Pengertian Web Hosting Beserta Jenis-jenisnya

Pengertian Hosting Beserta Jenis-jenisnya – tak bisa dibendung lagi, bahwa kemajuan teknologi dan informasi sekarang sudah semakin cepat, banyak sekali perputaran dari segala bidang yang perlu kita ketahui, internet membuat kita harus berpikir kreatif untuk menyeimbangi kemajuan zaman saat ini. Mulai dari perdagangan, booking hotel, dan pesan angkutan umum pun sudah pakai internet.

Jadi apabila kita mempunyai suatu produk atau jasa apabila tidak dengan promosi melalui internet dan masih melakukan dengan metode tradisional maka kita harus siap ketinggalan dan kalah saing dengan produk orang lain.

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa melakukan promosi melalui internet dan dilihatnya lebih profesional? Kita bisa memanfaatkan media sosial yang atau membuat halaman website sendiri. Bagi yang awam dan belum ada pengetahuan sama sekali dengan cara membuat website, maka kita harus mengerti dulu apa saja perangkat yang diperlukan untuk membuat halaman website ?
Nah, di artikel kali ini saya akan membahas tentang hosting beserta jenis-jenisnya, berikut daftar isi yang akan kami sajikan :

  1. Hosting
  2. Domain
  3. Pengertian Hosting
  4. Jenis-jenis hosting
  5. Cara membeli hosting

Pengertian Web Hosting

Bagi orang-orang praktisi internet marketing dan blogger tidak asing lagi dengan yang namanya hosting, karena hosting merupakan suatu produk yang sangat penting bagi website mereka.

jadi hosting merupakan suatu tempat untuk menyimpan data diinternet yang akan menjalankan websitenya atau suatu layanan yang akan menyimpan sumber daya server-server yang disewakan oleh suatu organisasi atau perorangan dengan menjalankan informasi di internet beruap HTTP, FTP, EMAIL, dan DNS. Atau apabila tidak paham bisa baca lagi di wikipedia.

Hosting disini bisa di gambarkan suatu bangunan yang disewa oleh kita dengan ukuran dan ruang penyimpanan suatu petak yang kita sewa. Karena web hosting juga mempunyai ukuran-ukuran ruangannya seperti halnya kita membeli rumah ada ukurannya.

Apa saja jenis-jenis web hosting?

Web hosting mempunyai beragam jenis yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita dalam menyimpan data dan informasi di website yang ingin dikelola, jenis-jenis web hosting ini juga beragam harga sewanya, ada yang murah, sedang, dan mahal. Nah kita harus menentukan dulu web hosting ukuran yang bagaimana yang kita perlukan, kecil, sedang, atau besar untuk menyimpan datanya. Disini ada 5 web hosting yang biasa di sediakan oleh penyedia jasa web host diantaranya adalah

  1. Shared Hosting
  2. VPS ( Virtual Private Server ) Hosting
  3. Cloud Hosting
  4. Dedicated Server Hosting

Nah itu dia jenis-jenis web hosting yang bisa jasa web host di sewakan, dan mereka biasanya akan menanyakan keperluan websitenya serta kita akan diberikan rekomendasi web hosting sesuai dengan kebutuhan kita.
Bagi kalian ingin tau tentang pengertiang jenis-jenis web hosting di atas simak penjelasannya berikut ini :

  1. Shared Hosting
    Web hosting satu ini merupakan produk yang sering di gunakan bagi blogger pemula atau orang-orang yang memiliki kebutuhan penyimpana data yang sedikit. Kelebihan dari shared hosting ini yaitu :
  • Murah
  • Mudah digunakan bagi pemula sekalipun
  • Control panel yang digunakan mudah
  • Serta Maintenance dan administrasi server dilakukan oleh penyedia hosting
    Namun disisi lain ada kekurangnya dari shared hosting ini, yaitu diantaranya adalah apabila traffic website banyak dari pengguna lain, itu akan mengurangi kinerja webiste kita.
  1. VPS ( Virtual Private Server ) Hosting
    VPS Hosting ini biasanya cocok bagi mereka yang memiliki pengunjung website puluhan ribu setiap harinya karena VPS hosting ini lebih besar sumber dayanya daripada shared hosting, di VPS ini kita leluasa dalam meninstall aplikasi dan menggunakan sumber daya yang tersedia tanpa berbagi kepada orang lain.
  2. Cloud Hosting
    Dengan cloud hosting ini, anda dapat menggunakan sekelompok server, apabila ada cloud yang bermasalah makan cloud anda akan di alihkan kepada cloud lain. Maka pengguna cloud hosting tidak perlu khawatir dengan perfoma kestabilan hostingnya. Dan kabarnya cloud hosting ini lagi populer di kalangan pengguna hosting.
  3. Dedicated Server Hosting
    Dedicated Server Hosting biasanya di gunakan bagi mereka yang ingin ruangan websitenya besar, hosting ini sangat di perlukan dan cocok bagi mereka yang mempunyai traffic pengunjung webistenya puluhan ribu dalam sehari. Dedicated Server Hosting ini hampir mirip dengan shared hosting namun yang membedakan adalah kapasitas menyimpananya yang lebih besar dari shared hosting. Berikut adalah kelebihan dan kekurang dari Dedicated Server Hosting diantarnya yaitu :
    Kelebihan:
  • Akses root ke server
  • Keamanan terjamin
    Kekurangan:
  • Mahal
  • Perlu menguasai pengetahui teknis terkait manajemen server

Itulah pengertian web hosting dan jenis-jenisnya, silahkan anda memilih web hosting sesuai dengan keperluan masing-masing bagi website anda yang ingin dikelola . dalam memilih web hosting bijaklah dengan menyesuaikan dengan keperluan, apabila anda ingin mengolala website pribadi bisa dengan shared hosting terlebih dahulu, apabila kekurang uprage website anda ke dedicated sever hosting atau VPS .

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bisa membantu pengetahuan anda tentang web hosting beserta jenis-jenisnya. Dan jangan lupa untuk membaca artikel tentang domain karena hosting dan domain sangat berhubungan erat.

Kemana Harus Membeli Hosting ?

Penyedia hosting sangatlah banyak di internet, mau yang lokal atau import alias luar negeri hehe. Anda tinggal memilihnya saja mau web hosting yang seperti apa dengan harga yang berapa. Dan pastinya setiap penyedia web hosting akan menawarkan produk terbaiknya serta harga yang terbaiknya sesuai dengan kualitas dan kapasitas dari web hosting tersebut.

Bagi anda yang bingung karena banya sekali penyedia web hosting di indonesia ini juga, kami sarankan untuk membeli hosting dari dewabiz.com . untuk kali ini penyedia web hosting dewabiz.com sedang melakukan promo-promo menarik diawal tahun 2019.

Mengapa kami sarankan membeli web hosting di dewabiz.com? karena disana anda akan di bimbing untuk membuat website anda apabila anda belum bisa. Selain itu juga di dewabiz.com anda akan mempunyai konsultan web yang akan support membuat keluhan anda. Dan pastinya web hosting disana sangatlah terjangkau dari segi harga untuk para pemula untuk membuat website sederhana.

Yuk sobat dewabiz.com, saatnya anda memilih web hosting kami yang akan support membantu anda dalam masalah website serta akan selalu memberikan saran terbaik apabila anda meminta saran pada kami. Untuk melihat produk-produk dewabiz.com silahkan klik ini serta promo domain silahkan lihat ini .

Jangan ragu lagi saatnya anda memilki web hosting untuk melakukan kreatiftas di internet dan mengaktualisasikan hobi anda atau memasarkan produk-produk anda ke pasar yang lebih luar.

Tinggalkan Komentar