4 Cara Mengaktifkan SEO di Blog Agar Diindeks Mesin Pencari

Untuk meningkatkan traffic ke blog, mengaktifkan SEO pada blog merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar blog dapat diindeks oleh mesin pencari dan muncul di laman pencari. Yang menjadi incaran para pemilik blog adalah berusaha menempatkan blog mereka agar berada di posisi atas mesin pencari. Cara mengaktifkan SEO di blog sebenarnya sangat mudah. Berikut ini adalah panduannya.

Membuat Anchor Text

Ini adalah tips penting untuk membangun SEO Off Page maupun On Page. Anchoer text adalah memudahkan visitor untuk masuk ke laman lain di situs itu sendiri atau ke situs lain. Anchoer text perlu dibuat efektif untuk membangun navigasi yang jelas.  Anchor text sebaiknya mengandung frase atau kata yang berkaitan dengan artikel yang dibaca oleh pengunjung. Contohnya jika web Anda menawarkan produk property, maka gunakan anchor text yang berkaitan dengan property.

Walaupun anchor text adalah hal yang penting, tetapi pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. Dalam setiap konten, cukup gunakan 2 – 4 anchor text saja. Tetapi jika konten yang dibuat sangat panjang, maka Anda dapat menggunakan lebih dari 4.

Memasang Meta Tag Description Untuk Meningkatkan SEO

Meta tag description berfungsi untuk menjelaskan keseluruhan isi blog yang telah dikelola. Nantinya meta tag tersebut akan ditayangkan di bawah judul konten di search engine. Bagi sebagian orang, meta tag deskripsi dianggap kurang penting. Namun Anda dapat merasakan perbedaannya ketika memasang meta tag description.

Meta Tag Keyword Untuk Memperkuat Keyword yang Dibidik

Meta keyword akan membantu mempengaruhi peringkat tulisan Anda. Caranya, isi meta tag dengan keyword yang sering digunakan dalam artikel. Cara ini akan sangat membantu ketika Anda lupa menambahkan alt image atau menambahkan teks pada tulisan Anda. Selain dapat memperkuat keyword yang dibidik, meta keyword juga memiliki peranan penting dalam SEO karena dapat meningkatkan citra blog Anda di mesin pencari. Cara memasang meta tag keyword sama seperti memasang meta description.

Aktifkan Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran adalah sebuah informasi singkat mengenai isi konten yang akan muncul di laman mesin pencari. Deskripsi ini menjadi gambaran  umum dari laman artikel. Jadi walaupun singkat, deskripsi ini sudah mewakili semua isi web secara menyeluruh. Kalimat pada deskripsi ini berupa poin penting dari postingan sehingga harus singkat, padat, dan jelas.

Tinggalkan Komentar