fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Apa Beda Marketing dan Sales? Simak Ulasannya Disini!

Wiliam

Anda mungkin pernah melamar pekerjaan sebagai sales dan di lain waktu melamar sebagai marketing. Apakah kedua hal tersebut memang sama? tak dapat dipungkiri, baik pelamar maupun pihak perusahaan masih ada yang belum memahami jobdesk keduanya sehingga keliru dalam penggunaan katanya. 

secara sekilas, jika hanya melihat dari segi nama, keduanya mungkin akan terlihat sama sebab kita berpikir keduanya bertugas mempromosikan produk yang dijual perusahaan. namun, jika kita meninjauanya dari berbagai aspek, kedua hal ini memiliki perbedaan yang sangat menonjol. 

Pada artikel ini akan dibahas dengan rinci terkait perbedaan keduanya. 

Apa itu Marketing?

Marketing adalah kata dari bahasa inggris yang berarti pemasaran. Marketing adalah proses untuk mengenalkan produk yang akan dijual perusahaan, mulai dari pengenalan hingga feedback dari pelanggan. 

Caroline Forsey dari Hubspot mengatakan bahwa marketing adalah sebuah proses yang akan membuat masyarakat tertarik dengan produk yang dijual perusahaan. Untuk mencapai itu maka perlu dilakukan riset pasar, analisis pasar hingga mencari pelanggan potensial. 

Terdapat 5 unsur penting dalam pemasaran, yaitu penentuan pasar, perencanaan produk, manajemen harga, distribusi dan komunikasi dan promosi. 

Apa itu Sales?

Sales adalah kata bahasa inggris yang jika diartikan ke bahasa indonesia berarti penjualan. Posisi sales nantinya akan menggambarkan berapa penjualan yang telah terjadi pada produk yang ditawarkan. setiap perusahaan apalagi perusahaan besar umumnya memiliki tim penjualan yang memastikan produk yang ditawarkan terjual dengan baik. 

Terdapat 4 unsur penting dalam sales ini, yaitu tenaga kerja, produk jualan, pelanggan atau pembeli dan wilayah cakupan penjualan:

1. Tenaga kerja 

Tenaga kerja adalah orang yang bertanggung jawab melakukan aktivitas penjualan. biasanya setiap perusahaan akan membentuk tim khusus yang terjun langsung ke masyarakat baik secara offline maupun online untuk melakukan penjualan. 

Tim penjualan harus memiliki pengetahuan terkait produk yang akan dijual dan memiliki skill komunikasi dan problem solving yang baik. 

2. Produk jualan

Produk jualan adalah produk yang akan dimiliki perusahaan dan akan ditawarkan oleh tim penjualan dan menjadi pemasukan utama tiap perusahaan.  Kualitas produk yang dijual perusahaan perlu mengimbangi setiap usaha sales agar penjualan bisa terus meningkat begitupun sebaliknya.  

3. Pelanggan atau target penjualan

Pelanggan adalah target penjualan menjadi kunci keberhasilan penjualan dimana tenaga kerja dan perusahaan perlu menargetkan pelanggan potensial, baik dari segi daya beli, kebutuhan maupun selera. 

Dalam penyusunan target penjualan, terdapat faktor penting yang harus diperhatikan yaitu siapa target pelanggan, berapa banyak yang akan dijual, sampai anggaran yang akan dikeluarkan setiap harinya untuk menunjang kinerja sales. 

4. Wilayah penjualan

Wilayah penjualan meliputi daerah potensial yang akan menjadi tempat penjualan dilakukan secara masif. penting bagi setiap staf sales untuk melakukan pemetaan agar usaha yang dilakukan berbanding lurus dengan hasil yang dicapai. 

Perbedaan Marketing dan Sales

Baik marketing maupun sales memiliki fungsi penting dalam sebuah perusahaan agar produk yang ditawarkan bisa memiliki banyak peminat dan berujung pada peningkatan kuantitas penjualan. Namun keduanya, Marketing dan sales, memiliki berbagai perbedaan dari banyak aspek, Yaitu : 

1. Tugas utama

Marketing merupakan sebuah tim yang tugas utamanya meningkatkan ketertarikan pelanggan atas produk yang ditawarkan perusahaan. Tim divisi ini bertanggungjawab melakukan campaign untuk menarik perhatian calon customer.  

Sedangkan sales memiliki tugas utama yang merujuk pada penjualan produk perusahaan secara langsung. Dalam hal ini, tim tersebut harus selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen agar setiap aktivitas promosi yang dilakukan bisa berujung pada penjualan. 

2. Proses kerja

Perbedaan selanjutnya antara marketing dan sales bisa dilihat dari proses kerjanya. Tim Marketing akan melakukan analisis pasar termasuk pada mencari tahu apa yang dibutuhkan dan disukai konsumen. 

Tim ini akan membuat konsep yang bisa menarik konsumen agar membeli produk yang ditawarkan atau merancang strategi terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Artinya, dalam proses kerjanya, tim marketing tidak secara langsung berinteraksi dengan konsumen. 

Merujuk pada pengertian sales atau penjualan, proses kerja tim ini akan secara langsung berinteraksi dengan calon konsumen, baik melalui media sosial maupun tatap muka. Tim penjualan bahkan umumnya akan melakukan pendekatan berbeda dengan tiap calon konsumen agar bisa berujung pada penjualan. 

Agar kinerja penjualan bisa meningkat maka baik tim marketing maupun Tim sales harus bekerjasama dan bersinergi sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa diusahakan secara optimal. 

3. Ruang lingkup

Perbedaan selanjutnya terletak pada ruang lingkupnya. Pekerjaan yang dilakukan tim sales bersifat jangka pendek dan marketing bersifat jangka panjang. Hal ini karena tim sales bertujuan untuk mendapat penjualan pada saat ini dan ditargetkan pada periode tertentu, baik harian, mingguan maupun bulanan.

 Sedangkan marketing perlu membina relasi yang harmonis dengan semua mitra bisnis dan vendor agar kelancaran usaha bisa terus terjadi. 

Tak hanya itu, ruang lingkup pekerjaan tim sales terbatas pada tanggung jawabnya untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produknya sedangkan tim marketing lebih luas, mencakup riset pasar, hubungan dengan konsumen dan mitra bisnis hingga kebutuhan konsumen. 

4. Target dan prioritas

Selanjutnya, jika dilihat dari aspek target dan prioritas, terdapat perbedaan yang cukup jelas antara marketing dan sales. 

Tim sales akan mencari calon konsumen hingga selesai melakukan pembelian. Menargetkan konsumen untuk ditawarkan produk padanya. Sedangkan tim marketing lebih pada menjaga hubungan baik dengan konsumen agar mereka selalu setia untuk berbelanja di perusahaan. Kedua tim ini tentu perlu bekerjasama agar konsumen bisa tetap percaya dan loyal pada perusahaan. 

Itulah perbedaan antara marketing dan sales, meskipun terlihat sama ternyata cukup berbeda dan memiliki jobdesk yang berbeda. 

Baca Juga