fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

General

Mengenal Apa Itu Forever.js dan Manfaatnya

Yodik Prastya

Sebagai developer, tentunya Anda menginginkan agar script yang sudah disusun dapat terus dijalankan pada aplikasi atau website berbasis Node.js selama 24 jam. Dan untuk memastikan hal tersebut, Anda perlu menggunakan tool untuk memudahkan perkerjaan ini, salah satunya menggunakan Forever.js. Lantas apa itu Forever.js?

Apa Itu Forever.js

Forever.js adalah tool berbasis Command Line Interface (CLI) sederhana yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk project platform Node.js. Tool ini bersifat open-source dan bisa diunduh secara gratis di platform github. Tool ini dibuat untuk menekan downtime mendadak pada project platfotm Node.js.

Forever.js bisa dikatakan sebagai bagian dari paket Node Package Manager (NPM) sehingga kemudian juga dikenal sebagai Forever NPM. Bahkan, ia termasuk salah satu yang perkembangannya paling menjanjikan. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 50 versi Forever.js dimana versi terbaru adalah Forever 4.0.3 rilisan Januari 2022.

Instalasi dan penggunaan tool ini pun tak jauh berbeda dengan paket NPM yang lain. Pengembang bisa menggunakan aplikasi terminal untuk mengelola script Node.js melalui Forever.js ini.

Cara menggunakan forever.js bisa dikatakan sederhana saja, yaitu:

  1. Akses server atau hosting melalui koneksi SSH
  2. Selanjutnya, buka direktori atau folder dimana Anda menyimpan aplikasi atau script Node.js. Untuk berpindah direktori, Anda bisa menuliskan command yang sesuai.
  3. Ketik: cd folder script Node.js.
  4. Lanjutkan dengan mendownload Forever.js dengan cara mengetikkan: npm install forever
  5. Proses instal Forever.js berjalan dan tunggu sampai selesai
  6. Pastikan Anda berada pada folder/ direktori script (aplikasi) Node.js sebelum melanjutkan tahap berikutnya
  7. Jalankan Forever.js dengan cara mengetik command: ./node_modules/forever/bin/forever start hello.js

Manfaat Forever.js Untuk Project Node.js

Nah, apabila Anda memiliki project platform Node.js, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dari menggunakan Forever.js ini, yaitu:

1. Pengelolaan Script Node.js yang Lebih Mudah

Jelas, bahwa kegunaan utama dari Forever.js adalah untuk kebutuhan mengelola script Node.js yang lebih mudah. Selain itu, tool ini juga bisa memudahkan pengelolaan script framework JavaScript lainnya, selama masih menggunakan environment Node.js, misalnya Express.js atau React.js.

Pengelolaan menjadi lebih mudah karena cara kerja yang mirip dengan Windows Task Manager dimana Anda bisa menjalankan, menghentikan hingga menjalankan ulang program.

2. Project Node.js yang Terus Aktif

Selain pengelolaan yang jadi lebih mudah, Forever.js juga dibuat dengan tujuan untuk memastikan bahwa project Node.js bisa terus aktif di background. Selama project tersebut sudah didaftarkan, maka ia akan berjalan terus-menerus.

Uptime ini juga tidak akan terganggu meskipun Anda sedang mengedit script, menambah fitur atau modifikasi lainnya. Project hanya berhenti apabila Anda memasukkan perintah berhenti.

3. Menekan Terjadinya Downtime Project

Forever.js juga melindungi project dari potensi downtime yang seringkali terjadi secara tiba-tiba. Ya, project yang sudah online atau sudah berjalan, bisa saja menyimpan error yang kemudian memicu downtime.

Forever NPM memiliki kemampuan untuk menghidupkan ulang saat project mengalami error dan down. Dengan demikian, hal ini ikut memastikan bahwa pengunjung atau pengguna tidak akan kecewa.

Kesimpulan

Jadi, apa itu Forever.js bisa dijelaskan sebagai tool yang memungkinkan project berbasis Node.js dapat dikelola dengan lebih mudah. Selain itu, tool ini juga membuat layanan dalam website maupun aplikasi bisa terus aktif meskipun terjadi error sehingga menekan kekecewaan pengguna.

Namun demikian, pengembang juga harus memastikan bahwa servis Forever.js tersebut dieksekusi dengan tepat agar kinerjanya sesuai harapan.

Baca Juga