Lupa Password Admin WordPress Anda? Jangan panik, ikuti langkah berikut ini

Dewabiz.com –  Terkunci di dashboard admin WordPress Anda dapat memicu semua jenis kepanikan. Beberapa masalah WordPress lebih membuat frustrasi daripada menemukan bahwa Anda tidak dapat mengakses dasbor Anda dengan domain digital Anda yang tercinta.

Ini mirip dengan perasaan yang Anda dapatkan ketika pulang ke rumah setelah hari yang panjang dan menemukan bahwa Anda kehilangan kunci Anda. Anda panik, Anda frustrasi, dan Anda mulai mencari solusi.

Jika Anda telah mendarat di sini, Anda mungkin sudah berada di titik ketiga (pencarian solusi). Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk kembali ke dasbor WordPress Anda.

Jadi Anda bisa menenangkan saraf Anda, bernapas dalam-dalam, meretakkan pergelangan kaki Anda dan belajar bagaimana menjadi ahli penguncian WordPress.

Pulihkan atau buat cadangan

Pertama-tama, tergantung pada jenis situs WordPress yang sedang Anda jalankan, mengembalikan cadangan situs WordPress Anda bisa lebih cepat untuk memperbaiki masalah login Anda dan kembali bekerja dengan cepat. Apalagi jika Anda tahu persis kapan masalah Anda terjadi.

Jika Anda menggunakan cPanel, Anda dapat melakukannya di bawah alat Cadangan atau Wizard Cadangan.

image by kinsta.com

Jika Anda memiliki cadangan yang dapat diandalkan, lanjutkan dengan langkah-langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah Anda.

Mengapa Anda dikunci dari Dashboard Admin WordPress?

Ada sejumlah alasan yang memungkinkan mengapa ini bisa terjadi. Anda mungkin baru saja membuat perubahan pada kode WordPress Anda, Anda telah menambahkan plugin atau tema baru atau Anda baru saja membangun dan kesalahan ini telah terjadi.

Jika Anda baru saja membuat perubahan yang menyebabkan kesalahan ini, Anda harus memiliki ide yang cukup bagus tentang di mana harus mulai memperbaikinya.

Namun, panduan ini akan memandu Anda melalui berbagai solusi yang akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut. Solusi ini dikelompokkan berdasarkan kesalahan yang Anda dapatkan, sehingga Anda tidak perlu membaca semuanya.

Jika Anda melihat “Ini telah dinonaktifkan”: nonaktifkan login atau plugin keamanan.
Jika kata sandi tidak berfungsi (dan pemulihan kata sandi gagal): Setel ulang kata sandi Anda dengan phpMyAdmin.
Jika Anda kehilangan hak administrator: buat pengguna baru dan tetapkan hak administrator.
Jika Anda ditangguhkan karena terlalu banyak upaya masuk: Nonaktifkan plugin keamanan.
Jika Anda melihat “Layar Putih Mati”: Perbaiki penyebab umum.
Jika Anda melihat “kesalahan membuat koneksi database”: Perbaiki masalah koneksi database .
Jika Anda melihat “kesalahan parse: kesalahan sintaks”: Periksa kode apa yang terakhir diubah.

Jika Anda lupa URL login khusus Anda

Praktik keamanan WordPress yang umum adalah mengubah URL login admin default ( domain.com/wp-admin) menjadi sesuatu yang unik. Hal ini dapat membantu mencegah hacker dan bot untuk terus-menerus memuat URL login Anda untuk mendapatkan akses.

Namun, kadang-kadang, Anda mungkin lupa URL login Anda dan melihat pesan seperti “Ini telah dinonaktifkan” ketika mencoba mengakses situs web Anda. Mungkin Anda memilikinya sebagai bookmark yang telah dihapus, atau itu hanya dalam sejarah WordPress Anda dan cache Anda dikosongkan.

Apa pun alasannya, jika Anda menggunakan plugin seperti WPS Hide Login atau Perfmatters, Anda dapat menonaktifkan plugin untuk sementara mengatur ulang ke URL login asli. Bacalah langkah-langkah ini tentang cara menonaktifkan plugin WordPress tanpa mengakses wp-admin .

Jika kata sandi Anda tidak berfungsi (dan pemulihan kata sandi gagal)

Biasanya, jika Anda mencoba masuk ke dasbor dan mendapatkan pesan “kata sandi salah”, solusi paling sederhana adalah memulihkan kata sandi Anda dengan mengklik tautan “Lupa Kata sandi”.

Namun, dalam beberapa kasus Anda dapat melakukan ini, tetapi Anda tidak akan mendapatkan email dengan pengaturan ulang kata sandi, mungkin karena situs web Anda memiliki masalah email . Jika ini masalah Anda, Anda dapat memperbaikinya dengan mengatur ulang kata sandi Anda langsung di basis data.

Setel ulang kata sandi dengan phpMyAdmin

Jika Anda menggunakan host dengan cPanel, Anda akan menemukan tautan phpMyAdmin Anda di bawah bagian “Databases”. Tanyakan host Anda untuk informasi login cPanel Anda jika Anda tidak memilikinya.

image by kinsta.com

Di phpMyAdmin Anda dapat melihat daftar database Anda di sebelah kiri. Klik pada database WordPress Anda untuk membukanya.

image by kinsta.com

Cari milikmu wp_users tabledan klik “Browse”.

Catatan: Awalan mungkin tidak selalu wp_. Jika awalan Anda berbeda (misalnya site_) maka tabel pengguna Anda akan ” site_users”.

Kemudian cari pengguna admin Anda dan klik “edit”.

phpMyAdmin menampilkan semua informasi tentang pengguna ini dalam formulir. Untuk mengedit kata sandi Anda, Anda mencari di area input user_pass, membersihkan nilai saat ini dan memasukkan kata sandi baru Anda (ingat untuk menyimpannya di suatu tempat).

Di bawah Fitur, pilih MD5 untuk memastikan kata sandi baru Anda telah di-hash. terakhir klik “Go”.

Daftarkan sekarang dengan kata sandi baru Anda di Dashboard Admin WordPress Anda .

Jika Anda kehilangan hak administrator

Anda bisa masuk dengan benar, tetapi Anda tidak lagi memiliki akses ke fungsi administratif seperti plugin dan tema? Jika demikian, maka masalah Anda adalah Anda tidak lagi memiliki hak administrator. Bisa jadi Anda diretas dan hak-hak Anda dihapus.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu menambahkan pengguna admin baru secara langsung dalam database.

Buat pengguna baru dan tetapkan hak administrator
Untuk membuat pengguna baru, Anda perlu mengakses database Anda dengan phpMyAdmin. Dalam database kami akan mengedit tabel wp_usersdan wp_usermeta- yang pertama menambahkan pengguna baru dan yang kedua memberikan hak admin.

Untuk mengakses database Anda, masuk ke phpMyAdmin. Pilih database WordPress Anda dari daftar di sebelah kiri.

Selanjutnya Anda wp_usersmencari meja Anda dan klik “paste” (lagi Anda dapat memiliki awalan yang berbeda daripada wp_jika awalan Anda site_, lalu pilih tabel site_users).

Isi formulir sebagai berikut (simpan informasi yang Anda masukkan dalam formulir ini, terutama bidang ID ,, user_login dan user_passbidang):

ID – angka apa pun yang lebih tinggi dari jumlah pengguna yang Anda miliki saat ini. Misalnya, jika Anda memiliki 7 akun pengguna, masukkan 8. Yang pasti, Anda bisa memilih angka yang jauh lebih tinggi. Atau Anda selalu dapat wp_users untuk melihat ID yang ada di tabel .

user_login – nama pengguna baru yang ingin Anda buat. Pilih nama yang belum digunakan. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan “admin” karena sudah diambil.

user_pass – kata sandi untuk pengguna ini. Pastikan Anda memilih MD5 di bawah Function untuk kata sandi yang akan di-hash. Ingatlah untuk menyimpan kata sandi Anda.

user_nicename – nama atau nama panggilan Anda

user_email – email yang ingin Anda gunakan untuk akun ini.

user_url – URL halaman Anda

user_registered – gunakan pemilih tanggal untuk memilih tanggal saat ini.

user_status – diatur ke 0 (nol)

display_name – nama yang ingin Anda tampilkan untuk pengguna ini. Anda dapat memasukkan nama lengkap atau nama panggilan yang Anda tentukan di atas.

Kemudian klik “Go” untuk menyimpan pengguna baru.

Semoga tutorial ini bermanfaat!

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

0 komentar untuk “Lupa Password Admin WordPress Anda? Jangan panik, ikuti langkah berikut ini”

Tinggalkan Komentar