domain dewabiz

Rahasia Dalam Memilih Nama Domain Website Komersial

Sebagaimana kita ketahui bahwa domain adalah sebuah akses atau jalan yang kita gunakan untuk memasuki sebuah website yang akan kita tuju. Domain dapat kita dapatkan melalui salah satu penyedia layanan pembelian domain atau bisa didapatkan juga langsung di beberapa platform membuat website baik yang berbasis CMS maupun Website Builder. Lalu seberapa penting sebuah domain itu harus tersedia di website kita, adalah pertanyaan yang sering kita dengar. Setiap domain memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan akhiran dari domain tersebut. Jadi setiap domain website akan memiliki harga yang berbeda-beda, terlebih lagi bila disediakan oleh layanan lokal.

Pentingnya Pemilihan Nama Domain Untuk Masa Depan Website

Bahkan beberapa penyedia layanan pembelian domain lokal, mengharuskan persyaratan-persyaratan untuk bisa mendapatkan domain tersebut. Jadi bisa dikatakan membeli domain luar negeri lebih gampang daripada memberi domain milik lokal. Harganya pun juga bersaing bila digunakan untuk urusan bisnis. Tetapi akan lebih murah bila domain itu digunakan untuk sebuah instansi pemerintahan, serta persyaratannyapun akan lebih kompleks.

Tentunya bagi seorang pengusaha yang akan terjun di dunia bisnis website ini, domain bisa dikatakan adalah sebuah brand yang harus kita tumbuhkan dan kembangkan. Dan beberapa sikap bisnis yang jelas adalah tidak mau repot dengan urusan-urusan persyaratan. Hal ini yang menyebabkan domain luar lebih ramai di Bali dibandingkan domain lokal di Indonesia. Menjaga sebuah keren dibutuhkan banyak pengorbanan. Apalagi pada saat kita akan membangun brand itu sendiri juga, akan dibutuhkan banyak perjuangan.

Begitu pula nama domain yang kita gunakan bisa dikatakan adalah sebuah brand milik website kita. Namun yang menjadi salah satu perhatian adalah, apabila kita lupa untuk memperpanjang domain kita dan mencapai kedaluarsa akan menyebabkan domain kita bisa diambil alih oleh orang lain. Yang tentunya akan menjadi sebuah kerugian bagi website yang telah kita bangun sejak lama. Domain bisa dikatakan adalah jalan menuju sebuah rumah, tetapi jalan tersebut bersifat bongkar pasang. Dan ketika kita tidak membayar akses tersebut akan hilang serta menyebabkan website kita akan banyak pengeluarannya daripada pendapatannya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa rahasia yang bisa digunakan untuk memilih domain agar mendatangkan banyak pengunjung bagi website anda. Tentunya pengunjung yang tanya ini akan menjadi sebuah proposal pengajuan kepada pengiklan agar memasangkan iklannya di website anda. Dan juga bisa sebagai sebuah brand untuk anda ajukan kepada calon pengiklan melalui direct langsung. Dari beberapa sisi tersebut kita sudah mengetahui seberapa pentingnya tentang domain yang kita miliki. Untuk itu kita mulai pembahasannya di bawah ini :

Memilih Domain Website Sesuai Dengan Konten Website

Menggunakan domain sebagai kekuatan trend untuk mengidentifikasikan apa isi dari website anda merupakan strategi yang banyak dilakukan oleh orang lain. Tetapi juga banyak orang yang Bahkan mengabaikan hal seperti ini dan justru mampu menciptakan brandnya sendiri menjadi sangat kuat. Intinya adalah tergantung dengan strategi apa yang akan anda gunakan untuk memasarkan website anda. Tanpa memiliki perencanaan marketing yang jelas, website anda akan sia-sia walaupun memiliki nama domain yang mudah diingat bahkan cukup bagus. Untuk itu terdapat dua cara yang dapat anda gunakan untuk memilih nama domain yang sesuai dengan konten anda.

Yang pertama adalah sesuai dengan isi dari konten anda. Yang dimaksud disini adalah, ketika konten anda berisi mengenai teknologi maka domain yang anda gunakan harus juga mengandung kata teknologi. Contoh diatas mengingatkan kita agar bisa menjadikan website kita mudah diingat oleh pengunjung sebelumnya. Dengan keterkaitan antara konten dan brand akan mengurangi risiko pengunjung merupakan domain kita. Akan tetapi, pada ide ini karakteristik dari sebuah website akan menjadi sangat kuat.

Walau memang banyak orang menggunakan cara ini sebagai salah satu cara mencari nama untuk domainnya tetapi masih ada salah satu cara lain yang akhir-akhir ini serta terbukti mampu meningkatkan kualitas dari domain atau brand milik website tersebut. Yaitu yang kedua, memilih nama domain yang tidak sesuai dengan isi konten. Banyak beberapa website yang domain dan kontennya tidak ada sangkut pautnya. Tetapi pada dasarnya menggunakan kekuatan marketing promosi di sosial media menjadi kekuatan utama untuk mendatangkan pengunjung di websitenya. Biasanya juga diiringi dengan slogan yang mendeskripsikan mengenai website perusahaan tersebut. Cara ini mengingatkan kita kepada salah satu cara mendapatkan konsumen pada dunia marketing dengan meningkatkan kualitas brand dengan dana besar-besaran. Nyatanya, cara memilih nama domain ini juga banyak digunakan oleh beberapa website website sukses di Indonesia.

Nama Domain Ini Merupakan Brand Yang Akan Anda Kembangkan

Anda harus menyadari satu hal terkait dengan pemilihan nama domain. Yaitu, domain yang digunakan adalah sebuah kata yang akan diingat oleh para pengunjung situs anda. Kata ini bisa kita katakan dengan nama lain merek atau brand. Seperti halnya saat kita akan membeli sebuah produk di dunia nyata pada bisnis konvensional. Nama domain kita akan menjadi sebuah brand yang turut kita beli isi dari kontennya di dunia maya.

Dan untuk meningkatkan kualitas dari brand kita sendiri, dibutuhkan keahlian dan kerja keras. Sebuah brand kita bangun bisa membutuhkan banyak waktu dan masa yang panjang, namun Hancurnya sebuah brand dapat terjadi secara Sekejap serta terus menerus. Maka dari itu dibutuhkan usaha untuk menjaga kelestarian dari brand tersebut. Brand tersebut juga di pengaruhi oleh kualitas dari produk yang dihasilkan. Kalau di dunia website adalah konten yang disajikan dalam website tersebut.

Kualitas konten yang sesuai dengan segmentasi pasar yang disasar oleh pemilik website tersebut. Sebagai contoh adalah apabila pasar segmentasi kita adalah anak muda atau remaja, akan tidak pas bila bahasa penulisan di yang digunakan cukup berat dan memerlukan pemahaman yang banyak bagi pembaca. Sehingga berbicara mengenai pasar, hal ini tergantung dari bagaimana produk anda diminati dan di mana anda melakukan marketing promosi. Jadi dapat dikatakan semua jenis konten memiliki pasarnya masing-masing, selama konten tersebut memiliki fungsi informatif, edukatif dan entertainment tidak ada istilah mengenai konten yang gagal.

Gunakan Domain Berakhiran .com, .org, dan .net

Yang terakhir adalah gunakan nama domain yang berakhiran dotcom, dotorg, dan dotnet. Hal ini dikarenakan banyak orang yang lebih merasa domain dengan akhiran ini memiliki kredibilitas lebih tinggi. Karena memang merupakan nama-nama domain yang dinilai sudah cukup lama di dunia maya. Maka dari itu penting sekali untuk mempertimbangkan jenis website Apa yang sedang anda bangun, selalu mempertimbangkan bagaimana nama domain anda serta konten yang akan anda sajikan. Semua itu harus anda rencanakan matang-matang memulai bisnis di dunia website, karena persaingan bisnis di dunia website sangatlah ketat. Walau memang banyak orang yang mengakses website setiap harinya, tetapi domain yang memiliki nama yang sama juga sangat banyak. Sebagaimana kita ketahui, domain domain yang memiliki nama mirip dengan kita adalah seorang kompetitor di bisnis ini.

Yang jelas kekuatan inti Anda adalah pada konten untuk menciptakan kualitas domain yang baik. Karena untuk menumbuhkan sebuah nama atau merek domain ini dibutuhkan banyak perjuangan di segala sektor. Serta dibutuhkan strategi yang tepat agar bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya. Dan salah satu cara untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dimana memiliki domain yang bagus.

Itu dia beberapa cara rahasia yang digunakan untuk mencari nama domain website yang sesuai bagi anda. Tentunya bagaimanapun nama domain anda, anda memiliki kewajiban untuk melakukan perencanaan yang tepat agar website komersial anda dapat meraup keuntungan dari banyaknya pengunjung di website anda setiap hari. Dengan begitu dibutuhkan konten dan marketing promosi sebagai penyangga kekuatan nama domain anda.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

Tinggalkan Komentar