Pengertian Tentang VPN dan Cara Kerjanya

Pengertian Tentang VPN dan Cara Kerjanya

Dewabiz.com – Apakah anda sudah pernah mendengar tentang VPN? Jika anda sudah pernah mendengar tentang VPN pasti sudah tahukan bagaimana cara kerja dari VPN tersebut? Namun bagi anda yang belum tahu bisa membaca pembahasan kali ini mengenai VPN dan cara kerja dari VPN tersebut.

Virtual Private Network atau disingkat dengan VPN merupakan sebuah web hosting yang biasanya dipakai untuk sebuah kebutuhan yang besar pada website. VPN juga sering digunakan bagi mereka yang memang mempunyai puluhan web, ratusan web, atau bahkan ribuan web.

Virtual Private Network ini pada jaman dulu dibuat untuk sebuah tujuan jaringan yang mengkoneksikan gedung antar pergedungan untuk mendapatkan koneksi yang secara aman serta bisa menggunakan jaringan itu dari rumah maupun tempat lainnya.

Namun pada jaman yang serba canggih ini, sebuah VPN bukan hanya digunakan untuk itu saja, tapi sudah banyak digunakan untuk sebuah jaringan internet yang tentu aman , secara private, serta bisa mengakses tiap jaringan secara remote.

Pengertian Tentang VPN

VPN atau Virtula Private Network ini merupakan layanan yang memberikan sebuah konekis secara aman kepada setiap website dengan konekti yang pribadi sehingga jalur koneksi ini hanya melalui server serta memberik persembunyian data yang terjadi.

Jadinya kita bisa menyederhankan bahwa VPN ini mengkoneksi table, hanphone atau smartphon, dan laptop ke komputer lain atau biasa disebut dengan server VPN atau VPN server pada suatu tempat atau keadaan yang menghubungkan internet. Dan anda itu diijinkan untuk menghubungkan sebuah koneksi internet untuk menggunakannya dengan sebuah jaringan internet komputer itu. Dengan proses seperti itu apabila anda menggunakan koneksi komputer atau server dinegara yang berbeda. Maka anda akan bisa mengakses tempat yang tidak bisa diakses di negara anda apabila komputer atau server yang anda gunakan negara lain.

Jadi bisa dibilang dengan menggunakan akses VPN ini anda tidak akan terbatas dengan koneksi kemanapun, akses yang dilarangan di negara anda bisa anda buka dengan menggunakan VPN atau server dari negara lain.

Apabila anda ingin lebih tahu tentang VPN ini, mari simak pembahasan selanjutnya

Cara Kerja Pada VPN

Untuk melakukan kerja VPN apabila anda berniat untuk menggunakan VPN dalam koneksi internet anda. Seperti anda untuk melakukan perturakaran enkripsi data sebelum melakukan koneksi publik diwarung internet atau pada warung kopi membacanya. Pada saat anda menggunakan koneksi melalui VPN untuk mengghubungkan internet, maka VPN ini seolah-olah seperti menggunakan tempat khusus atau lorong khusus dan tidak melalui jaringan akses utama.

Jadi fungsi dari tugasnya VPN atau Virtual Private Network ini memberikan koneksi anda untuk melanjutkan ke akses tempat yang tak bisa dikunjungi. Jadi dengan menggunkan koneksi VPN ini, dalam menggunakan internet anda akan dikenali dengan jariangan server VPN bukan jariangn yang ada pada saat ini.

Dengan keneksi yang seperti itu, sudah menjadi sebuah standard bagi kita saat menggunakan internet dengan VPN ini. Pada proses pertukaran data dan semua aplikasi yang digunakan internet apapun itu dapat saja dilihat oleh banyak orang karena tidak ada enkripsi dan semua data yang telibat.

Anda tidak akan mempunyai masalah apabila data yang diproses merupakan data pencarian digoogle atau data blog yang semacam hiburan.

Namun proses data ini akan menjadi masalah buat anda apabila yang di proses merupakan data perbankan online, data bisnis, email-email bisnis, atau semacam proses data yang memang sensitif termasuk masalah data keuangan. Apabila memang ada data yang seperti itu tentu ini akan menjadi sebuah kesempatan untuk para hacker melakukan serangan online dengan cara yang biasanya  MITM Man in The Middle.

Nah untuk itu, VPN juga akan mengamankan data anda dari para hacker dengan caranya sendiri.

Pada saat anda menggunkanan VPN pada jaringan internet untuk membuka sesuai data atau aplikasi, data anda itu kan dienkripsi terlebih dahulu oleh aplikasi dan dikirim melalui ISP setelah masuk ke server VPN. VPN ini menjadi server orang ketiga untuk menghubungkan anda pada situs atau layanan online lainnya yang anda pakai atau kunjungi. Dengan seperti ini layanan data privasi anda akan aman untuk melakukan sebuah pertukaran data online.

Manfaat dan Kegunaan VPN

Ada banyak kegunaan yang bisa anda dapatkan saat menggunakan layanan VPN ini, salah satunya adalah remote access. Pada penggunakan remote access ini anda bisa mengizinkan sebuah akses internet dari jaringan kantor dimanapun dan kapanpun anda berada. Sekalipun anda saat akses internet menggunakan jaringan luar, tapi ketika anda menggunakan VPN akan dikenal dengan jaringan kantor.

Adapun manfaat lain dari VPN ini adalah sebagai berikut!

  • Pengamanan data pada jaringan publik

Dengan menggunakan VPN anda bisa mendapatkan manfaat terlindunginya pertukaran data anda saat menggunakan jaringan atau wifi yang tidak dipercaya. Ini akan bisa membantu dan untuk tetap tenang dimanapun anda berada dan menggunakan jarigan apapun itu.

VPN ini sangat berguna bagi anda terutama para pebisnis yang memang mempunyai sebuah data yang sensitif, agar data anda tidak terbobol saat menggunakan wifi yang tidak dipercaya keamanannya.

  • ByPass

Pada saat anda ingin menggunakan situs tertentu yang dilarangan pemerintah karena membahayakan anda. VPN bisa menjadi sebuah solusi untuk anda gunakan, karena VPN tidak terbatas oleh sebuah geografis.

  • Amankan Data Dengan Nama Anonim

Dengan menggunakan server VPN keberadaan akses anda tidak bisa di ketahui oleh sembarangan orang. Karena VPN akan menyembunyikan keberadaan akan secara langsung atau real time. Dan biasanya orang yang ingin mengetahui kebaradaan anda yang terdeteksi adalah lokasi VPN yang digunakan anda.

  • Enkripsi Pada Informasi Perangkat

Pada saat anda menggunakan server VPN, seseorang atau siapapun itu tidak bisa mengidentifikasi perangkat yang digunakan atau apapun itu.

Jadi informasi perangkat yang anda gunakan akan terlindungi dan privasi.

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan VPN

Setiap barang atau apapun tidak akan sempurna, pasti kelebihan dan kekuranggnya. Terlebih dengan server VPN ini.

Kekurangan Dari server VPN

  • Mempunyai batasan untuk penggunaan
  • Koneksi yang akan melambat
  • Koneksi biasanya tidak stabil
  • Cukup rumitnya konfirgurasi manual

Kelebihan Dari server VPN

  • Bisa mengakses website yang terblokir
  • Tidak langsung diketahuinya Indentitas IP asli
  • Mempunyai akses jaringan pada lokasi yang berbeda
  • Tingkat kerahasiaan pada data anda akan aman

Apakah Mengunakan server VPN Aman?

Dengan server VPN ini data anda akan sangat aman, namun itu juga tergantung anda dalam menggunakan koneksi internet dari protokol yang digunakan.

Itulah pengertian tentang VPN anda cara kerjanya yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan sebuah koneksi internet yang aman dan terjamin keamanannya. Namun dengan menggunakan VPN ini akan ada kendala pada koneksi yang memang lambat.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

Tinggalkan Komentar