Umum

Menjadi Seorang Food Blogger dan Dapatkan Uang

Dewabiz
January 9, 2019
Menjadi Seorang Food Blogger dan Dapatkan Uang
Menjadi Seorang Food Blogger dan Dapatkan Uang

Menjadi seorang food blogger- Pada masa ini banyak sekali bisnis-bisnis dengan manfaatkan kecanggihan teknologi sekarang. Penah kami ulasan di artikel sebelumnya bahwa pada masa digital ini ada 5 peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan diantaranya adalah menjadi seorang food blogger.

Maka pada kesempatan kami akan mengulas sedikit tentang cara menjadi seorang food blogger dan bisa me raup rupiah. Seorang food blogger ini sangat cocok bagi anda yang hobinya makan-makan atau bisa disebut juga seorang yang sering kuliner, menjadi food blogger ini ada 2 keuntungan umum yang bisa anda dapatkan, pertama selain anda bisa makan yang enak-enak dan juga bisa mendapatkan uang dari makan-makan tersebut. 

Nah, bagi anda yang tertarik menjadi seorang food blogger, simak dan baca pembahasan kali ini ya!

Tentang Food Blogger

Food Blogger merupakan istilah untuk seseorang yang suka membuat konten atau artikel mengenai makan atau resep-resep dalam bentuk website online. Food Blogger ini sangat khusus membahasa seputar makanan saja, mulai dari makanan tradisional, modern, atau yang sedang viral.

Ada langkah-langkah yang harus anda lalu untuk menjadi seorang food blogger yang sukses, berikut adalah langkah-langkah harus kamu lakukan.

1. Membuat Situs Web dan Tentukan Nama Domain

Membuat situs web merupakan langkah awal dari seorang food blogger, anda harus menentukan nama blog yang anda buat dengan mengaitkan makanan, membuat situs web ini ada 2 langkah yang bisa anda pilih diantaranya dengan memilih CMS gratisan atau membeli domain yang profesional.

CMS gratisan merupakan situs web yang anda buat tanpa membeli apapaun, dan hanya perlu daftar ke penyedia terkait dan tentukan nama situs webnya, setelah itu selesai situs web anda berhasil di buat. Contoh dari CMS gratisan adalah makanyuk.blogspot.com atau makanyuk.wordpress.com. Apabila anda memilih untuk membuat situs web dengan yang seperti itu, maka orang-orang biasanya akan meranggap bahwa situs web itu tidak profesional sekalipun konten-konten anda berkualitas. Lalu bagaimana agar situs web kita dianggap profesional?

Pertama anda menentukan platform yang ingin anda gunakan, apakah dengan blogspot atau wordpress.

Kedua, apabila anda memilih blogspot untuk situ web, yang diperlukan sekarang adalah mencustom domain menjadi domain yang profesional, nama domain ini bisa anda tentukan sendiri selagi domain itu masih tersedia. Contoh makandisini.com, makanenak.net, foodies.com, dan lain-lain. Kelebihan blogspot ini anda tidak direpotkan dari membeli web hosting karena blogspot sudah tersedia oleh google itu sendiri. Namun jika dengan memakai ini anda tidak akan leluasa untuk mengoperasikan situs web karena fitur-fitur dari blogspot ini terbatas.

Ketiga, jika anda memilih CMS WordPress dan ingin terlihat profesional maka yang perlu anda lakukan adalah memilih domain sama seperti blogspot, namun disini anda juga harus memilih web hosting yang di perlukan. Tapi jangan khawatir dengan semua itu, dewabiz.com akan membantu anda untuk menemukan web hosting terbaik yang bisa anda pilih sesuai dengan kapasitasnya. Karena dewabiz.com adalah layanan web hosting dan domain murah.

Dengan memakai wordpress untuk food blogger ada banyak kelebihan untuk anda, diantaranya banyak fitur-fitur pendukung, desain situs web bisa sesuai dengan keinginan, dan masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan dari wordpress ini. Jadi tidak heran apabila wordpress menjadi CMS terpopuler yang sering digunakan oleh pebisnis online.

2. Menentukan Web Hosting Sesuai Budget

Seorang yang memang akan berniat untuk menjadi seorang food blogger akan memikirkan perhitungan budget untuk membuat sebuah situs web, budget ini sangat menentukan untuk keaktifan dari web hosting anda. Untuk para pemula food blogger sebaiknya anda memilih web hosting paling murah. Anda bisa memilih web hosting dari dewabiz.com dengan sangat murah, cukup membayar 10.000 perbulan anda akan mendapatkan web hosting yang layak untuk food blogger anda.

Perlu anda perhatikan juga bahwa sebaiknya anda bagi para pemula untuk selalu memilih web hosting paling murah di penyedia manapun anda beli, karena jika situs web itu masih baru kemungkinan para pengunjung situs web anda masih sedikit, jadi belum memerlukan kapasitas yang besar.

3. Sebaiknya Pakai CMS WordPres, Install Plugin, dan Pilih Template/Tema

CMS wordpress akan menjadi pendukung awal yang membuat anda sukses sebagai food blogger. Pasalnya wordpress mempunyai banyak plugin dan tema pendukung untuk meningkatkan peringat ranking anda di halaman pencarian google, yahoo, atau bing.

Di wordpress ini ada plugin yang bisa anda gunakan secara gratis dan ada yang berbayar pula, kita semua juga tahu kalo kualitas yang gratis itu berbeda dengan yang berbayar, jadi jika anda ingin mengembangkan blog anda secara cepat gunakanlah plugin yang berbayar. Selain plugin, wordpress menyedia tema yang bisa anda pilih sesuai dengan situs web.

4. Gunakan Google Tools

Salah satu google tools yang bisa anda gunakan adalah analytics google atau google analytics. Fungsi dari tools ini adalah untuk memberikan informasi seputar data yang mengunjungi situs web anda, berapa banyak pengunjung, halaman akses audiens, dan lain-lain yang bisa anda dapatkan untuk alat evaluasi situs web anda.

5. Membuat Konten Secara Teratur

Cobalah anda untuk membuat sebuah daftar apa yang akan anda tulis seputar makan di situs web anda. Ini merupakan salah satu strategi marketing yang bisa anda terapkan. Dengan metode situs web anda akan lebih terlihat aktif dan teratur serta mempunyai ciri khas yang bisa orang lain ingat.

6. Pahami SEO Konten

Jika anda belum tahu tentang SEO bisa anda pelajari dulu di internet. SEO merupakan Search Engine Optimization yang akan meoptimalkan kerja pada situs web anda. Fungsi dari SEO ini adalah agar konten-konten yang anda buat bisa mudah di telusuri dan di temukan oleh mesin pencari seperti google, bing, dan yahoo. Teknik SEO ini akan terus merubah-rubah sesuai dengan algoritma dari mesin pencari tersebut. Maka anda harus selau update informasi seputar mesin pencari yang terkenal itu.

7. Aktif dengen Audience Anda

Apabila situs web anda sudah ramai dengan pengunjung, maka akan ada salah satu dari pengunjung yang biasa membuat request atau membuat suatu pertanyaan. Nah tugas anda sebagai food blogger jangan sampai mengabaikan begitu saja, anda harus membuat interaksi secara aktif dengan audince anda supaya meraka loyal dan simpati dengan situs webnya.

8. Daftar Google Adsense dan Buat Konten Besponsor

Google adsense merupakan penyedia iklan yang akan membayar anda apabila situs web anda didaftarkan ke google adsense. Dan anda juga akan mendapatkan bayar dengan menawarkan ke pihak perusahaan penyedia makanan dengan membuat konten yang mempromosikan produk perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah untuk anda menjadi seorang food blogger, dewabiz.com akan senang apabila anda memilih kami untuk menjadi partner dalam membuat situs web anda.

Bagikan Artikel Ini