domain hosting Dewabiz

Pemahaman Pentingnya Hosting Domain Pada Website Untuk Pemula

Bagi anda yang sudah cukup lama berada di dunia website, dalam hal ini mengenai bagaimana cara membuat sebuah website yang benar. Tentunya anda tidak asing lagi dengan istilah domain dan hosting. Di antara mereka berdua domain lah yang memiliki kepopuleran lebih dahulu. Tapi domain tidak akan jadi apa-apa bila tidak ada hosting. Lalu mana yang lebih penting antara domain dan hosting ?

Bingung Tentang Domain Hosting, Baca Nih Penjelasan Lebih Detail

Kalau kita pikir-pikir website memang dirancang untuk menggunakan kedua istilah tersebut. Bahkan tanpa kedua hal tersebut kemampuan programing yang kita gunakan, ide yang kita terapkan pada konten, dan kemampuan marketing promosi untuk mendatangkan pengunjung tidak akan ada artinya bila kita tidak menghargai pentingnya kedua istilah tersebut. Tanpa kita sadari domain dan hosting adalah hal yang penting dan bisa dikatakan sebagai sebuah fungsi yang tidak bisa dilupakan dari sebuah website. Keduanya memang penting, bahkan harus dipikirkan secara matang-matang ketika akan membuat salah satu dari mereka. Untuk itu ada lebih baiknya mengetahui fungsi dan pemahaman dari website itu sendiri terlebih dahulu.

Website merupakan salah satu bentuk komunikasi di era modern ini. Adalah salah satu dari peralangkahan komputer bermedia komunikasi atau yang sering dikenal dengan Computer-Mediated Communication (CMC). Dalam hal ini penyampaian komunikasi yang di gunakan menggunakan sebuah media dari kemajuan teknologi komputer. Entah itu website, aplikasi, ataupun hal-hal lain sebuah kemajuan komputer di masa depan. Semua hal yang akan digunakan dalam berkomunikasi sebagai bentuk media modern akan dikategorikan kepada Computer-Mediated Communication (CMC). Lalu Apa fungsi dari sebuah website itu?

Website memiliki fungsi sebagai media penghantar untuk menyampaikan hiburan, persuasi, informasi dan edukasi. Sama halnya dengan sebuah komunikasi yang menyampaikan pesan kepada orang lain. Website digunakan sebagai salah satu alat atau media penghantar dari pesan untuk menyampaikan makna komunikasi. Dengan begitu, dibutuhkan keahlian komunikasi dalam mengisi setiap konten yang diberikan atau disampaikan di dalam website tersebut.

Mengapa demikian? Penyampaian pesan harus dilakukan secara bertanggung jawab agar tidak merugikan pihak-pihak yang lainnya. Sebagai bentuk lain yang harus diketahui adalah sebuah pesan harus dapat menjaga keamanan dan pemikiran ideologi penerima pesan. Komunikasi memang suatu hal yang kita lakukan tanpa kita sadari seperti halnya bernafas. Tetapi komunikasi yang kita lakukan akan bisa diartikan dan dimaknai sebagai hal yang lain bila kita tidak berhati-hati.

Setelah kita memahami dan mengerti tentang arti dari sebuah website. Yang merupakan sebuah bisnis komunikasi di era modern saat ini, tentu mempelajari bagaimana cara membuat website adalah hal yang sangat berguna untuk kita. Maka dari itu kita dapat memulai memahami beberapa fungsi dari hal-hal penting yang diperlukan oleh website itu sendiri.

Apa Itu Domain? Seperti Apa Bentuknya?

Untuk orang awam yang belum pernah membuat website atau memiliki pengetahuan tentang cara membuat website. Tentu tidak mengetahui apa itu arti dari domain, pemahaman hosting domain pada website memang sangat penting. Padahal setiap hari kita selalu mengetik domain itu di Smartphone kita maupun laptop kita. Kita sebenarnya sudah mengetahui fungsi dari domain tersebut, tetapi kita tidak kenal bagian mana yang disebut dengan domain. Setiap kita akan mengakses sebuah website, berpindah pada website yang lain, kita membutuhkan cara untuk bisa memasuki website tersebut. Untuk bisa mengunjungi sebuah website diperlukanlah yang dinamai dengan domain.

Jadi domain adalah sebuah alamat dari website yang bertujuan untuk mempermudah pengunjung datang dan memasuki website tersebut. Sebagai contoh adalah semua kalimat yang berakhiran dengan .co, .com, .org, dan .id. Masih banyak domain-domain baru yang terus bermunculan, yang Bahkan kehadirannya tersebut akan bernilai gratis bila kita bisa memberikan feedback yang tepat untuk perusahaan penyandang domain tersebut. Setiap hari kita mengakses sebuah website melalui domain dengan nama-nama unik yang akan membuat kita mengingat website tersebut.

Maka dari itu sebuah domain haruslah mengandung sebuah identitas dari isi website tersebut. Agar dapat mudah diingat oleh pengunjung yang datang. Dengan begitu anda akan sangat membutuhkan domain ini sebagai jalan setapak menuju rumah anda. Beberapa resiko yang mungkin hadir adalah tentang perebutan nama domain yang anda inginkan. Nama-nama domain yang akan anda inginkan bisa saja telah digunakan oleh orang lain. Bahkan bisa saja domain anda akan ditawar oleh orang lain, supaya anda melepaskan domain tersebut. Serta penting sekali memilih domain agar kita dapat mengurangi persaingan kita dengan kompetitor yang memiliki konten yang sama dengan isi website anda. Maka dari itu perlulah identitas dan keunikan yang dapat melambangkan ciri khas dari website yang anda kelola.

Hosting Lebih Penting Dari Pada Domain, Tetapi Hosting Kalah Lebih Penting Dari Konten Dan Domain Bersama Konten Adalah Sebuah Kesatuan

Memang Terdengar sangat berbelit-belit dan menyusahkan, tetapi kalimat tersebut dapat dijadikan sebuah judul yang tepat yang menggambarkan logika dari sebuah website. Sehebat-hebatnya anda mendapatkan domain dengan nama yang menurut anda akan mendatangkan banyak pengunjung tidak akan ada artinya bila anda tidak memiliki hosting. Dan hosting yang anda beli tidak ada artinya tanpa anda bisa menghadirkan sebuah konten yang menarik. Lalu apa arti dari sebuah hosting itu sendiri?

Hosting adalah tempat di mana kita akan menyimpan file-file kita terkait kebutuhan website kita. Bisa dikatakan, hosting adalah tempat kita menyewa sebuah gudang penyimpanan. Tentunya sebuah gudang penyimpanan tersebut memiliki kapasitas yang tidak bisa kita isi lebih. Bisa dia langkahkan seperti itulah hosting, adalah tempat untuk kita menyimpan kebutuhan kebutuhan kita terkait dengan website.

Seperti halnya sebuah gedung penyimpanan, hosting juga perlu dibersihkan dan di pantau. Hal ini dikarenakan akan terdapat hal-hal yang mungkin tidak dan akan menyebabkan gudang Anda semakin penuh. Bahkan gudang ini bisa dikatakan sebagai pertahanan terakhir anda mengenai semua hal pada website anda. Semua yang telah anda buat tersebut akan diamankan di gudang penyimpanan ini. Yang selanjutnya tanggung jawab ini diserahkan kepada perusahaan yang memiliki layanan hosting. Tentunya memilih layanan hosting di sini merupakan keputusan yang krusial, karena akan menyangkut masa depan anda secara jangka panjang. Bayangkan bila anda harus berpindah dari gudang satu ke gudang lainnya, bisa dikatakan lebih susah daripada membuat atau mengisi bidang itu lagi. Karena anda harus menempatkan segalanya sama persis ketika berada di gudang sebelumnya. Seperti itulah hosting, maka hendaknya anda memutuskan cara matang-matang di mana anda akan mengamankan semuanya.

Itu dia beberapa pemahaman hosting domain pada website yang dinilai sangat penting,. Keduanya memang penting serta tidak bisa dikesampingkan. Sangat dibutuhkan karena fungsinya, dan sangat membutuhkan keputusan yang tepat untuk masa depan website anda. Domain dan hosting dapat anda peroleh melalui perusahaan-perusahaan penyedia layanan tersebut. Bahkan beberapa perusahaan penyedia pembuatan website yang berbasis CMS atau website builder, juga turut menyediakan domain dan hosting. Atau anda dapat memilih perusahaan-perusahaan lokal yang bergerak di bidang ini sebagai kepercayaan anda.

Walau membeli di layanan penyedia pembuatan website yang berbasis CMS dan website builder dirasakan lebih murah karena akan mendapatkan promo-promo yang menarik serta didalamnya nanti anda tidak perlu repot-repot melakukan bahasa pemrograman untuk menciptakan website, tetapi ada baiknya anda mempertimbangkan menggunakan perusahaan penyedia layanan yang berfokus pada domain dan hosting saja. Karena ini akan memberikan anda fasilitas yang lebih leluasa untuk mengakses sisi-sisi hosting anda. Entah bagaimana nanti keputusan anda, sebenarnya kedua hal ini adalah hal yang penting dan bisa membuat website anda mendapatkan banyak keuntungan.