fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

3 Solusi Percobaan Pengiriman Gagal Shopee Express

Wiliam

Para pecinta belanja online tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Shopee. Shopee merupakan salah satu tempat belanja online yang populer dan paling terbesar di Indonesia.

Sebagai salah satu marketplace belanja online terbaik di Indonesia, Shopee hadir dengan memberikan kemudahan para penggunanya di saat membeli maupun menjual produk. Ketika menggunakan aplikasi Shopee, maka setiap orang bisa melakukan pembelian produk yang sedang dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan Shopee mendukung pengiriman paket menggunakan jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Namun, untuk masalah percobaan pengiriman gagal Shopee Expres sampai dengan saat ini masih sering terjadi.

Mungkin untuk beberapa kalangan masyarakat yang masih awam akan merasa panik, ketika pengiriman gagal. Maka dari itu, supaya bizzie tidak bingung dengan permasalahan tersebut bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Percobaan Pengiriman Gagal Shopee Express

Sebenarnya, ada banyak sekali hal yang menyebabkan percobaan pengiriman gagal Shopee Expres baik dari faktor penjual maupun pembeli. Sebagai berikut penyebab percobaan pengiriman gagal Shopee Expres yang sering terjadi :

1. Pengiriman Melewati Jam Operasional

Tahukah bizzie, bahwa hampir 78% kendala percobaan pengiriman gagal Shopee Expres adalah paket pesanan sudah sampai di drop point namun pengiriman melewati jam operasional. Pada dasarnya di setiap jasa pengiriman mempunyai jam operasional pengiriman yang berakhir pada pukul 16.00. Perihal tersebut sudah wajar terjadi, ketika proses pengiriman paket.

Bizzie hanya perlu menunggu sampai dengan pesanan paket berubah menjadi “paket sedang diantarkan ke alamat penerima”. Dengan begitu, pesanan akan diantarkan ke alamat penerima di hari yang sama di saat status sudah berubah.

2. Barang Pesanan Rusak

Percobaan pengiriman gagal Shopee Expres juga bisa saja disebabkan, karena pesanan produk tersebut rusak. Sehingga, harus diganti dengan produk lain yang terkadang membutuhkan beberapa waktu. Dengan kerusakan produk ini menjadi salah satu faktor, kenapa pengiriman paket harus ditunda beberapa saat.

3. Penerima Paket Tidak Ada Dirumah

Penerima paket tidak ada dirumah juga menjadi salah satu penyebab percobaan pengiriman gagal Shopee Expres. Kurir yang mengantar paket akan mengatasi dengan cara berbeda-beda atau disesuaikan dengan keputusan mereka sendiri.

Misalnya, diletakkan didepan rumah, menyembunyikan disuatu tempat dan lain-lain. Apabila terjadi penundaan pengiriman, maka status pesanan akan berubah menjadi “pengiriman paket Shopee gagal” dan akan dikirimkan pada hari berikutnya.

4. Jadwal Pengiriman Berubah

Hal yang satu ini memang tidak banyak terjadi, akan tetapi ada juga beberapa kurir menghubungi pihak penerima terlebih dahulu sebelum mengantarkan paket. Tujuan dari tindakan ini adalah agar pengiriman paket tidak terjadi berulang-ulang.

Apalagi, di saat penerima tidak berada di tempat. Di saat melakukan perjanjian tersebut, maka tidak perlu heran lagi jika ada status percobaan pengiriman gagal Shopee Expres. Hal ini disebabkan, karena jadwal pengiriman sudah dilakukan re-reschedule dengan pihak penerima.

5. Alamat Penerima Tidak Ditemukan

Pada dasarnya, kurir ekspedisi akan menggunakan alamat yang tertera di paket sebagai acuan pengiriman paket. Akan tetapi, disaat alamat pengiriman tidak jelas atau tidak ditemukan ini menjadi salah satu penyebab percobaan pengiriman gagal Shopee Expres.

Maka dari itu, dipastikan alamat sudah benar disaat melakukan checkout di aplikasi Shopee supaya mempermudah kurir menemukan lokasi. Pastikan juga bizzie sudah mengaktifkan nomor HP agar kurir bisa menghubungi, ketika memang alamatnya tidak jelas.

6. Salah Mengirim Paket

Munculnya pemberitahuan percobaan pengiriman gagal Shopee Expres ini juga disebabkan, karena kurir salah membawa paket. Sehingga, paket tersebut akan dikembalikan lagi ke drop point menunggu proses pergantian paket sebelumnya dikirimkan kepada pembeli.

Kesalahan ini bisa terjadi, karena paket di drop point ini menumpuk. Sehingga, membuat kurir salah melakukan pick up paket yang seharusnya diantarkan kepada alamat penerima.

Cara Mengatasi Percobaan Pengiriman Gagal Shopee Express

Ketika bizzie mengalami masalah pengiriman paket Shopee Express gagal, maka ada beberapa cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebagai berikut cara mengatasi percobaan pengiriman gagal Shopee Express :

1. Menunggu Paket Dikirim Oleh Kurir

Sebenarnya percobaan pengiriman gagal Shopee Expres bukan lagi menjadi suatu masalah dikhawatirkan. Artinya, paket akan tetap dikirimkan ke alamat di esok harinya.

Jadi yang harus bizzie lakukan adalah menunggu kurir mengantarkan pesanan. Ketika paket sudah bizzir terima, maka secara otomatis status pesanan di Shopee akan berubah menjadi “diterima”.

2. Ambil Paket Pada Drop Point

Di saat paket tidak dikirimkan juga di keesokan harinya, bizzie bisa mengambilnya sendiri di gudang maupun drop point yang dipilih. Biasanya, paket bizzie akan berada di gudang terdekat dengan alamat.

Pada saat mengambil paket, maka dipastikan bizzie sudah mengetahui nomor resi pengiriman dengan cara melihatnya di status pengiriman aplikasi Shopee. Pastikan juga bizzie membawa KTP sebagai tanda pengenal.

3. Mengecek Posisi Paket

Terakhir, bizzie juga harus memastikan posisi paket Shopee dengan cara melacak dari beberapa situs pengecekan resi. Dengan mengetahui posisi paket, tentunya bizzie bisa memperkirakan kapan paket Shopee akan diantarkan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa maksud dari percobaan pengiriman gagal Shopee Expres adalah paket diantar ke alamat namun gagal karena beberapa hal. Dengan hal tersebut, pihak kurir akan mengembalikan lagi ke Drop Point.

Tidak perlu merasa khawatir, karena Shopee akan mengganti pesanan di saat ternyata paket bizzie hilang atau tidak sampai dengan cara menghubungi customer service. Selamat mencoba cara percobaan pengiriman gagal Shopee Expres diatas.

Baca Juga