fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

3 Media Promosi Produk Kerajinan untuk Pasar Lokal

Wiliam

Promosi merupakan bentuk upaya untuk memberitahu atau menawarkan produk kepada calon pembeli. Tujuan dari promosi ini tentu saja menarik calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Selain itu, promosi adalah salah satu strategi marketing yang tidak boleh bizzie tinggalkan.

Bagi pebisnis, promosi adalah cara yang paling utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk. Dengan menggunakan promosi yang menarik, maka produk tersebut akan mendapatkan atensi dari masyarakat luas.

Promosi yang dilakukan sebaiknya tidak sembarangan, karena kesalahan di dalam membuat promosi bisa membuat para konsumen tidak percaya atau bahkan kehilangan kepercayaan di produk tersebut. Ada beragam media promosi produk kerajinan untuk pasar lokal yang bisa bizzie lakukan.

Penting halnya untuk bizzie mengetahui macam-macam hingga fungsi dari media promosi produk kerajinan untuk pasar lokal. Simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Media Promosi

Kegiatan promosi bisa dilakukan secara langsung atau melalui media promosi. Media promosi merupakan sarana atau alat yang digunakan dalam mendukung suatu kegiatan promosi dan pengenalan produk kepada masyarakat luas.

Tujuan Menggunakan Media Promosi Produk Kerajinan untuk Pasar Lokal

Dari pengertian media promosi diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa tujuan promosi di media promosi adalah :

●   Memberikan informasi yang tepat terkait produk yang dijual di pasar lokal.

●   Meningkatkan penjualan, sehingga ROI perusahaan bisa terus meningkat.

●   Akan mendapatkan konsumen baru dan membuatnya menjadi loyal konsumen pada suatu produk yang dijual oleh perusahaan.

●   Membangun brand awareness di mata para konsumen.

●   Mengunggulkan produk sendiri, sehingga bisa bersaing dengan produk lain di pasar lokal.

●   Menjaga kestabilan suatu produk.

Fungsi Media Promosi Produk Kerajinan Untuk Pasar Lokal

Ada banyak fungsi dari media promosi yang mampu mendatangkan keuntungan untuk bisnis. Apa saja fungsi promosi produk kerajinan untuk pasar lokal? Sebagai berikut 6 fungsi yang harus bizzie ketahui :

1. Meningkatkan Brand Awareness

Saat ini bisnis bizzie pasti mempunyai banyak kompetitor. Salah satu fungsi dari media promosi adalah untuk meningkatkan brand awareness produk yang dijual ke masyarakat.

Brand awareness merupakan salah satu faktor penting yang memperkuat brand bisnis bizzie dan pelanggan. Ketika bizzie melakukan promosi dengan tepat, maka dipermudah pada saat membangun branding yang kuat di dalam bisnis tersebut. Sehingga, produk yang ditawarkan kepada calon customer akan selalu diingat.

2. Penawaran Produk atau Jasa yang Dijual

Fungsi berikutnya adalah menawarkan dan membujuk calon konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Penawaran ini bisa dilakukan dengan cara memberikan informasi yang jelas terkait keunggulan jingga harga produk tersebut.

Tawarkan produk tersebut disesuaikan dengan market yang dituju. Sehingga, banyak calon konsumen yang tertarik untuk membeli produk bizzie.

3. Menjaga Pelanggan untuk Tetap Loyal

Media promosi produk kerajinan untuk pasar lokal mempunyai konsumen tetap loyal terhadap produk yang dibelinya. Sehingga, mereka akan membeli produk tersebut secara berkelanjutan. Hal ini tentu harus diimbangi dengan pelayanan yang bagus dari pwruzagaan kepada para konsumen.

4. Memperbaiki Kesalahan Perusahaan

Jika produk yang dikeluarkan sebelumnya mempunyai kekurangan dan membuat konsumen kecewa, maka promosi berikutnya bisa diinformasikan bahwa produk tersebut sudah disempurnakan dari sebelumnya. Produk yang dijual dan diterima oleh konsumen dengan baik, maka nama perusahaan akan semakin keangkat. Sehingga, hal ini akan bermanfaat untuk perkembangan perusahaan.

5. Menambah Nilai Produk

Kegiatan promosi yang dilakukan imi bisa digunakan untuk meningkatkan value dari suatu produk. Selain itu, promosi yang dilakukan di media promosi ini juga akan merubah point of view calon pembeli dengan produk yang ditawarkan. Dengan begitu, konsumen akan lebih percaya dan lebih terbuka untuk melihat produk maupun jasa yang bizzie tawarkan.

Macam-Macam Media Promosi Produk Kerajinan untuk Pasar Lokal

Promosi tentu saja bisa dilakukan melalui beberapa media. Kini, biIe sudah bisa memanfaatkan media promosi yang canggih dan hasilnya cepat. Sebagai berikut beberapa media promosi produk kerajinan untuk pasar lokal yang bisa bizzie pilih :

1. Internet

Sudah tidak dapat dipungkiri, bahwa kebutuhan akan jaringan internet sekarang sangat penting dan utama. Semua hal saat ini bisa dilakukan dengan dukungan jaringan internet. Saat ini masyarakat juga lebih suka dengan transaksi belanja online, karena lebih praktis dan efisien.

Bizzie sebagai pebisnis sebaiknya memanfaatkan keadaan ini dengan sebaik mungkin. Gunakan internet untuk media promosi secara online. Selain mudah digunakan, bizzie juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya promosi.

Kalau menggunakan Instagram Ads atau Instagram Ads, bizie bisa mengatur budget iklan. Dengan begitu, budget yang bizzie punya bisa dialokasikan untuk beberapa keperluan bisnis lainnya.

2. Televisi

Contoh media promosi produk kerajinan untuk pasar lokal kedua adalah televisi. Promosi televisi memang hal yang paling menarik bagi para konsumen. Selain itu, media promosi kali ini bisa menampilan gambar bergerak dengan suara. Sehingga, bwa lebih memikat hati para penonton.

Sayangnya, membuat iklan di televisi membutuhkan. Banyak waktu dan biaya. Disamping itu, durasi iklan di televisi juga sebentar

3. Banner

Untuk media promosi dengan tampilan lebih mencolok, bizzie bisa menggunakan banner yang dicetak di dalam ukuran besar dan dipasang pada tempat mudah dilihat. Pada umumnya, banner mempunyai ukuran 80 x 200 cm, sehingga orang masih bisa melihat vanner ini dari jarak jauh.

Pemasangan veneer secara horizontal juga bisa dilakukan pada tiang yang sudah disediakan khusus atau menyewa dari pihak penyedia. Ada juga banner vertikal yang dipasang pada rangkaian berbentuk x atau lebih sering disebut dengan x-banner. Banner jenis  ini bisa diletakkan pada depan toko atau diletakkan pada tempat lain , sewaktu mengikuti event

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai perihal media promosi produk kerajinan untuk pasar lokal. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu, ya.

Baca Juga