fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

General

Sejarah Singkat Domain .COM dan Keunggulannya

Yanti puspita

Banyak dari Anda pasti pernah mendengar tentang domain .com. Bisa jadi domain ini merupakan domain yang paling sering terdengar di bandingkan domain lain seperti .net, .co.id, .org, atau lainnya. Di tengah kepopuleran domain ini, sudahkah Anda mengetahui sejarah singkat dan keunggulan dari domain ini? Jika belum, Anda berada di artikel yang tepat. Di bawah ini adalah sejarah singkat domain.som dan keunggulannya.

Sejarah Singkat Domain .com

Tahukah Anda bahwa domain mulai muncul pada tahun 1985. Sebelumnya, jenis domain yang pertama kali muncul adalah .COM, .NET, dan .ORG. Lalu apa yang terjadi sebelum tahun itu? Apakah tidak ada domain? Pasti ada. Dulu, ketika seseorang ingin mengakses sebuah website, yang harus mereka lakukan hanyalah mengetikkan alamat IP mereka.

Tapi cara itu pasti sangat sulit kan? Bayangkan, jika setiap kali Anda ingin mengunjungi website tertentu Anda harus memasukkan alamat IP dan menghafal alamat IP yang terdiri dari banyak huruf tersebut. Misalnya, jika Anda ingin mengunjungi situs web dengan domain http://94.189.165.229/, Anda harus ingat bahwa Anda harus menghafal banyak Angka setiap hari, bukan?

Dari situlah muncul 3 ekstensi yang di sebutkan di atas. Tujuan dari memiliki ekstensi domain ini adalah untuk memudahkan dalam mengakses dan mengutip website tersebut. Sejarahnya cukup panjang. Satu hal yang perlu di perhatikan adalah bahwa sebelum tahun 1995, penggunaan domain .COM gratis.

Hingga tahun 1995, biaya baru sebesar $50 per domain per tahun di bebankan. Menurut Wikipedia, $35 diberikan kepada NSI, dan $15 di berikan kepada pemerintah AS. Pada awal perkembangannya, .com hanya di gunakan untuk tujuan komersial. Namun pada pertengahan tahun 90-an orang mulai menggunakan .com baik untuk tujuan komersial maupun tidak.

Bahkan pada tahun 1997-2001 perusahaan yang berkembang pada tahun tersebut menggunakan .com dan menjadikan domain tersebut semakin populer. Bahkan pada Desember 2011 VeriSign mencatat ada lebih dari 100 juta website yang terdaftar menggunakan .com. Sudah banyak bukan? itu baru tahun 2011 saja, sekarang semakin populer. Mengapa .com begitu populer? Bahkan pada tahun 2001 telah

dirilis ekstensi website khusus bisnis yaitu .biz yang ditujukan untuk para pebisnis. Namun faktanya .com tetap yang paling populer, tidak hanya untuk bisnis, tapi juga untuk orang awam.

Keunggulan Domain .COM

Domain yang satu ini pasti tidak populer tanpa alasan. Ada banyak alasan di balik kepopuleran domain .com ini terutama pada keunggulan domain ini. Apa saja keunggulan domain ini dan menjadi alasan kepopulerannya? penasaran, yuk simak pembahasan berikut ini.

Mudah diingat

Keunggulan pertama domain .com adalah mudah diingat. Ini adaalah alasan yang paling mungkin mengapa .com menjadi domain dominan di antara ekstensi domain lainnya. Cobalah sendiri, ketika kita berbicara tentang website, apa yang terlintas di benak Anda? Domain .com selalu menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran.

Bagaimana? Disadari atau tidak, semua media sosial yang kita gunakan saat ini dan mungkin Anda gunakan hampir setiap hari dan setiap jam menggunakan domain .com. Sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan hampir semua website populer yang menggunakan domain ini. Bahkan di Dewabiz sendiri, banyak orang yang memiliki domain dotCOM artinya sama untuk semua website, bukan sewa.

Terlebih lagi, sepertinya banyak orang yang menggunakan ekstensi domain lain untuk membuat website adalah hal yang tabu dan bisa membuat website menjadi kurang estetis.

Ramah SEO

Keunggulan domain .com yang selanjutnya adalah lebih mudah untuk dipahami oleh mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia maya dan mengetahui seluk beluknya. Biasanya dalam dunia SEO, jika ingin website Anda tampil lebih baik di search engine atau mesin pencari, kami sarankan untuk menggunakan domain ini.

Meski begitu, masih ada beberapa pihak yang berpendapat bahwa menginginkan domain apapun tidak akan berdampak pada mesin pencari. Bisa dibilang tidak ada yang sangat istimewa dengan ekstensi domain. Tetapi Anda harus tahu bahwa .COM memiliki jangkauan internasional.

Sedangkan domain kode area seperti .co.id bersifat lokal dan akan diincar oleh Google. Artinya website dengan domain regional hanya cocok untuk wilayah tertentu. Sedangkan jika menggunakan .com, maka lebih universal dan dapat diakses dimana saja dan tentunya memudahkan untuk muncul di mesin pencari.

Mudah untuk mendaftar

.COM sekarang Anda dapat dengan mudah mendaftar. Itulah keunggulan selanjutnya dari domain .com. Anda bisa menghubungi banyak perusahaan penyedia domain, salah satunya Dewabiz. Berbeda dengan domain lain yang berkode negara dan hanya tersedia di lokasi tertentu serta membutuhkan dokumen yang terkadang cukup rumit, .com bisa Anda dapatkan dengan mudah dan di mana saja.

Anda tinggal memilih nama domain, misalnya “mydomain”, lalu selesaikan pembayaran, dan nama domain tersebut akan menjadi milik Anda. Prosesnya juga cukup cepat sekarang. Dalam waktu kurang dari 15 menit, Anda akan memiliki domain dengan nama yang Anda inginkan.

Domain yan prestis

Keunggulan selanjutnya dari domain .com adalah nilai prestisenya. Disadari atau tidak, .COM merupakan domain yang memiliki nilai prestise tersendiri dibandingkan dengan ekstensi lainnya. Sekedar informasi, .COM saat ini di gunakan oleh lebih dari 50% website di dunia.

Dengan tingkat kepopuleran tersebut, tentunya memiliki domain .COM merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Anda yang ingin membuat website. Yang perlu Anda pikirkan adalah memilih nama unik untuk domain Anda. Mengapa?

Karena Anda tidak dapat menggunakan dua nama yang sama. Usahakan nama yang paling unik untuk website Anda, agar mudah dikenali banyak orang dan menjadi salah satu website utama di dunia.

Gambaran bisnis

Seperti domain lainnya, .COM juga di tunjuk secara khusus. Domain yang satu ini sebenarnya merupakan singkatan dari commercial atau komersial yang di tujukan untuk kepentingan komersial dan biasanya digunakan oleh para pebisnis.

Hal ini tentu bisa menjadi keunggulan domain.com dan kabar baik bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis dan ingin mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. Seperti yang sudah di sebutkan di atas, website Anda akan terasa lebih baik dan resmi jika menggunakan .COM.

Hanya .COM Saja Apa Cukup?

Jika pertanyaannya, apakah cukup memiliki domain dengan ekstensi .COM, maka mungkin ya, mungkin juga tidak. Anda juga harus mempertimbangkan untuk membeli ekstensi lain dan bahkan membeli ekstensi apa pun untuk situs web Anda.

Anda bahkan dapat membeli nama domain lain yang sama dengan nama domain utama Anda. Tujuannya adalah untuk “menangkap” pengunjung yang tidak sengaja salah ketik atau mistype. Dengan melakukan ini, Anda dapat menjangkau semua orang yang sengaja atau tidak sengaja salah mengetik alamat situs web Anda.

Demikian sejarah singkat domain .COM dan keunggulannya. Sekarang terserah Anda, apakah Anda ingin menggunakan .com, atau ingin menggunakan ekstensi lain untuk situs web Anda?

Baca Juga