Cara Membuat Desain Blog Keren dan Menarik

Dewabiz.com. Membuat Desain Blog, Desain blog merupakan semua hal yang harus dipikirkan untuk kita dalam membuat sebuah blog. Dengan desain inilah kita bisa memberikan sebuah magnet untuk orang-orang mengunjungi blog kita. Bukan hal yang asing lagi, bahwa desain blog ini juga bisa mendatangkan ribuan-ribuan visitor yang akan mengunjungi blog kita, lalu bagaimana cara membuat desain blog keren dan menarik untuk orang lain lihat?

Membuat desain blog yang keren dan menarik bukan semata-mata desain yang penuh dengan warna dan berkilau-kilau sehingga di dalam blog itu penuh dengan pernak-pernik. menurut saya, desain blog yang keren dan menarik merupakan desain yang sederhana namun bisa terlihat elegan dan membuat mata kita termanjakan.

Bagi sebagian orang membuat desain blog ini akan menjadi sebauh tantangan yang luar biasa. pasalnya, mereka berpikir bahwa untuk membuat desain blog yang keren dan menarik butuh keahlian yang spesifik. Namun menurut saya tidak ada salahnya anda atau para pemula pembuat blog bisa meniru cara-cara yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Saya berharap siapun bisa membuat sebuah blog dengan desain yang keren dan menarik dengan hasil karyanya sendiri. Maka dari itu silahkan anda untuk terus mengikuti dan membaca artikel sampai selesai .

Cara Membuat Desain Blog Keren dan Menarik

Ada beberapa tahapan yang harus anda selesaikan untuk membuat desain blog yang keren dan menarik ini. Saya harap saat membaca artikel ini anda bisa mengikuti dan mempraktekannya langsung.

1. Rencanakan Tujuan Desain Blog Anda

Mengapa anda harus membuat tujuan dulu sebelum membuat desain? karena dengan tujuan inilah nanti anda akan membuat sebuah desain yang sudah terkonsep didalam pikiran anda. Silahkan anda untuk membuat sebuah rencana desain blognya dan tentukan tema apa yang akan diberikan saat membuat sebuah desain itu.

Desain ini sangat penting bagi anda untu mengawali sebuah desain blog, karena dengan tujuan yang sudah tertulis atau terpikirkan maka anda akan mudah untuk memilih sebuha warna yang pas untuk website anda, font yang seperti apa, dan header yang bagaimana yang ingin anda terapkan.

Apabila anda membuat sebuah website kesehatan dengan tutorial pasti bedakan desain untuk websitenya? Oleh sebab itu mengapa tujuan membuat desain yang keren dan menarik ini sangat penting dipikirkan terlebih dahulu.

2. Membuat Desain Struktur Blog

Jika anda sudah memikirkan sebuah tujuan untuk desain blog anda, maka langkah kedua anda membuat susunan untuk struktur blog anda. biasanya struktur blog itu terbagi ke 4 bagian.

  • bagian header
  • bagian konten blog
  • bagian sidebar
  • bagian footer

Dari keempat bagain itu, anda bisa memodifikasi untuk di tempatkan dibagian manampun anda inginkan. Memodifikasi bagian-bagian ini akan mempercantik dan memeperindah sebuah blog. Selain itu juga dengan desain yang pas untuk bagian-bagian struktur dasar blog ini akan membuat blog anda lebih rapih dan teratur. Lalu untuk apa kegunaan empat bagian struktur itu?

Pada bagian header biasanya orang-orang mengunakan header ini untuk memberikan informasi sebuah judul pada website anda, keterangan singkat pada blog anda untuk sebuah informasi pada audince, dan navigas-navigasi yang biasanya seperti kategori-kategori tentang konten yang disajikan.

Pada bagian konten blog, yang ini sudah jelas untuk menampilkan konten blog anda, pada bagian ini anda juga bisa menambahkan sebuah koneksi media sosail untuk orang lain membagikan konten anda, informasi penulis, kolom komentara, dan lain sebagaiannya.

Pada bagian sidebar, pada bagian ini biasanya yang di tampilkan adalah tombol subcribe blog, profil-profil, artikel-artikel unggulan, dan artikel terbaru.

Pada bagian footer, dibagian ini merupakan untuk sebuah informasi tentang blog anda, misalnya term of service, privaci polyce, site map, kontak website, dan media sosial atau tombol share.

Nah itulah bagian-bagian dari struktur blog yang harus anda pahami.

3. Buatlah Deskripsi Singkat

Mengapa anda harus membuat deskripsi singkat? supaya pembaca website anda tahu artikel-artikel yang akan disajikan pada blog ini sebelum melanjutkan membaca.

Deskripsi atau keterangan singkat ini sangat penting untuk website anda, guna mengenalkan dari isi konten-konten yang akan disajikan pada target pembacan anda. Apabila anda membuat sebuah website tentang kesahatan, maka buatlah deskripsi singkat tentang kesehatan.

Deskripsi atau keterangan singkat ini juga berupakan bentuk kreativitas anda untuk mendatang pembaca, karena apabila deskripsi singkat ini menjadi sebuah magnet untuk pembaca, diprediksikan website anda akan ramai dikunjungi para pembaca.

Deskripsi atau keterangan singkat ini bisa bisa ditampilkan di halaman judul webiste, bagian konten, dan sebagiannya.

4. Membuat Navigasi

Untuk langkah selanjutnya cobalah anda untuk membuat sebuah navigasi yang mudah dan sederhana. Navigasi yang mudah dan sederhana akan membuat para pembaca website anda bisa mencari informasi yang dibutuhkan lebih cepat.

Misalnya, jika website anda tentang kesehatan, cobalah untuk membuat sebuah navigasi tentang penyakit-penyakit. Maka saat orang lain ingin sebuah informasi tentang penyakit dalam mereka mudah mencari tombol mana yang harus mereka klik. Jadi pentingnya navigasi ini adalah untuk kemudahan pembaca dalam mencari sebuah informasi, mereka hanya tinggal mengklik bagian tombol yang sudah disediakan.

Apabila anda masih belum mengerti, intinya navigasi ini untuk membuat sebauh tombol menu-menu yang disediakan untuk para pembaca agar mereka bisa membaca dari halaman ini ke halaman yang lain.

Desain blog atau website yang keren salah satu adalah mereka mempunyai sebuah navigasi yang sederhana dan mudah ditemukan oleh para pembaca, bukan navigasi yang ribet sekalipun terlihat elegan.

5. Jangan Memakai Slider Pada Blog Anda

Dalam sebuah penelitian, bahwa orang yang ingin membaca konten pada bagian slider ini 1 satu dari 100 orang. Jadi konten yang disediakan pada slider ini kemungkina besar hanya 1 persen saja mereka yang ingin baca. Maka apabila anda rencana anda untuk membuat sebuah slider coba urungkan saja niatmu itu. Jangan sampai anda mengorbakan 198 pengunjung hanya untuk 2 orang saja.

Memang saat membuat slider pada blog anda itu telihat bagus, namun jelek untuk para pembaca konten anda. Selian itu juga, slider ini bisa berefek buruk pada SEO blog anda, karena biasanya apabila anda menggunakan slider pada blog anda efek loading lama itu terasa. Dan inilah yang menyebakan tidak baik untuk SEO anda.

6. Buat Ruang Kosong Pada Blog Anda
7. Tambahkan Media Sosial Untuk Di Tampilkan
8. Dalam Membuat Konten Gunakan Subheading

Subheading ini untuk membuat sebuah daftar isi konten agar konten itu terlihat teratur dan struktural

9. Jangan Lupa Tambahkan Gambar

Tambahkan gambar dalam setiap postingan kontenmu, dan sebaiknya gunakan gambar yang copyright.

10. Beri Warna Untuk Link
11. Maksimal 3 Font dan Warna
12. Pakai Background Gelap
13. Mobile Friendly dan Jaga Konsisten Dalam Membangun Blog

Demikianlah cara membuat desain blog keren dan menarik, selamat untuk mencoba.