Cara Membuat Blog Dengan Domain Sendiri

Dewabiz.com – Blog merupakan sebuah halaman-halaman yang memberikan informasi dengan sajian artikel, foto-foto, dan video. Blog atau Blogger pada zaman ini sudah menjadi tren tersendiri, setiap orang-orang yang terkenal atau perusahaan-perusahaan hampir semuanya sudah mempunyai blog sendiri dengan domain yang mereka miliki.

Blog selain itu juga, sudah menjadi sebuah industri yang besar didunia ini. Banyak sekali orang-orang yang sudah tercukupi kebutuhan sehari-hari hanya dari blog saja. Maka keberadaan blog ini merupakan suatu anugrah yang patut kita syukuri. Karena selain untuk membuat sebuah informasi, menaikkan brand, tapi bisa untuk memberikan sebuah mata pencaharian dengan media iklan yang dipasang diblog tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat blog dengan domain kita sendiri. Apakah anda sudah tau dengan namanya domain ? Seperti yang sudah saya bahas pada artikel yang lalu, bahwa domain ini merupakan sebuah alamat pada URL dibagian browser. Bisa diibaratkan bahwa domain ini merupakan alamat rumah anda.

Untuk selanjutnya mari kita simak pembahasan tentang membuat blog dengan domain sendiri.

Panduan Membuat Blog Dengan Domain Sendiri

Nah dibagian kita akan membahas cara membuat blog dengan domain kita sendiri. Saya akan memberikan panduan mulai dari persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi serta langkah-langkah yang perlua anda lakukan untuk blogspot.

Pertama kita akan membahas mulai dari Blogspot/Blogger

Membuat sebuah bagi sebagian orang mungkin akan merasa ribet dan rumir. Apalagi bagi anda yang memang baru mengenal dengan yang namanya blogspot. Dan kebanyak orang beranggapan bahwa membuat sebuah website dengan blogspot atau pun yang lain akan terasa sulit, padahal dirinya juga belum pernah mencobanya.

Maka pada kesempatan ini bagi anda yang masih bingung cara membuat blogspot mulainya dari mana, semoga panduan ini bisa membantu anda lebih paham tentang membuat blogspot

  • Persyaratan-persyaratan

Saat anda memutuskan untuk membuat sebuah blog. Maka anda akan dihadapkan dengan sebuah persyaratan yang memang harus anda punya dan penuhi, Adapun persyaratan untuk membuat sebuah blogspot diantaranya adalah sebagai berikut ini!

– Anda harus mempunyai domain yang aktif. Dan apabila anda tidak mempunyai domain dan belum paham dengan cara membelinya silahkan anda untuk menghubungi CS dewabiz.com. Dewabiz.com sebagai layanan hosting dan domain murah akan menjadi sebuah pilihan tepat untuk menjadi partner dalam membuat sebuah blogspot dengan domain sendiri.

Domain yang aktif ini akan digunakan untuk menyambungkan domain dengan blogspot. Karen hanya dengan domain yang akti blogspot bisa dihubungkan untuk membuat domain sendiri

– Mempunyai akses ke member domain. Untuk mendapatkan sebuah akses member domain ini anda harus membeli domainnya dulu baru bisa menjalankan persyaratan kedua.

Kegunaan dari member akses domain ini adalah untun anda nanti mengganti nameserver dan DNS.

– Pastikan anda mempunyai gmail yang aktif. Gmail ini sangat penting bagi anda yang ingin membuat sebuah blog. Karena apabila anda tidak mempunyai gmail maka anda juga tidak akan mendapatkan blog/blogspot.

Catatan : persyaratan ini bagi mereka yang ingin membuat blogspot dengan custom domain sendiri

  • Langakh-langkah custom domain sendiri pada blogspot

Langkah-langkah ini tidaklah mudah dan tidaklah sulit. Namun anda hanya perlu memahaminya dengan penuh ketelitian. Langkah-langkah dibawah ini akan memberikan panduan tentang membuat blogspot dan memasukan CNAME pada DNS dilayanan hosting yang anda pilih.

Cara Membuat Blogspot

Pertama masuk dan tulis di mesin pencarian blogspot atau blogger nanti akan muncul dihalaman teratas. Setelah anda menemukan sebuah website blogger maka langkah selanjtutnya anda klik Create Your Blog. Setelah itu biasanya anda akan diarah kan ke akun gmail untuk memasukan alamat gmail dan password. Maka setelah anda login dan masuk ke blogger, anda akan dituntut untuk membuah sebuah yang mempunyai dua pilihan

– Create a Google+ Profile

– Create a limited Blogger Profile

Create a Google+ Profile ini merupakana akan membuat sebuah profil untuk google+. Sedangkan dengan Create a limited Blogger Profile anda akan membuat profil dengan berbeda.

Setalah anda memilih opsi diatas maka selanjutnya masukan data-data yang seharusnya dimasukan serta merasa ini penting dimasukan. Kemudian semua telah diisi dan rapih jangan lupa anda untuk klik tombol SAVE dan CONTINUE TO BLOGGER.

Maka setelah semua itu telah anda lewati dengan benar dan mengisi data-data dengan yang dibutuhkan, anda akan memasuki halama dashbord blogger dan menuntut anda untuk membuat sebuah situs web atau website baru. anda hanya tinggal klik tombol CREATE NEW biasaan dibagian bawah.

Dan setelah itu anda ada ditahap kedua untuk membuat sebuah situs web dengan blogspot.

Dibagian halaman ini anda akan membuat situs web atau website yang mana anda harus mengisi 2 kolom dan satu thema atau template.

Kolom pertama merupakan judul untuk nama situs web anda. Nama judul ini akan muncul pada bagian depan website anda, jadi untuk judul ini anda harus pikiran dulu sebelum membuat website.

Kolom kedua masuakan alamat URL anda yang sekira cocok dan pas sebagai alamat website anda. Untuk halaman ini hanya akan dipakai sementara untuk sebuah langkah yang harus dilakukan, karena ini menggunakan  ekstensi blogspot com. Dan kita akan menggantikannya dengan domain pilihan kita sendiri.

Setelah itu anda harus memilih sebuah thema atau template yang disediakan oleh blogger secara gratis. Theme ini mempunyai banyak pilihan yang bisa anda gunakan dengan menyesuaikan kebutuhan dan selera anda.

Mengganti alamat URL blogspot dengan DOMAIN SENDIRI

Langkah pertama anda masuk ke halaman dashboard di blogspot. Lalu masuk ke pengaturan dan cari teks + Set up a third-party URL for your blog dan klik. Dan setelah itu anda akan diminta untuk memasukan nama domain yang telah dibeli dari layanan hosting pilihan anda klik tombol. Disana biasanya anda akan mendapatkan sebuah error, namun abaikan saja dan catat CNAME yang ada.

Example CNAME sebagai berikut.

CNAME 1: www ghs.google.com
CNAME 2: 5jxzkzdmlt2y gv-oin2wzg2exkyqp.dv.googlehosted.com

Catat dan simpan CNAME ini untuk dimasukan pada manajemen DNS Domain nantinya. ‘

Terapkan CNAME Blogspot ke Manajemen DNS

Untuk memasukan CNAME anda yang telah diberikan oleh blogspot anda harus masuk ke member area domain yang sudah anda beli dari layanan hosting.

Di member area anda masuk ke pengaturan domain lalu klik tombol navigasi nameserver dan setelah itu pilih default nameserver untuk custom manajemen DNS lalu klik tombol Update.

Anda akan masuk ke DNS manajemen kemudian custom blogspot dan masuka CNAME tadi. Setalah selesai memasukan CNAME jangan lupa klik Save Change

Simpan Konfigurasi

Setelah melakukan langkah diatas biasanya halaman dan akan 404 error. Maka anda harus masuk ke dashboard blogspot kemudian ke pengaturan dan centang Redirect dibawah.

Itulah cara membuat blog dengan domain sendiri.

 

 

 

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

1 komentar untuk “Cara Membuat Blog Dengan Domain Sendiri”

Tinggalkan Komentar