fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

10 Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Paling Jitu

Wiliam

Kemudahan di dalam proses mengembangkan bisnis tidak lepas dari bagaimana metode pemasaran yang dilakukan. Tentunya, ide bisnis yang bagus harus didukung dengan strategi pemasaran untuk bisa mengembalikan modal.

Sudah tidak terhitung banyaknya bisnis rumahan yang tidak mampu bertahan dan gempuran para pengusaha baru. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan dari sebuah bisnis adalah keuletan para pengusaha guna memikat para konsumen.

Di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara memasarkan produk makanan rumahan. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

10 Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan

Sebagai berikut adalah beberapa cara memasarkan produk makanan rumahan yang bisa bizzie lakukan :

1. Menitipkan Produk Ke Toko Sekitar

Cara memasarkan produk makanan rumahan pertama yang bisa dilakukan adalah menitipkan produk bizzie ke toko sekitar. Jangan pernah lewatkan cara ini, karena tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Apabila produk makanan yang bizzie jual mempunyai umur simpan pendek, pertama-tama batasi terlebih dahulu ruang lingkupnya atau jangkauan wilayah toko. Tujuannya, yaitu untuk menjaga proses distribusi dan tidak menyebabkan hilangnya penjualan.

2. Membuat Brosur atau Pamflet

Untuk cara memasarkan produk makanan rumahan berikutnya adalah membuat brosur atau pamflet. Bizzie bisa membagikan selebaran di tempat keramaian, seperti pasar malam, pameran, bazar, tempat wisata dan lain-lain.

Ingatlah untuk membuat desain brosur yang menarik agar penerimanya tidak mengabaikan brosur bizzie. Desain yang menarik juga akan meningkatkan kemungkinan brosur bizzie di simpan.

3. Membuat Papan Nama di Depan Toko

Tujuan dari cara ini adalah supaya setiap orang melewati rumah bizzie tahu perihal bisnis yang sedang dijalankan. Contohnya, pembuatan kue, pesanan catering dan lain-lain.

Keuntungan kedua adalah mempermudah calon pelanggan di dalam menemukan lokasi bizzie. Lokasi bisnis yang strategis dan mudah ditemukan adalah keunggulan tersendiri bagi para konsumen dan pelanggan.

4. Membuat Akun Bisnis di Media Sosial

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat seperti sekarang, mengandalkan promosi seperti sudah dijelaskan di atas tidaklah cukup. Bizzie harus mengembangkan pemasaran digital dari beberapa media sosial.

Dengan membuat akun bisnis di media sosial, para pengusaha bisa memperluas pasarnya tanpa batas. Didukung dengan berbagai macam fitur periklanan di beberapa platform, pemilik bisnis juga bisa dengan mudah terjangkau pasar yang potensial.

5. Membuat Online Shop di Marketplace

Membuat akun bisnis di media sosial sama seperti bizzie memulai bisnis di depan rumah sendiri. Bahkan, dengan cara membuat akun di marketplace sama seperti bizzie bergabung dengan para penjual di pasar.

Siapapun yang ingin membeli produk bizzie akan datang ke aplikasi marketplace. Maka dari itu, potensi untuk menarik pembeli di marketplace ini juga sangat tinggi.

6. Melakukan Kerjasama Dengan Publik Figur

Bukankah, cara memasarkan produk makanan rumah dengan publik figur membutuhkan biaya cukup mahal? Sedangkan budget pemasaran bisnis rumahan cukup terbatas. Jawabannya, yaitu bisa disesuaikan dengan budget.

Apabila bisnis bizzie masih bersifat lokal, tidak ada salahnya bekerja sama dengan beberapa publik figur lokal yang sudah populer di wilayah tersebut. Publik figur lokal dan nasional ini sama-sama berpengaruh dan satu-satunya perbedaan adalah jangkauannya. Seiring pertumbuhan bisnis, audiens target bizzie juga akan terus meningkat.

7. Berpartisipasi Dalam Acara Tertentu

Cara memasarkan produk makanan berikutnya adalah bekerjasama dengan beberapa event tertentu. Contoh spesifikasi adalah menyediakan catering atau sajian di dalam event seperti seminar.

Meski hasil penjualan nanti dipotong oleh pihak penyelenggara, bizzie juga akan untung karena mendapatkan sarana produk secara gratis. Siapapun yang puas dengan produk bizzie di acara tersebut, maka bisa menjadi pelanggan baru.

8. Menyertakan Nomor Handphone dan Alamat Kemasan

Cara memasarkan produk makanan rumahan kali ini adalah bagian yang tidak boleh bizzie lupakan. Berikan kemudahan bagi semua orang dengan cara mencantumkan nomor HP dan alamat bizzie pada kemasan produk. Dengan begitu, pada setiap penjualan yang didapatkan bizzie secara tidak langsung mempromosikan produk kepada calon pelanggan baru yang jumlahnya tidak terhitung.

9. Membuka Sistem Agen dan Reseller

Strategi marketing minim budget yang sesuai untuk pemilik usaha rumahan adalah membuka sistem reseller dan agen. Dengan kata lain, bizzie tidak mempromosikan produk secara sendiri.

Saat ini, sistem seperti reseller dan agen sering digunakan oleh para pengusaha pemula. Selain mempermudah penjualan dan pemasaran, bizzie bisa lebih fokus pada kualitas produk serta  pengembangan variasi produk.

10. Bergabung dengan Komunitas UMKM

Cara memasarkan produk makanan rumahan yang paling akhir adalah bergabung dengan beberapa komunitas UMKM. Forum ini pada dasarnya adalah tempat bagi para pengusaha pemula dan profesional untuk melakukan diskusi, berkolaborasi dan berjejaring.

Ternyata di dalam jangka panjang, hubungan ini sangat bermanfaat di suatu perkembangan bisnis. Bizzie jugq bisa menemukan komunitas ini secara langsung atau si platform media sosial.

Secara umum, semua strategi marketing untuk pemilik usaha pemula ini tidak membutuhkan banyak biaya atau effort berlebihan. Bizzie juga bisa menerapkan setiap poin secara bertahap maupun bersamaan.

Demikian penjelasan secara lengkap mengenai beberapa cara memasarkan produk makanan rumahan yang bisa bizzie coba. Berbagai cara ini sudah terbukti ampuh digunakan oleh para pengusaha yang sudah sukses. Selamat mencoba semua cara diatqs dan semoga bizzie berhasil, ya. 

Baca Juga