Lebih Mengenal Search Engine Optimization

Mungkin sudah banyak yang mendengar SEO, tapi tidak mengenal seperti apa itu. Maka dari itu, berikut ini penjelasan singkat tentang pengertian SEO dan cara kerja SEO tersebut.

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan salah satu teknik atau cara yang digunakan kebanyakan website atau blogger agar website mereka berada pada nomor atau halaman pencarian teratas, seperti Google, Yahoo atau Bing.

Apabila halaman web tersebut masuk dalam halaman teratas di search engine maka pengunjung akan mengalami peningkatan. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi website yang digunakan sebagai bisnis, seperti toko online.

Sebenarnya pengertian SEO sendiri cukup luas. Namun kebanyakan akan mencangkup hal yang sama. Hal tersebut merupakan bagaimana cara untuk mengoptimalkan blog atau website untuk bisa berada pada posisi teratas pada search engine. Biasanya dalam suatu kata kunci tertentu.

Cara kerja SEO (Search Engine Optimization)

Cara kerja SEO sendiri ada beberapa lagoritma dan kegiatan yang diterapkan pada sistem, di antaranya yakni:

  1. Crawling merupakan cara kerja dengan mengambil semua yang berhubungan pada situs web tersebut. Biasanya proses ini dilakukan oleh perangkat yang disebut dengan Googlebot atau spider pada search engine, Google.
  2. Indexing adalah proses pembentukan indeks pada semua halaman web yang sudah diambil kemudian disimpan pada database search engine. Biasanya proses ini akan mengindentifikasi tulisan yang bisa membuat web tersebut masuk dalam database search engine menggunakan keyword tertentu.
  3. Processing merupakan langkah search engine menerima permintaan dari user dan mesin pencari tersebut akan melakukan proses dan membandingkan kata kunci dengan website lainnya.
  4. Calculating relevancy merupakan proses search engine dalam melakukan perhitungan akan keyword yang digunakan pada website tersebut.
  5. Retrieving result merupakan langkah terakhir dari cara kerja SEO dengan mengambil hasil yang berhubungan dengan keyword kemudian menampilkan pada hasil pencarian search engine tersebut.

Demikian sedikit pengetahuan tentang SEO itu sendiri, mulai dari pengertian dan juga cara kerja SEO. Semoga membantu!

Tinggalkan Komentar