Cara Optimasi SEO on Page Agar Artikel Berada di Posisi 1 Mesin Pencari

Cara optimasi SEO on page dapat diterapkan pada artikel untuk membuatnya berada di halaman pertama Google. Bagaimana langkah-langkahnya?

Optimasi SEO on Page pada Artikel

SEO on page merupakan serangkaian optimasi pada halaman-halaman yang ada di dalam website supaya memenuhi kriteria mesin pencari. Teknik ini sangat mudah, bahkan telah menjadi rutinitas para blogger. Berikut bagian-bagian yang terlibat:

Title

Judul artikel harus mengandung kata kunci yang diletakkan pada awal, tengah atau akhir kalimat. Misalnya, Anda menargetkan keyword “membuat artikel SEO”, maka judul yang bisa digunakan adalah “Membuat Artikel SEO Berkualitas dengan 10 Langkah Berikut” dan sebagainya. Tujuan menyematkan kata kunci pada tulisan, yaitu supaya konten lebih SEO friendly dan mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Konten

Buatlah tulisan yang orisinal dan relevan dengan kata kunci, bukan hasil copy-paste dari situs lain. Panjang artikel yang direkomendasikan adalah di atas 300 kata, tapi tidak lebih dari 2000 kata. Karena jika terlalu panjang justru akan berdampak negatif bagi SEO website Anda.

Heading

Keberadaan heading sangatlah penting dalam sebuah artikel. Sebab, ia akan membantu mesin pencari untuk mengindeks blog Anda dengan cepat. Di samping itu, tag heading juga bisa mempermudah para pengunjung untuk memahami informasi yang diberikan. Heading sendiri memiliki enam tingkatan, mulai dari H1 untuk judul situs, H2 untuk judul postingan, H3 untuk widget dan seterusnya hingga H6. Heading tersebut juga harus mengandung keyword yang ditargetkan.

Meta Description

Selain judul, keyword juga dioptimasi pada meta description atau deskripsi yang muncul pada hasil SERP (Search Engine Result Page). Tapi, masih banyak blogger yang mengabaikan hal ini. Padahal, ia bisa meningkatkan traffic pengunjung, terutama jika kata-katanya disusun dengan baik.

Gambar

Upload gambar dengan ukuran sedang agar tidak loading lama ketika dibuka. Pastikan juga gambar yang disisipkan diberi judul sama dengan artikel atau paling tidak mengandung keyword utama.

Permalink

Permalink (tautan permanen) atau URL artikel adalah bagian yang tidak kalah penting untuk dioptimasi dengan kata kunci. Sebab, ia juga berperan dalam menaikkan ranking situs di search engine. Jadi, jangan malas untuk mengubah permalink yang awalnya berupa angka menjadi kalimat nan sesuai dengan title.

Misalnya, judul artikel Anda “Cara Optimasi SEO off Page Paling Mudah dan Efektif” dengan keyword utama “optimasi SEO off page”. Maka, tautan yang bisa dibuat, yaitu “Optimasi-SEO-off-Page-Termudah.html”. Semakin pendek alamat URL artikel semakin bagus, asal mengandung keyword.

Google menyukai artikel yang memiliki atribut lengkap. Jadi, praktikkan cara optimasi SEO on page di atas agar blog Anda disukai olehnya dan mendapat spot terbaik di SERP.

Tinggalkan Komentar