Pengetahuan

5 Kesalahan Fatal SEO Untuk Toko Online

Dewabiz
February 24, 2019
5 Kesalahan Fatal SEO Untuk Toko Online
5 Kesalahan Fatal SEO Untuk Toko Online

Sudah hal umum bagi pebisnis online sering berpikir bahwa hanya dengan mendaftarkan ratusan atau bahkan ribuan produk di situs web e-commerce mereka, lalu lintas mesin pencari akan mulai bergulir.Namun hal itu ternyata itu jauh dari kenyataan.

Fakta yang menyedihkan adalah, mengoptimalkan situs web e-commerce untuk SEO (Search Engine Optimization) jauh lebih sulit daripada untuk blog atau situs web perusahaan dengan halaman sederhana. Dengan memiliki banyak halaman produk yang terus-menerus bergerak yang mendapatkan lalu lintas masuk pada situs, banyak masalah muncul yang membuat SEO sangat sulit untuk situs web e-commerce.

Hari ini kita akan dibahas di kesalahan SEO yang umum untuk toko online dan situs web e-commerce.

1. Kurangnya Deskripsi Produk

Dari pengalaman saya, kesalahan ini biasanya dilakukan oleh toko suvenir online (dalam artian luas) dan toko pakaian online. Sayangnya, ketiadaan deskripsi teks dari produk tersebut secara virtual mengakhiri peluang halaman berada di 10 teratas permintaan mesin pencari, bahkan dalam kasus kueri frekuensi juga rendah. Jadi pastikan untuk menambahkan deskripsi ke item; jangan bunuh peluang halaman Anda dengan tidak mengisinya.

image by neilpatel.com

Misalnya, sepatu bot ini. Tidak ada yang istimewa, hanya sepatu bot. Tentu saja, gambar berbicara ribuan kata, tetapi mesin pencari tidak dapat melihat gambar. Jadi pastikan untuk menambahkan deskripsi produk.

Cara terbaik untuk mengukur seberapa banyak konten unik yang Anda butuhkan adalah mengukur jumlah kata default dari halaman produk kosong. Hitung semua kata yang digunakan dalam navigasi Anda, sidebar, footer dan teks apa pun yang ada pada halaman produk kosong. Pastikan teksAnda unik, melebihi jumlah kata “default” itu agar memiliki bobot lebih besar pada konten yang unik .

Jelas konten yang lebih unik yang Anda tulis untuk deskripsi produk Anda akan selalu lebih baik untuk upaya SEO Anda. Namun, ingatlah hal-hal berikut:

  • Hanya tulisan konten deskriptif berkualitas yang membantu pelanggan Anda membuat keputusan untuk pembelian.
  • Jangan menyalin konten dari situs web lain. Mesin pencari akan menghukum Anda karena melakukan ini.
  • Anda mungkin ingin menguji deskripsi jumlah kata yang membantu dengan konversi pembelian.

2. Menggunakan Deskripsi Produk dari Produsen

Jika Anda ingin diblokir oleh mesin pencari,cukup Anda tambahkan deskripsi dari pabrikan. Tindakan ini dapat menjamin situs Anda akan diblokir dari mesin pencari.

Masalahnya adalah bahwa deskripsi ini didistribusikan ke banyak toko online. Dan kebanyakan dari mereka meninggalkan teks dalam bentuk aslinya. Semua ini mengarah ke sejumlah halaman dengan konten dan filter yang tidak unik dari Google. Apabila membuat ini akan menjadi kesalahan yang lebih buruk, deskripsi pabrikan ini biasanya tidak ditulis dengan cara yang menjual .

Aturannya di sini adalah: selalu buat konten unik . Google telah menjadi lebih baik dan lebih baik dalam menurunkan peringkat situs web karena duplikat konten dan pengikisan konten.

Sekarang membuat konten unik untuk ribuan produk atau inventaris yang sangat beragam dapat menjadi tugas yang menakutkan. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meletakkan tag meta TANPA INDEKS pada halaman produk yang Anda tidak dapat menulis konten unik .

Jika Anda memiliki ribuan halaman produk yang tidak dapat Anda peroleh, atau akan keluar inventaris Anda dalam hitungan hari, maka tentu saja ini pertimbangkan untuk tidak menggunakannya di mesin pencari. Intinya di sini adalah Anda tidak ingin memiliki ribuan halaman tanpa konten unik dibandingkan dengan hanya beberapa yang melakukannya. Apa yang dilakukannya adalah membuat situs web Anda terlihat seperti telah secara otomatis menghasilkan ribuan halaman web sederhana untuk mencoba mendapatkan traffic SEO. Persis seperti itulah yang Anda inginkan.

Ini jauh lebih baik untuk menjaga SEO Anda dalam performa yang baik daripada membiarkannya menderita dari halaman produk yang dioptimalkan dengan buruk atau strategi konten yang terlihat seperti spam.

3. Kurangnya Ulasan Produk

Kurang lebih 70% para pembeli biasanya mencari ulasan produk di toko atau forum online sebelum melakukan pembelian. Ini berarti bahwa jika situs web Anda tidak memiliki ulasan seperti itu, Anda akan kehilangan persentase pemirsa yang sangat besar. Selain itu, lebih mudah bagi anda yang memiliki halaman ulasan untuk mencapai bagian atas hasil pencarian daripada menjual halaman.

Hal yang harus diperhatikan tentang ulasan produk dari pelanggan adalah: Mereka membuat konten unik untuk toko online Anda dan gratis! Kami telah berbicara tentang semua masalah yang terjadi karena tidak memiliki konten yang unik dan betapa sulitnya membuatnya. Dengan ulasan produk menyelesaikan masalah tersebut!

Itu membuat halaman produk “hidup”, yang dapat membantu membawa mesin pencari kembali lebih sering. Setiap kali Anda dapat memperbarui situs Anda lebih sering, semakin baik untuk keseluruhan upaya SEO Anda.

4. Tidak Mengoptimalkan Halaman Produk Berdasarkan Permintaan Pencarian

Pastikan untuk mempertimbangkan permintaan dan kata kunci pencarian yang diketikkan orang ke mesin pencari saat Anda menulis berita utama, halaman judul, dan deskripsi produk. Jika tidak, Anda dapat menciptakan situasi di mana Anda mempromosikan sesuatu yang tidak dicari orang. Ini adalah kesalahan umum toko-toko dengan sejumlah besar barang yang berbeda.

Misalnya, Anda dapat membuat halaman tanpa sengaja yang memiliki tag judul, judul H1, dan informasi tag alt gambar yang dioptimalkan untuk frasa kata kunci.

Dengan itu, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengoptimalkan halaman produk tersebut dengan lebih baik:

  • Gunakan nomor model dalam tag judul dan judul H1 Anda.
  • Gunakan nama merek di tag judul dan pos H1 Anda.
  • Jangan lupa untuk mengisi informasi tag alt gambar Anda!
  • Jangan mengisi kata kunci halaman dengan frase kata kunci dengan mengulanginya berulang-ulang.
  • Dan jangan pernah, menggunakan iframe untuk menampilkan konten. Pastikan konten Anda benar-benar ada di halaman produk yang dimaksudkan.

5. Judul Tidak Unik

Masalah lain dari toko online sebagian besar adalah tag judul duplikat. Perhatikan keunikan mereka dan cobalah untuk menghindari nilai-nilai yang identik. Ini adalah ilmu dasar studi SEO, tetapi ketika kita berbicara tentang belanja online, untuk beberapa alasan, banyak yang berhenti memperhatikan aturan sederhana ini.

Sulit untuk membuat tag judul unik ketika Anda menjual banyak barang dari merek yang sama, atau barang serupa dari banyak merek. Anda pasti akan mengulangi kata kunci yang sama berulang-ulang. Mesin pencari mengetahui kejadian ini, dan karena itu Anda harus fokus membuat frasa kunci yang unik .

Banyak pembeli online mencari frasa kunci yang bertentangan dengan satu kata kunci. Formula yang cenderung berfungsi dengan baik adalah resep tag judul “brand-model“:

Misalnya tag judul Anda harus disusun dengan cara ini: Merek – Model – Jenis Barang

Beberapa contoh kehidupan nyata dapat berupa: “Honda Accord Sports Coupe” atau “Burton Aftermath Snowboard 2013”

Tip penting untuk menentukan kata kunci yang tepat adalah mensurvei pelanggan Anda untuk melihat bahasa apa yang mereka gunakan ketika mereka berbicara tentang produk yang Anda jual. Struktur tempat mereka mengutarakan produk Anda akan memberi tahu Anda bagaimana mereka akan mencari.

Bagikan Artikel Ini