Apa itu Cloudflare dan Apa Saja Fungsinya?

Apa itu Cloudflare dan Apa Saja Fungsinya?

Cloudflare memang penting untuk meningkatkan keamanan dan kecepatan ketika Anda mengelola sebuah situs web. Bagi Anda yang masih pemula dalam mengeola website tentunya sedikit kebingungan dengan yang namanya Cloudflare. Ini nantinya akan membantu meningkatkan performa website Anda dan layanan ini bisa didapatkan secara gratis bagi siapa saja. Jika ingin mendapatkan performa yang lebih unggul, maka Anda  bisa menggunakan paket berbayar dari CoudFlare.

Cloudflare, Inc. merupakan perusahaan asal Amerika yang menyediakan layanan CDN (Content Delivery Network), mitigasi DDoS serta keamanan internet. Sedangkan CDN (Content Delivery Network)  adalah backbone transparan di dalam jaringan internet yang bertanggung jawab atas pengiriman konten. Misalnya saja ketika  membaca artikel, belanja online, atau melihat sosial media.CDN ini nantinya berperan untuk mengurangi latensi antara Anda dengan server yang menyimpan berkas situs web dan bertujuan untuk menaikan kecepatan dan kinerja dari situs.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare merupakan suatu jaringan untuk pengiriman konten  di mana  jaringan Cloudflare tersebut berperan sebagai proxy untuk menghubungkan website dan pengunjung. CloudFlare berperan sebagai penghubung antara server website dan pengunjung. Banyak orang tertarik untuk menggunakan CloudFlare karena bisa menjadikan loading website menjadi lebih cepat dan juga meningkatkan keamanan sebuah website.

 Bagi para pebisnis online, menggunakan CloudFlare tentunya akan sangat membantu meningkatkan bisnis dan kepercayaan terhadap pelanggan. Hal ini karena tipe pengunjung ada 3 yaitu Visiotor (pengunjung nyata yang mengunjungi website Anda), Robot atau perayap (Ppengunjung website yang berupa program dan bertujuan untuk memindai setiap halaman website dan bisa menghabiskan bandwidth server dalam jumlah yang banyak) dan Attracker (Pengunjung yang mempunyai tujuan melakukan serangan di website). Maka Cloudflare memiliki peran yang sangat penting.

Bagaimana cara kerja Cloudflare?

Untuk cara kerja Cloudflare tentu akan menguntungkan website Anda. Ini akan melindungi dan mempercepat website dengan cara ketika website Anda sudah terdaftar dan telah berada di server CloudFlare, seluruh akses yang akan menuju website akan melalui CloudFlare terlebih dahulu sehingga lebih aman.

CloudFlare juga akan menjadikan pengiriman data di website dioptimalkan sehingga website tersebut memiliki kualitas kecepatan dan performa yang baik. Selain itu,  menggunakan Cloudflare juga akan memblokir segala ancaman sekaligus membatasi bot dan crawler yang boros bandwidth dan source server website. Hasilnya peningkatan kualitas keamanan dan juga kecepatan website akan semakin maksimal. Cocok dipakai untuk Anda yang ingin lebih aman dalam mengelola website, terlebih untuk bisnis online.

Fungsi Cloudflare yang harus Anda tahu

Dengan menggunakan CloudFlare, maka name server secara otomatis juga akan mengikuti name server dari jaringan CloudFlare. Hal itu tentu akan membuat semua aktivitas yang ada di website tersaring dan bisa diakses dengan lebih cepat. Lalu, apa saja fungsi Cloudflare?

1.Mengarahkan pengunjung ke koneksi yang paling cepat

Semua pengunjung tentunya menginginkan loading yang cepat ketika membuka suatu website. Dengan adanya Cloudflare, maka akan mengarahkan pengunjung  ke data center yang paling dekat. Hal itu tentunya akan membantu mempercepat akses loading website jika dibandingkan dengan tidak menggunakan CloudFlare.

2.Menyaring komentar spam

Adanya komentar spam tentunya sangat mengganggu pemilik website. CloudFlare mampu melindungi website Anda dengan cara menyaring komentar yang ada di website Anda.Ini karena Cloudfire mampu menyaring komentar spam dengan menggunakan pihak ketiga.

3.Mengawasi lalu lintas mencurigakan pada website

Dalam hal ini, CloudFlare berperan untuk menerima berbagai permintaan akses yang selanjutnya akan dianalisa apakah pengunjung website tersebut merupakan pengunjung yang berbahaya atau tidak. Pengecekan tersebut bisa dilihat dari dari IP dari sumber yang diakses dan seberapa seringnya mengakses ke website Anda. Jika kunjungan tersebut terlihat seperti ancaman maka CloudFlare kemudian akan memblokirnya. Tentunya ini akan memaksimalkan keamanan pada website Anda.

4.Memberikan peringatan ke pengunjung jika komputernya terinfeksi virus

Cloudflare juga dapat memberikan peringatan serta menyarankan pengunjung agar bisa segera membersihkan virus yang menyerang komputernya. Nantinya pengunjung  akan diminta untuk memasukkan CAPTCHA ketika mengakses website Anda.

5.Mengurangi penggunaan dari Resource Server

Penggunaan resource server yang berat tentunya akan memperngaruhi kinerja website. Fungsi Cloudlflare di sini adalah untuk mengurangi penggunaan dari resource server, contohnya penggunaan CPU yang ada pada hosting sehingga jika ada lonjakan pengunjung, beban server bisa tetap aman.

Cloudflare menjadi salah satu solusi yang menarik untuk dicoba khususnya Anda yang memiliki bisnis online. Anda juga dapat membandingkan kinerja dari situs web sebelum dan setelah menggunakan layanan Cloudflare. Itulah sekilas tentang Cloudflare dan apa saja fungsinya. Semoga bermanfaat.

Related Posts