SEO Kunci Bisnis Online

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Well, sudah banyak artikel yang bertebaran di dunia maya membahas tentang SEO. Tetapi masih banyak pula yang justru semakin bingung. Semoga artikel ini memberikan pencerahan bagi Anda untuk lebih mengenal SEO dengan baik.

Search Engine Optimization jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka berarti “pengoptimalan mesin pencari”. Mesin pencari yang dimaksud disini yakni mesin pencari di dunia maya, seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya. Sedangkan maksud dari “pengoptimalan” yakni penambahan tingkat keterlihatan suatu halaman website di mesin pencari. Fungsi SEO adalah meningkatkan atau menjadikan halaman website Anda pada urutan teratas di mesin pencari dibandingkan dengan halaman website lainnya dengan tema yang sama.

Jika Anda memanfaatkan dengan baik SEO, maka bisa jadi halaman website Anda terletak pada urutan pertama dengan kata kunci tertentu. Jika tidak pada urutan pertama, setidaknya situs web Anda terdapat di halaman pertama hasil pencarian. Sebagai contoh Anda memiliki halaman website untuk bisnis sepatu murah dengan harga maksimal Rp 250 ribu. Maka kata kunci yang dimaksud bisa “toko online sepatu kulit murah di bawah 250K” atau “harga sepatu kulit dibawah 250K”.  Saat Anda mengetikkan kata kunci di mesin pencari, tentu akan ditampilkan hasilnya oleh mesin pencari. Yakni puluhan bahkan ratusan situs web penjual sepatu kulit murah.

Halaman Anda akan menjadi urutan pertama atau berada di halaman pertama, maka usaha SEO Anda berhasil. Jadi SEO merupakan kunci dari lancarnya bisnis online di dunia maya. SEO menjadi hal penting yang tak bisa dianggap remeh.  Lalu bagaimanakah cara agar SEO membuat bisnis online Anda lancar?

Tidak ada hal yang instan di dunia ini. Begitu pula dengan proses SEO. Kunci utama SEO ada pada kata kunci atau keyword. Pertama yakni Anda harus bisa menentukan kata kunci yang paling sering diketikkan oleh konsumen atau pengunjung internet. Jika Anda berbisnis sepatu  kulit murah, maka kata kunci yang sering digunakan contohnya “sepatu kulit murah”. Maka, Anda harus mengisi halaman website Anda dengan artikel yang mengandung kata kunci “sepatu kulit murah” pada paragraf pertama. Karena, kerja mesin pencari online yakni mendeteksi kata kunci pada paragraf pertama. Jika kata kunci tersebut Anda tuliskan pada paragraf kedua, maka ini akan semakin mempersulit munculnya situs web Anda pada hasil pencarian teratas.

Terkait penulisan artikel SEO Anda tak perlu galau. Jika Anda tidak memiliki kemampuan di bidang kepenulisan, Anda dapat memanfaatkan jasa penulis artikel SEO untuk mendukung kemajuan bisnis Anda. Demikian penjelasan tentang definisi SEO dan cara kerjanya. Jadi jika Anda ditanya  tentang SEO sekali lagi, tentu sudah paham kan?

Tinggalkan Komentar