website developer dewabiz

Ingin Sukses Menjadi Seorang Website Developer ? Ini Dia Cara Caranya

Bisnis dari sebuah website di era modern ini mengalami banyak kemajuan. Banyak anak-anak muda menjadi seorang pebisnis website yang sukses dengan berlandaskan beberapa ilmu mengenai bahasa pemrograman. Walau memang menjadi seorang website developer yang dibutuhkan bukan saja mengetahui bahasa pemrograman, tetapi juga harus memiliki referensi dan pengalaman mengenai tampilan website, jenis konten yang laku, dan cara mempromosikan websitenya. Tentunya menjadi seorang Website Developer bukanlah hal mudah, dibutuhkan keahlian dan niat yang besar. Karena menjadi seorang pebisnis di dunia maya terutama pada bidang website membutuhkan banyak peluru yang bisa membantu kita menyelesaikan sebuah masalah.

Sebelum memulai segalanya anda harus memiliki perencanaan yang matang mengenai website seperti apa yang akan anda buat. Selain memiliki pandangan yang jelas, perencanaan yang matang akan membantu anda menganalisa resiko-resiko apa yang akan muncul ketika bisnis ini dijalankan. Oleh karena itu ,Anda dapat berupaya agar risiko itu tidak muncul atau bahkan bila muncul dapat anda minimalis dengan tindakan-tindakan yang telah anda rencanakan. Yang menjadi hal penting ketika anda akan terjun di dunia pembuatan website adalah persaingan dengan kompetitor yang terpaut hanya dengan sebuah kata domain. Penting sekali bagi anda untuk menggunakan domain yang menceritakan website anda serta memiliki kesan yang gampang diingat oleh pengunjung website anda.

Lalu bagaimana cara mengimplementasikan membuat sebuah website yang dikunjungi banyak orang, hingga mendatangkan banyak iklan dan akhirnya anda mendapatkan keuntungan dari iklan tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebuah website bisa dikatakan menjadi bisnis yang menjanjikan, kebanyakan orang memiliki perspektif yang berbeda yang menempatkan website sebagai sarana untuk promosi. Walau memang tidak sepenuhnya salah, tetapi hal ini kurang tepat dikarenakan bila kita analisa lebih dalam website itu sendiri membutuhkan sebuah marketing promosi yang hebat agar bisa mendatangkan banyak pengunjung. Website yang baru jadi tentunya tidak memiliki banyak pengunjung seperti website website yang telah bertahan cukup lama di pencarian Google. Jadi menggunakan istilah website sebagai promosi dirasa kurang tepat karena bila dilihat dari sifatnya website itu sendiri lah merupakan sebuah bisnis. Semakin lama kita mengetahui keuntungan di dunia maya akan menjadikan kita semakin tergiur untuk turut merasakannya, tetapi pertanyaannya kembali pada diri kita sendiri mengenai apakah mampu kita menjadi seorang web developer yang handal dan profesional. Untuk itu diperlukan beberapa cara sederhana untuk bisa menjadi seorang web developer profesional yang memenuhi standar, beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut :

Memahami Bahasa Pemrograman Seorang Website Developer

Walau memang terdapat banyak platform penyedia pembuatan website, hal ini tidak sepenuhnya akan membantu anda membuat website yang anda inginkan. Dengan begitu diperlukan beberapa bahasa pemrograman yang harus anda kuasai agar bisa menjadi seorang web developer profesional. Hal yang terpenting mengingat banyaknya bahasa pemrograman yang digunakan anda harus menguasai  bahasa pemrograman di bawah ini.

Yang pertama adalah HTML dan CSS, bahasa ini merupakan materi dasar yang harus dikuasai seseorang sebelum membuat sebuah website dengan menggunakan coding. HTML dan CSS wajib untuk dikuasai, bila anda ingin benar-benar terjun di dunia bisnis website. Bahasa pemrograman ini tidak memerlukan banyak waktu untuk memahaminya, karena anda akan menemukan banyak sekali konten yang mengandung tentang HTML dan CSS di internet. Bila anda ingin memahaminya lebih detail, anda bisa membeli sebuah buku atau mengikuti sebuah kursus mengenai bahasa pemrograman. Mengingat hal ini sangat wajib dikuasai oleh seorang Web Developer, karena memang sangat berguna untuk membuat sebuah halaman website dengan spesifikasi apapun. Dengan memahami HTML dan CSS anda akan mampu mengimplementasikan ide dari Web Designer.

Dan yang kedua adalah sebuah bahasa pemrograman yang saat ini sangat populer di dunia, yaitu bernama JavaScript. Bila anda ingin berkarir di dunia pembuatan website, anda perlu sekali memahami bahasa pemrograman JavaScript. Terlebih lagi bila anda ingin menjadi seorang pengusaha layanan pembuatan website, bahasa pemrograman JavaScript ini harus sangat anda kuasai. Javascript dinilai lebih dinamis bila diletakkan dalam halaman website. Berbeda dengan HTML yang menjadi sebuah struktur halaman serta bahasa pemrograman CSS yang berfungsi untuk mengatur gaya pada sebuah halaman web, javascript berguna sebagai sebuah bahasa pemrograman untuk mengatur logika dan menambah sebuah fungsi di setiap halaman website. Tentu ini merupakan sebuah paket lengkap bagi Anda yang ingin belajar mengenai cara membuat website dengan menggunakan JavaScript.

Pentingnya Tampilan Pada Website Anda

Lalu bagaimana tentang tampilan pada website anda, apakah hal ini cukup penting atau tidak tentunya perlu pembahasan yang lebih mendetail mengenai hal tersebut. Yang jelas dapat di peralangkahkan sama seperti ketika kita telah membeli sebuah makanan yang enak di sebuah restoran yang tempatnya bersih, nyaman, dan harganya murah. Ketika kita melihat peranglangkahan di atas, tentu sebagian dari kita akan memilih untuk kembali mengunjungi tempat tersebut karena pengalaman yang baik sebelumnya. Hal ini juga dapat digunakan sebagai logika tentang pentingnya tampilan website pada situs anda. Jika pengunjung anda merasa berada di website anda dan mendapatkan informasi atau edukasi yang dibutuhkan, tentunya mereka akan kembali kepada website anda untuk mencari informasi informasi selanjutnya yang mereka butuhkan. Dalam kata lain, tampilan website merupakan salah satu bentuk marketing after-sales. Marketing after sales ini berarti adalah ketika seorang pembeli setelah menggunakan produk dan merasakan layanan dari sebuah perusahaan dia tidak kecewa bahkan akan membeli produk-produk baru milik perusahaan.

Tindakan after sales juga bisa diperalangkah dengan contoh berikut sebuah mobil yang dijual oleh merek tertentu akan mendapatkan gratis ganti oli selama sepuluh tahun. Hal ini tentunya akan sangat menarik bagi seorang konsumen ketika selesai melakukan pembelian, dan dia akan merasa sangat puas pada pembelian tersebut. Yang selanjutnya Adam merekomendasikan merek tersebut kepada orang orang terdekatnya. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan ketika mendapatkan seorang konsumen yang loyal terhadap produknya dan dapat menjadi seorang konsumen initiator bagi orang lain. peralangkahan tersebut dapat di gambarkan sebagai bentuk tampilan website yang menarik bagi pengunjung, tentunya tampilan website dan konten yang diberikan adalah sebuah peluru yang harus dipertimbangkan oleh pemilik website tersebut.

Berkompetisi Dengan Kompetitor Melalui Nama Domain

Nama domain adalah sebuah pintu bagi website kita untuk bisa diakses oleh orang lain dalam hal ini adalah pengunjung yang mencari informasi atau edukasi yang mereka butuhkan. Kebanyakan nama domain ini akan sama dengan nama domain lainnya di pencarian Google. Tentunya hal ini merupakan persaingan yang ketat antara pemilik website satu dengan pemilik website lainnya. Dengan begitu baru sekali memiliki diferensiasi dengan pemilik website yang menjadi kompetitor kita. Diferensiasi ini dapat kita mulai dengan menggunakan sebuah keunikan pada nama domain kita tetapi tidak menghilangkan sebuah kata yang mencerminkan isi dari website kita. Dengan begitu anda akan sedikit terhindar dari persaingan tatap mata dengan kompetitor. Karena kita tidak mengetahui secara detail siapa kompetitor kita di dunia maya, bisa saja kompetitor kita merupakan seorang konglomerat yang memiliki banyak dana, seorang web developer yang lebih handal daripada kita, atau bahkan seorang yang curang dan dapat berbuat jahil kepada website kita.

Itu dia beberapa cara agar anda bisa menjadi seorang web developer yang handal. Memang dibutuhkan banyak kemauan dan niat yang kuat serta yakin terhadap apa yang anda lakukan saat ini. Dengan begitu Anda akan memiliki motivasi yang kuat untuk tetap bertahan dan terus menyerap banyak ilmu di dunia dengan kecepatan penyebaran teknologi saat ini. Memang masih banyak hal yang bisa anda lakukan agar bisa menjadi seorang web developer yang handal. Beberapa hal tersebut adalah terus belajar, terus bergaul, dan terus membuka diri terhadap kemajuan yang akan datang. Melihat setiap peluang dan dapat diubah menjadi sebuah keuntungan bagi bisnis anda.

Tinggalkan Komentar