Umum

Metode-Metode Mudah Dalam Membuat Website Untuk Pemula

Dewabiz
January 8, 2019
Metode-Metode Mudah Dalam Membuat Website Untuk Pemula
Metode-Metode Mudah Dalam Membuat Website Untuk Pemula

Dalam membuat website diketahui ada tiga cara yang bisa diimplementasikan agar website Anda bisa digunakan serta dapat diakses oleh orang lain. Tentunya cara-cara membuat sebuah website sangat ingin diketahui oleh banyak orang. Karena bisnis di dunia website memang sangat menggiurkan. Bukan hanya pembuat website yang semakin lama semakin banyak. Tetapi juga para penyedia layanan platform website sudah semakin bertambah. Website merupakan sebuah laman yang setiap hari kita akses melalui smartphone dimanapun kita berada. Website merupakan salah satu bentuk modernan di era milenia ini. Hampir semua orang mengakses website, untuk mendapatkan informasi dan edukasi. Sebagian orang juga mengakses website untuk mencari hiburan yang mereka inginkan. Website lebih dekat dengan kita para generasi milenial dibanding dengan orang tua kita. Kebanyakan orang yang merupakan saksi perkembangan zaman, lebih banyak menghabiskan waktunya bersama smartphone, tablet, atau laptopnya.

Pemula Ingin Membuat Website, Simak Cara Mudah Ini

Ditambah lagi website semakin diminati karena hampir seluruh perusahaan ingin mempunyai website. Baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar, ingin mempunyai website untuk menyampaikan informasi ataupun segi promosi kepada konsumennya. Kebanyakan orang merasa bahwa website bisa digunakan sebagai bentuk marketing promosi. Tetapi kenyataannya, website sendiri juga membutuhkan sebuah marketing promosi untuk bisa mendatangkan pengunjung. Karena tanpa kita sadari, di dunia maya terdapat berbagai hal yang bisa kita serap untuk dipelajari dan itu terletak di website website yang kita kunjungi setiap hari.

Adapun cara untuk membuat sebuah website atau bisa disebutkan sebagai metode menciptakan website tersebut terdapat tiga cara yang diketahui. Hal ini terlepas dari hosting dan domain yang dibutuhkan oleh website. Saat ini kita hanya membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah website dengan beberapa metode yang ada.

Membuat Website Dengan Website Builder

Yang pertama adalah menciptakan website dengan Website Builder. Website Builder adalah salah satu cara yang familiar untuk membuat sebuah website. Karena dengan menggunakan Website Builder kebanyakan kita hanya akan difokuskan pada cara membuat tampilan yang menarik bagi website anda. Tentunya bagi sebagian orang hal ini sangat diperlukan, mengingat tampilan merupakan salah satu daya tarik dalam bentuk after sales setelah pengunjung merasakan layanan yang diberikan dari website kita. Dengan tampilan yang menarik tentunya Anda akan merasa percaya diri terhadap persaingan persaingan dengan kompetitor.

Kebanyakan website bertipe ini digunakan oleh perusahaan atau sebuah instansi yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai perusahaannya. Dalam kata lain konten yang akan di hadirkan setiap harinya tidak cukup banyak atau bahkan belum tentu sehari tersebut memproduksi sebuah konten. Karena memang fokus dari website ini adalah untuk menginformasikan mengenai intern perusahaan kepada pihak ekstern. Sebagian orang menyukai menciptakan website dengan tipe ini karena dirasa sangat mudah dan berbeda dengan cara-cara yang lainnya.

Keunggulan dari menggunakan website builder adalah merupakan salah satu cara menciptakan website yang berfokus pada tampilan yang menarik dan cara untuk mengimplementasikan ide tersebut juga cukup mudah yaitu dengan seret dan tempel. Tetapi dilihat dari kelemahannya adalah kita tidak bisa mengatur banyak konten secara sekaligus, walaupun bisa diatur dengan baik menggunakan Website Builder tidak akan lebih baik bila dibandingkan dengan metode CMS. Maka perlu di perhatikan dari awal oleh seorang web developer mengenai ide apa yang akan di sajikan dalam situs tersebut. Tentunya ide ini harus ada kaitanya dengan jenis konten apa yang akan disajikan.

Menggunakan CMS Untuk Menciptakan Website

Yang kedua adalah cara menciptakan website dengan metode menggunakan CMS. CMS atau yang dikenal merupakan singkatan dari Content Management System. Tentunya hal ini sudah familiar dengan beberapa orang yang pernah menciptakan website. Kelebihan dari menggunakan metode content management system ini adalah, kita dapat membuat sebuah website dengan isian banyak konten karena memang kekuatan dari sistem ini adalah cara memanajemen sebuah konten. Konten sendiri bisa bermacam-macam tergantung dengan konsep dari pembuat. Biasanya konten ini berupa tulisan, foto, atau video. Dan ketiganya memiliki unsur komunikasi yaitu informatif, edukatif, dan entertain. Website juga merupakan salah satu bentuk komunikasi di era modern ini. Maka dari itu penting sekali bagi kita yang hidup di era modern ini untuk melek teknologi. Website merupakan salah satu teknologi yang penting sebagai penyaluran informasi secara massa di era modern saat ini. Tentu kekuatan ini dapat dimanfaatkan bagi banyak orang untuk melakukan penyebaran informasi sesuai dengan apa yang dia inginkan.

Dengan menggunakan content management system, anda akan belajar manajemen konten-konten yang mungkin akan sangat banyak sesuai dengan keinginan anda. Maka dari itu diperlukan sebuah ide dan gagasan yang mampu mempersatukan konten-konten tersebut. Kelemahan pada content management system ini sebagai salah satu cara menciptakan website adalah maintenance yang di perlukan harus secara rutin dilakukan. Karena terkait dengan konten-konten isi dari website tersebut yang cukup banyak. Tentunya dengan konten konten yang berisi banyak ini di dalam website anda, akan mempengaruhi hosting dan bandwidth milik website anda. Memang bisa menghadirkan banyak pengunjung melebihi dari apa yang anda angan-angankan, tetapi juga membutuhkan banyak perhatian di sisi waktu, keahlian, dan dana.

Kebanyakan website dengan metode content management system ini bertahan cukup lama dan dapat meraup banyak keuntungan. Bahkan tanpa kita sadari sebuah website dengan metode content management system ini dilakukan dan dioperasikan oleh banyak orang. Banyak orang yang tergabung dalam website yang pembuatannya dengan CMS ini. Namun hal ini tentu terkait dengan tipe website apa yang akan dibangun pada awal pendiriannya. Tapi juga Kebanyakan orang atau kelompok, berhenti di tengah jalan ketika menggunakan website bertipe ini. Karena sudah jelas diketahui CMS membutuhkan banyak perhatian, keahlian, dan dana.

Menciptakan Website Dengan Coding Sendiri

Cara yang terakhir yang bisa digunakan untuk menciptakan website adalah dengan metode coding. Tentunya metode ini dibutuhkan keahlian keahlian khusus seperti pemahaman mengenai bahasa pemrograman. Dan untuk mendapatkan keahlian tersebut anda harus belajar cukup lama baik secara otodidak maupun kursus. Tapi tentunya keahlian ini cukup worth it untuk dipelajari mengingat menciptakan website merupakan suatu bisnis dan profesi yang memiliki jenjang karir itu cukup tinggi. Karena tanpa kita sadari hal ini terus berkembang seiring perkembangan zaman. Kemajuan hadirnya website tentunya adalah salah satu bentuk dari zaman yang terus berkembang. Sulit untuk melepaskan kemajuan zaman dengan istilah website. Karena semua hal yang kita inginkan dan semua hal yang ingin kita ketahui terdapat di website. Semuanya dipermudah tinggal kemauan kita dalam menerima ilmu tersebut.

Hal yang umum dan harus diketahui oleh seorang pembuat web adalah bahasa pemrograman mengenai HTML, CSS, dan JavaScript. Dan informasi yang sangat penting mengenai javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di dunia saat ini. Tentunya dengan hal tersebut akan menunjang karir anda bila hendak berada di dunia pembuatan website. Selain tiga hal di atas bahasa pemrograman yang lain masih sangat banyak seperti bahasa C, C++, ataupun RUBY. Tentu dengan semakin banyak mengetahui sebuah bahasa pemrograman akan menambah nilai plus anda di dunia pembuatan website. Maka penting sekali anda untuk bergaul dengan orang lain dan melakukan sharing mengenai cara menciptakan website dengan bahasa bahasa pemograman. Tentunya dengan sharing ini akan menambah pengalaman anda dan bisa digunakan di kemudian hari. Selain itu Anda juga harus terus membaca buku sebagai referensi bagi diri anda, serta agar tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman terkait dengan cara pembuatan website.

Itu dia tiga cara membuat website atau metode yang dapat digunakan untuk menciptakan sebuah website profesional. Tentunya diperlukan kemauan, waktu, keahlian, ide, dan dana yang tidak sedikit. Tapi semua cara yang akan anda pelajari akan sangat berguna bagi anda di masa depan baik itu untuk berkarir maupun untuk berwirausaha di bidang dunia website. Menggunakan CMS, Website Builder atau melakukan coding dari nol memang merupakan salah satu cara menciptakan website saat ini. Tetapi sebagai orang yang berada di dunia ini anda sudah paham betul mengenai website merupakan salah satu dari kemajuan zaman itu sendiri. Maka dari itu mungkin di masa depan ketiga cara itu akan dipermudah oleh suatu penemuan yang baru. Jika Anda memilih untuk berkarir dan berwirausaha di dunia website sikap yang harus anda tumbuhkan sejak dini adalah memiliki keinginan untuk terus belajar.

Bagikan Artikel Ini