Pengetahuan

Cara Memperbaiki 500 Error Server Internal di WordPress

Dewabiz
January 7, 2019
Cara Memperbaiki 500 Error Server Internal di WordPress
Cara Memperbaiki 500 Error Server Internal di WordPress

Cara Memperbaiki 500 Error Server Internal  di WordPress – Setiap pemilik blog atau toko online tidak ingin mengalami suatu kesalahan pada websitenya, apabila terjadi error dan tidak bisa dilihat oleh orang lain. Website yang sering mengalami error akan senantiasa ditinggalkan oleh para pengunjung dan hasilnya traffic pengunjung anda akan merosot ke bawah.

Eror pada server internal merupakan sesuatu yang mengalami kesalahan pada WordPress yang paling umum. Karena setiap server akan mengalami kesalahan dan tidak memberikan informasi apapun pada website itu, untuk bagi pemula ini akan membuat rasa khawatir karena terjadi error pada website anda.

Maka apabila anda mengalami 500 error server internal di WordPress yang berujung website anda tidak menampilkan apapun hanya 500 error saja, maka anda harus mempelajarinya untuk memperbaiki 500 error server internal pada website anda.

Apa yang menyebabkan Error Server Internal di WordPress?

Error pada server internal di wordpress tidak ada yang tahu apa yang penyebabkan website itu bisa error, apabila ditebak-tebak, bisa jadi website itu kebanjiran pengunjung dan hasil server web hosting yang kita sewa tidak bisa menampung setiap pengunjung dan terjadilah error.

Namun itu hanya sebuah analisis saja, error pada server internal wordpress sebenarnya tidak diberitahu oleh pihak pengembang, jadi kita tidak akan tahu pasti apa yang menyebabkan server itu error atau terjadi kesalahan.

Ada yang mengatakan bahwa fungsi plugin atau tema bisa menjadi menyebab 500 error pada server internal di wordpress. Atau bisa juga dari: file .htaccess rusak dan batas memori PHP. Kemungkinan semua itu akan terjadi pada server internal yang menyebabkan error.

Server juga seperti kita manusia adakalanya sakit, maka untuk memperbaiki error itu anda perlu bertanya kepada pihak yang berpengalaman atau penyedia web hosting itu sendiri, namun anda bisa melakukan dengan mempelajari sendiri dengan mengikuti langka-langkah dibawah ini.

Cobalah anda untuk memeriksa File .htaccess

Langkah pertama anda lakukan untuk memeriksa file .htaccess yang rusak untuk memperbaiki error pada server internal diwordpress itu.

Anda bisa dengan mengubah nama file .htaccess utama menjadi seperti .htaccess_old. Langkah mengganti nama file .htaccess, masuk anda ke website dengan menggunakan aplikasi FTP atau File Manager pada dashbord di cPanel akun web hosting Anda.

Langkah kemudian, file .htaccess di letakan direktori di mana Anda akan melihat bagian seperti wp-admin, konten-wp, serta wp-include.

Apabila anda sudah selesai memperbaiki pada nama file .htaccess, silahkan untuk mengunjungi situs Anda untuk melihat apakah ini masalahnya sudah terasa atau belum. Apabila sudah website anda sudah normal kembali berarti mengubah file .htaccess sudah bisa memperbaiki error pada server anda.

Pastikan Anda masuk ke halaman Pengaturan ke Permalinks pada area admin WordPress dan klik tombol simpan untuk mengubah perubahan. Untuk menghasilkan file .htaccess baru bagi Anda dengan aturan penulisan ulang yang tepat dan memastikan bahwa halaman website Anda tidak terjadi kesalahan 404.

Namun apabila cara ini belum bisa memperbaiki kesalahan sever itu, maka anda harus melakukan langkah kedua ini.

Batas Memori PHP di Tambah

Kehabisan batas memori PHP juga bisa menjadi error pada server internal di wordpress. Maka ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk meningkatkan kapatisan memori PHP pada website anda.

Pertama anda membuat file teks kosong dengan nama php.ini

Kedua anda pilih kode ini di sana: memori = 64MB lalu Simpan file, setelah itu anda Unggah ke folder / wp-admin / dengan menggunakan FTP

Mereka yang sudah mencoba dengan melakukan cara ini bisa memperbaiki server internal yang error pada situs webnya.

Apabila cara ini berhasil untuk memperbaiki situs web anda yang error server internal di wordpressnya maka ada hal yang tidak baik pada plugin atau tema situs web anda, kami menyarankan anda untuk menghubungi pihak web hosting yang anda sewa untuk memberikan diagnosa yang tepat.

Namun apabila langkah kedua ini tidak bisa memperbaiki error server internal di wordpress situs web anda, maka lakukan cara ketiga untuk mencoba memperbaikinya.

Menonaktifkan Semua Plugin

Apabila dua langkah di atas tidak bisa mengatas error server internal itu, maka anda untuk mencoba menonaktifkan semua plugin yang ada, sekalipun memang plugin yang menyebabkan itu hanya 1 plugin saja, tapi untuk cara yang efektif anda non aktifkan semua plugin dulu.

Setelah semuanya di non aktifkan, maka coba anda untuk menaktifkannya satu persatu untuk mengetahui plugin mana yang bermasalah.

Mengunggah Ulang File Inti

Anda perlu mengunggah ulang folder wp-admin dan wp-include dari instalasi WordPress yang baru apabila me non aktifkan semua plugin tidak berhasil.

Pertama, Anda harus mengunduh WordPress dengan mengunjungi wordpress.org

ekstrak file zip dan temukan file wordpress setelah itu install pada komputer anda.

Selanjutnya Anda perlu menghubungkan situs website WordPress Anda dengan menggunakan FTP client. Apabila sudah kunjungi folder root situs, folder ini adalah folder wp-include, wp-admin, wp-content di dalamnya.

Pada komputer anda buka kolom kiri buka folder WordPress. Kemudai anda pilih folder wp-admin dan wp-include kemudian klik kanan dan pilih ‘Unggah’.

 

Unggah file WordPress baru

FTP client pada saat itu akan mentransfer folder ke server. Pilih ‘Timpa’ dan kemudian pilih ‘Selalu gunakan tindakan ini’.

Timpa file

FTP client Anda sekarang akan mengganti file WordPress lama Anda dengan wordpress yang lebih baru. Jika memang file wordpress anda rusak, maka ini akan memperbaiki error server internal di wordpress anda.

Namun apabila ini tidak berhasil juga maka langkah yang paling akhir anda untuk menghubungi penyedia web hosting anda.

Bertanya Pada Penyedia Web Hosting

Ini merupakan langkah terakhir yang harus anda lakukan untuk memperbaiki server internal di wordpress itu, tanyakanlah keluhan seputar situs web anda dan minta support dari penyedia web hosting itu, maka pihak penyedia akan tahu apa yang menyebabkan error server internal di wordpress anda.

Pihak dari penyedia web hosting ini akan senantiasa memberikan solusi yang tepat, anda hanya perlu mengkitu langkah demi langkah perintah dari penyedai web hosting tersebut .

Kesimpulan

 

Intinya anda harus bersabar untuk memperbaiki error server internal di wordpress itu, cara terbaik adalah anda melakukan praktek dari semua cara diatas, kami harapkan anda tidak langsung dengan cara terakhir karena itu tidak akan memberikan peningkatan pada kapasitas anda untuk memperbaiki setiap kejadian pada situs web anda.

Nikmatilah semua langkah-langkah diatas untuk bahan pelajaran dalam mengatasi situs web, karena situs web anda juga perlu di rawat dengan sebaik mungkin dan pengobatan yang secanggih mungkin.

Bagi anda yang telah membaca artikel ini kami ucapkan terima kasih dan semoga memberikan solusi.

Bagikan Artikel Ini