Apa Itu Backlink dan Jenis-Jenisnya?

Backlink tidak semua orang mengetahuinya. Padahal, keberadaannya sangat penting dalam sebuah artikel SEO. Berikut uraian lengkapnya.

 

# Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebuah tautan yang dicantumkan dalam website lain yang diarahkan ke website Anda. Ini artinya, saat ada pengunjung yang datang ke website lain, peluang mereka akan mengunjungi website Anda melalui link tersebut sangat besar.

# Jenis-Jenis Backlink

Secara garis besar, backling terbagi atas dua jenis, yaitu backlink satu arah dan dua arah.

  1. Backlink Satu Arah (One Way Backlink)

Maksud dari backlink satu arah adalah Anda menanamkan satu buah link ke website-website yang bisa ditanam URL website Anda. Namun, dalam hal ini, Anda tidak perlu menyertakan backlink kembali ke website tersebut. Berikut ini beberapa contoh tempat yang bisa diterapkan backlink jenis ini antara lain:

  1. Blog Comment; di tempat ini Anda bisa menyertakan URL website Anda sesuai dengan anchor text yang akan dioptimasi.
  2. Signature Forum; di setiap forum akan menampilkan signature setiap Anda melakukan post. Di tempat inilah Anda bisa memberikan backlink satu arah ke website Anda.
  3. Social Bookmar; di tempat ini Anda juga bisa mensubmit website Anda dan menjadikannya sebagai bookmark.
  4. Backlink Dua Arah (Reciprocal Backlink)

Maksud dari backlink dua arah ini adalah Anda harus menyertakan backlink ke website yang Anda tanamkan backlink ke website Anda. Berikut ini contoh tempat penerapan reciprocal backlink.

  1. Direktori Submmit; yaitu sebuah website yang mengklasifikasikan berbagai website dalam beberapa kategori. Dan, di dalam kategori inilah biasanya URL website Anda akan disubmit. Namun, pada umumnya, Anda diwajibkan memasang banner atau link pada website Anda.
  2. Tukar Link; sistem ini sering dilakukan oleh para blogger yang tergabung dalam sebuah komunitas. Di dalam blog mereka masing-masing, akan ditawarkan link milik anggota lain dari komunitas tersebut.

Itulah pentingnya backlink bagi website Anda. Dengan menerapkan backlink ini, baik jenis satu arah maupun dua arah, Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan pengunjung.

Tinggalkan Komentar