sendiri wajib Anda ketahui. Hal ini dapat menjadi sebuah pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk menggadaikan barang yang Anda milliki.

Kelebihan dari gadai itu sendiri yaitu adanya lembaga resmi yang mengatur ketetapan hukum yang berlaku sehingga dapat menjadi sebuah jaminan bagi si pemberi pinjaman ataupun yang menggadaikan barang. tak hanya itu, proses dari gadai ini juga cepat, sehingga dapat memberikan pinjaman dalam hitungan jam bahkan menit setelah memberi jaminan.

Adapun kelebihan lainnya, risiko yang ditimbulkan pun hanya resiko kehilangan barang yang Anda gadaikan jika tidak dapat melunasi pinjaman. Gadai ini juga bersifat transparansi, artinya semua ketentuan yang berlaku seperti bunga dan durasi pinjaman ditentukan di muka dan diberikan kepada peminjam dalam bentuk tertulis.

Sedangkan dari segi kekurangan gadai dapat menimbulkan beberapa kerugian bagi Anda seperti kurangnya perlindungan konsumen yang artinya konsumen kurang terlindungi dari praktik-praktik yang tidak adil. selain itu bunga yang diberikan juga terkadang terlalu tinggi dibandingkan dengan pinjaman tradisional dari bank.

Nilai pinjaman rendah juga termasuk salah satu kekurangan dari gadai, sehongga bisa saja jumlah pinjaman yang diterima oleh peminjam jauh lebih rendah dari nilai sebenarnya dari barang yang digadaikan. Dan yang terakhir dapat menimbulkan ketergantungan bagi Anda menjadikan gadai sebagai sumber pendanaan darurat tanpa mencari solusi jangka panjang untuk masalah keuangan Anda.

Barang Yang Boleh dan Tidak Boleh Digadaikan

Seperti yang telah tertulis diatas, bahwa tidak semua barang bisa Anda gadaikan. Berikut beberapa contoh barang yang bisa digadaikan dan yang tidak boleh digadaikan yang telah kami rampungkan untuk Anda. Penasaran apa saja barangnya?

1. Barang Yang Boleh Anda Gadaikan

Apa saja barang bergerak yang dapat Anda gadaikan? berikut beberapa contohnya:

1. Kendaraan

Barang pertama yang dapat Anda gadaikan yaitu kendaraan pribadi yang Anda miliki seperti gadai mobil atau gadai sepeda motor. Anda bisa menggadaikannya dengan menyerahkan surat-surat kendaraan tersebut seperti BPKB, STNK, faktur pembelian dan lain sebagainya.

2. sertifikat

Selanjutnya barang yang bisa Andai gadaikan yaitu sertifikat. Adapun contoh jenis sertifikatnya antara lain seperti sertifikat tanah, rumah, barang antik, dan sejenisnya. Jika sertifikat tanah/rumah, nilainya ditentukan berdasarkan dari nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta ditinjau dari lokasinya yang strategis.

3. Peralatan Elektronik

cukup terkejut? Yap barang elektronik yang menganggur di rumah Anda juga bisa digadaikan. Misalnya televisi, kulkas, komputer, laptop, kamera dan masih banyak lagi. Nilainya pun tergantung dari kondisi barang yang Anda gadaikan.

4. Saham

Saham yang Anda miliki juga dapat menjadi sebuah jaminan, tergantung dari kreditur apakah mau menerimanya atau tidak.

5. Aksesoris 

Jam tangan, dompet, topi, kacamata, perhiasan, dan semacamnya juga dapat Anda gadaikan.

2. Barang yang Tidak Boleh Digadaikan

Untuk barang yang tidak bisa Anda gadaikan atau Anda jadikan jaminan diantaranya sebagai berikut:

  1. Barang inventari kantor atau dari  milik pemerintah
  2. Barang yang mudah busuk atau kadaluarsa atau memiliki masa berlaku. Seperti makanan, minuman, ataupun obat-obatan
  3. Barang berbahaya yang mudah terbakar atau barang yang berbahaya bagi sekitarnya
  4. Barang yang dilarang pengedarannya atau barang yang melanggar hukum,, misalnya narkotika
  5. Barang yang sulit ditaksir nilainya sepert barang antik ataupun barang langka

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pengertian dari gadai, kelebihan dan kekurangannya serta barang apa saja yang dapat dan tidak dapat Anda gadaikan. Dengan informasi yang tepat dan keputusan yang bijaksana, Anda dapat memanfaatkan gadai sebagai sebuah solusi pendanaan yang efektif tanpa mengabaikan berbagai resiko yang daoat saja ditimbulkan

Ingatlah selalu Anda perlu berhati hati dan memastikan jika Anda berurusan dengan perusahaan yang terpercaya dan profesional.  Harapannya semoga penjelasan di atas tadi dapat memberikan informasi serta wawasan baru serta berguna untuk Anda sekalian. C

Baca Juga