Langkah Mudah Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress

Meningkatkan kecepatan WordPress pastinya sangat penting untuk anda lakukan. Pada artikel kali ini, akan dipaparkan tutorial WordPress yang dapat membuat situs yang anda miliki mempunyai kecepatan lebih baik ketika di load. Namun, sebaiknya anda juga harus mengetahui manfaat memiliki website yang cepat.

Mengapa loading website harus cepat?

Website merupakan sebuah layanan untuk pengunjung. Pastinya pengunjung datang pada website anda untuk mencari sesuatu. Namun, jika website yang anda miliki lambat ketika dimuat, tentunya secara otomatis pengunjung akan merasa jengkel, bahkan segera pergi untuk menemukan blog atau website yang lain yang memiliki loading lebih cepat.

Pastinya anda tidak menginginkan jika hal seperti ini terjadi kepada website anda bukan! Alasan lainnya kenapa website atau blog harus memiliki loading cepat karena dalam hal SEO, kecepatan website tentunya sangat berpengaruh untuk meningkatkan SEO one page blog atau website anda di mesin pencari. Hal ini dikarenakan Google atau mesin pencari lainnya memasukkan juga kecepatan loading website atau blog dalam algoritmanya, yang digunakan untuk menilai website atau blog tersebut dalam peningkatan rangking pada hasil pencarian dari sebuah blog atau website.

Cara mudah meningkatkan kecepatan WordPress

WordPress memang selalu dikembangkan agar memiliki loading yang cepat. Tetapi, dengan beberapa langkah di bawah ini, pastinya dapat meningkatkan kecepatan situs WordPress berkali-kali lipat.

  1. Pilih hosting terbaik

Untuk mempercepat kecepatan WordPress, maka gunakan layanan hosting terbaik pada website WordPress anda, dikarenakan saat menggunakan hosting terbaik, pastinya kecepatan website saat di akses dimanapun tetap akan memberikan loading yang cepat.

  1. Menggunakan theme WordPress yang ringan

Carilah theme yang SEO friendly, responsive, dan benar-benar ringan. Anda dapat menemukannya baik di theme WordPress gratis, atau yang berbayar. Anda bisa memilih tema WordPress yang memiliki loading cepat.

  1. Batasi jumlah post revisi

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membatasi post revisi menjadi dua hingga 3 revisi saja. Tiap kali anda melakukan edit pada postingan tersebut, tentunya akan tersimpan di database. Sehingga, akan mengakibatkan membengkaknya database pada WordPress anda.

  1. Menggunakan CloudFlare

Cloudflare merupakan layanan domain name server dan jaringan pengiriman konten yang didistribusikan guna mempercepat loading website, menyediakan keamanan, hingga meningkatkan kinerja website. Layanan cloudflare ini gratis. Tetapi, ketika situs yang anda miliki mempunyai pengunjung yang banyak, sebaiknya anda memilih menggunakan paket premium.

  1. Optimalkan homepage

Tahukah anda bahwa pada bagian homepage merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada situs anda. Hal ini dikarenakan pengunjung anda akan sangat sering mengakses pada bagian ini. Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah:

  • Hapuslah widget yang tidak dibutuhkan baik di blog atau website anda
  • Mengurangi jumlah postingan di halaman depannya
  • Buat minimalis. Karena pengunjung yang datang untuk konten, bukannya melihat widget.
  1. Menggunakan plugin untuk cache

Sebaiknya, gunakanlah plugin untuk menyimpan cache pada blog atau website yang anda miliki. Anda dapat menggunakan plugin Wp Super Cache atau W3 Total Cache. Dengan menggunakan plugin ini, maka kecepatan blog atau website WordPress anda secara otomatis menjadi lebih cepat. Untuk anda yang tidak menyukai pengaturan plugin yang begitu rumit, sebaiknya anda menggunakan plugin WP-Rocket. Walaupun tidak gratis, namun WP-Rocket memiliki kelebihan yang luar biasa dalam meningkatkan kecepatan WordPress.

Tinggalkan Komentar