fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

3 Tips dan Trik Belajar Microsoft Excel

Wiliam

Excel adalah salah satu software banyak dipergunakan oleh kalangan masyarakat yang ingin menghitung sesuatu dengan jumlah besar. Untuk menggunakan software yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Artinya, bagi bizzie yang ingin menggunakan microsoft excel harus mempunyai keahlian dan teknik dasar terlebih dahulu. Dengan adanya Microsoft Excel ini disambut baik oleh kalangan masyarakat, khususnya yang mempunyai usaha atau bisnis.

Salah satu alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena semua perhitungan dengan jumlah banyak bisa diselesaikan dengan singkat dan cepat. Sehingga, sangat wajar di saat banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan software tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai tips dan trik belajar Microsoft Excel. Sedangkan, untuk bizzie yang penasaran dengan perihal excel bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Tips dan Trik Belajar Microsoft Excel

Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk menggunakan Microsoft Excel ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Akan tetapi, untuk bizzie yang ingin tahu mengenai software tersebut bisa mengikuti beberapa tips dan trik belajar Microsoft Excel sebagai berikut:

1. Memahami Perhitungan Dasar Terlebih Dahulu

Excel memang menjadi salah satu software yang ditujukan untuk melakukan pengolahan data dengan bentuk angka. Di dalam software excel ini semua hal yang berhubungan dengan angka mulai dari, tambah sampai dengan manipulasi bisa dilakukan pada excel.

Untuk tips dan trik belajar Microsoft Excel yang paling pertama adalah paham pada perhitungan dasar terlebih dahulu. Di dalam excel untuk melakukan perhitungan angka bisa menggunakan fungsi.

Arti dari fungsi ini adalah rumus. Sehingga, dengan adanya fungsi ini bisa mengeluarkan angka sesuai dengan apa yang bizzie inginkan. Untuk membuat fungsi, bizzie bisa langsung memberikan klik pada kotak yang tersedia di dalam software excel tersebut.

Langkah atau cara yang dapat bizzie lakukan adalah memberikan tanda “=” atau sama dengan. Contoh mudahnya, bizzie bisa melakukan perhitungan 5+5. Tentunya, untuk bizzie sudah mengerti jawabannya adalah angka 10.

Maka dari itu, untuk formula lengkap yang dapat bizzie gunakan adalah “5+5=10”. Di dalam software excel kali ini juga bisa diberikan tanda “=” atau sama dengan terlebih dahulu dan baru diikuti dengan rumus yang selanjutnya.

Jadi, untuk menampilkan hasil akhir dari penjumlahan angka tersebut adalah “=5+5”. Ketika sudah memasukkan angka tersebut, bizzie bisa memberikan klik pada tombol enter dan hasilnya akan langsung keluar. Untuk beberapa tanda atau operator yang harus bizzie ketahui dan pahami adalah:

●      “+” fungsinya untuk melakukan operasional angka tambah-tambahan.

●      “-” fungsinya untuk melakukan operasional angka pengurangan.

●      “*” atau tanda bintang ini mempunyai fungsi untuk melakukan operasional angka perkalian.

●  “/” atau garis miring mempunyai fungsi untuk melakukan perhitungan angka pembagian.

2. Melakukan Kalkulasi Secara Cepat dengan Menggunakan Autosum

Tips dan trik belajar Microsoft Excel yang kedua adalah melakukan kalkulasi secara cepat dengan menggunakan autosum. Tanpa disadari, untuk fitus Autosum ini mempunyai peran yang sangat amat penting.

Untuk salah satu fungsi dari fitur Autosum adalah mempermudah bizzie untuk melakukan kalkulasi secara cepat dan tidak repot sama sekali. Artinya, untuk bizzie yang sudah menggunakan fitur Autosum tidak perlu lagi repot-repot mengetahui rumus perhitungannya.

Contoh mudah pada tips dan trik belajar Microsoft Excel yang satu ini adalah di saat ingin melakukan penjumlahan 10 angka yang berada di dalam 10 sel dan 1 kolom baris. Untuk langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan klik pada “home” dan “autosum”.

Dengan 2 tombol tersebut bisa langsung melakukan penjumlahan baris secara cepat dan juga singkat. Tidak hanya penjumlahan saja, bizzie juga bisa menggunakan beberapa fungsi lainnya di dalam menu Autosum. Untuk penjelasan dari menu Autosum adalah:

●      SUM : menu yang dipergunakan untuk menjumlahkan beberapa angka.

●      Average : menu yang dipergunakan untuk mencari nilai secara rata-rata.

●      Count Numbers : menu yang dipergunakan untuk menjumlahkan semua sel yang sudah berhasil melalui seleksi.

●      Max : menu yang dipergunakan untuk mencari nilai angka paling besar.

●  Min : menu yang dipergunakan untuk mencari nilai angka paling kecil.

3. Melakukan Otomasi Data Secara Sederhana Didalam Sel

Pada tips dan trik belajar Microsoft Excel sebelumnya mengharuskan para penggunanya untuk memasukkan data di dalam kolom sel terlebih dahulu. Akan tetapi, untuk tips yang satu ini tidak mengharuskan bizzie untuk memasukkan atau menambah data secara terus menerus.

Bahkan, bizzie bisa melakukan perhitungan dengan menggunakan beberapa fungsi atau rumus di dalam software tersebut. Ketika bizzie memberikan klik dan menahan, maka secara otomatis bisa langsung menerapkan fungsi atau rumus tersebut.

Untuk langkah yang dapat diambil pada tips dan trik Microsoft Excel satu ini adalah membuat pola dengan menggunakan fitur otomasi sel. Contoh mudahnya yaitu membuat supaya semua urutan bisa dimulai dari kecil ke besar.

Setelah itu, tidak ada salahnya bizzie bisa memasukkan beberapa huruf di dalam kolom tersebut. Untuk langkah yang satu ini juga bisa saja dilakukan di dalam baris sesuai dengan keinginan.

Beberapa tips dan trik Microsoft Excel yang sudah disebutkan diatas ini harus benar-benar diperhatikan atau tidak boleh dilupakan begitu saja. Apalagi, untuk para pemula harus menerapkan tips dan trik mulai dari awal sampai dengan akhir.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai tips dan trik Microsoft Excel. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin belajar Microsoft Excel. 

Baca Juga