fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

5 Cara Mengatasi Mouse Pad Laptop yang Tidak Berfungsi, Terbukti Manjur

Wiliam

Laptop adalah salah satu perangkat mobile yang sering kali dipakai demi memenuhi sejumlah kebutuhan ataupun mengerjakan pekerjaan di luar tempat. Kendati demikian, laptop juga tidak jarang mengalami kendala ketika digunakan. Salah satu kendala yang sering dialami pengguna adalah mouse pad atau touchpad tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, Bizzie perlu tahu bagaimana cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi paling efektif.

Mouse pad atau touch pad laptop yang tidak berfungsi seperti biasanya jelas mengganggu pekerjaan pengguna laptop tersebut. Pasalnya, pengguna tak bisa menggerakkan kursor untuk diperintahkan ke beberapa fitur di dalam laptop itu. Bagi Bizzie yang sedang mengalami masalah mouse pad atau touchpad tidak berfungsi maka tak perlu risau. Silahkan pahami dan ikuti tata cara selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Mouse Pad Laptop yang Tidak Berfungsi?

Bizzie yang mencari tahu cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi, sudahkah memahami touchpad atau mouse pad itu sendiri? Sebagai informasi, touchpad mempunyai peran yang sama seperti mouse dan berguna sebagai alat navigasi. Alat tersebut berguna untuk menggerakan kursor di dalam laptop. Biasanya touchpad atau mouse pad yang tidak berfungsi disebabkan kesalahan pada software.

Penyebab lainnya yaitu sistem operasi yang kondisinya sudah kedaluwarsa, serta hardware tengah mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, para pengguna baru laptop mengalami kesulitan untuk memperbaiki mouse pad ataupun touchpad yang tidak berfungsi. Apalagi jika masalah tersebut disebabkan oleh kerusakan pada software. Untuk mengatasinya silahkan Bizzie simak pembahasan di bawah ini.

1. Melakukan Restart Laptop

Pertama dalam cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan restart laptop. Tak jarang touchpad atau mouse pad menjadi tidak berfungsi lantaran terjadi kesalahan sistem. Adapun kesalahan tersebut bisa pulih kembali dengan merestart laptop. Untuk cara restart laptopnya sangat mudah dan bisa langsung Bizzie simak tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama-tama pastikan laptop Bizzie dalam keadaan menyala
  • Kemudian tekan tombol Power yang ada di menu Start
  • Jika sudah muncul, berikutnya klik pilihan Restart

Restart laptop hanyalah alternatif apabila mouse pad atau touchpad laptop Bizzie tidak berfungsi. Apabila cara tersebut tidak membuahkan hasil, silahkan coba langkah berikutnya untuk menormalkan kembali fungsi mouse pad.

2. Menghidupkan Touchpad

Opsi berikutnya dalam cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi yaitu dengan mengaktifkan touchpad kembali. Cara ini perlu dilakukan karena bisa saja ada sistem operasi dan aplikasi yang terinstal namun tidak sengaja mematikan fungsi atau fitur touchpad laptop. Di bawah ini ada tutorial mengaktifkan touch pad atau mouse pad lewat opsi pengaturan yang sangat mudah:

  • Pertama-tama Bizzie bisa buka menu Setting atau pengaturan dan klik Device Manager
  • Setelah itu, tekan opsi Touchpad yang ada di dalamnya
  • Lanjutkan dengan memeriksa apakah opsi Touchpad alias Mouse pad sudah aktif atau justru belum
  • Kalau Bizzie menemukan touchpad atau mouse pad dalam keadaan mati, silahkan tekan on agar bisa mengaktifkannya kembali

3. Periksa Sensitivitas Touchpad

Sebagai informasi, touchpad atau mouse pad adalah salah satu perangkat laptop yang tergolong sensitif. Touchpad bisa saja mengalami masalah ketika terkena air, kotoran, debu, ataupun minyak. Cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi berikutnya yaitu dengan memeriksa tingkat sensitivitasnya. Cara untuk memeriksanya sangatlah mudah, Bizzie hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini.

  • Tahap pertama, Bizzie bisa klik tombol Windows  + X atau tekan menu Start dan ketuk Setting
  • Setelah itu, klik menu Device dan tekan opsi Touchpad
  • Di monitor, nantinya tampil informasi touchpad sensitivity. Di bagian tersebut, Bizzie dapat menurunkan atau menaikkan tingkat sensitivitasnya

4. Mengupdate Driver Touchpad

Mengupdate atau memperbarui driver touchpad termasuk salah satu cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi paling efektif. Mungkin saja masalah mouse pad yang tidak berfungsi pada laptop karena Bizzie menjalankan versi terlalu lama. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Bizzie mengupdate atau memperbarui driver touchpad yang terpasang di laptop. Caranya sangat mudah, antara lain:

  • Tahapan pertama, Bizzie bisa buka opsi Device Manager lewat kolom search di dalam taskbar
  • Setelah itu, tekan opsi Human Interface Device
  • Lanjutkan dengan klik Update Driver yang ada di opsi touchpad
  • Tunggu selama beberapa saat dan coba jalankan mouse pad laptop Bizzie

5. Menghidupkan Roll Back Driver

Cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi lain dan patut Bizzie coba adalah dengan menghidupkan roll back driver. Jika Bizzie memeriksa bagian roll back driver dan menemukannya dalam kondisi mati, maka bisa dengan mudah mengaktifkannya kembali. Untuk cara mengaktifkannya sangat sederhana, yaitu:

  • Cara pertama, Bizzie bisa buka Device Manager dengan cara melakukan pencarian di menu Search yang terdapat di Taskbar
  • Setelah itu tekan kanan dan klik Properties
  • Kemudian klik di bagian Driver dan tekan opsi Roll Back Driver
  • Untuk mengkonfirmasi, Bizzie hanya perlu tekan Yes dan klik OK
  • Sesudah itu, Bizzie perlu me-restart laptop dan memeriksa apakah mouse pad sudah berfungsi atau tidak

Itulah beberapa cara mengatasi mouse pad laptop yang tidak berfungsi efektif dan perlu Bizzie lakukan sekarang juga. Dengan mengikuti semua panduan yang ada, Bizzie tak perlu lagi khawatir ketika mouse pad laptop mengalami kendala.

Baca Juga