Pengetahuan

WooCommerce Vs. Shopify: Siapa yang lebih baik untuk toko Anda?

Dewabiz
March 7, 2019
WooCommerce Vs. Shopify: Siapa yang lebih baik untuk toko Anda?
WooCommerce Vs. Shopify: Siapa yang lebih baik untuk toko Anda?

WooCommerce Vs. Shopify – Apakah Anda masih bingung dengan pilihan antara WooCommerce dan Shopify? Jika Anda berencana buat meluncurkan perdagangan internet dipasar, Anda telah menemukan dua platform e-commerce ini. Sebagai perbandingan , mereka adalah salah satu platform e-commerce paling populer di dunia.

Kedua platform memiliki kelebihan masing-masing yang membuat Anda mengambil keputusan sulit, terutama untuk sesuatu yang sama pentingnya dengan toko e-commerce Anda. Untuk membantu Anda memilih solusi yang tepat buat toko Anda, dalam posting ini kami akan mencermati kedua platform, perbedaan dan membandingkan mereka untuk memberi Anda lebih percaya diri dalam mengambil keputusan akhir.

WooCommerce vs Shopify: Siapa yang lebih unggul?

Sama seperti membandingkan platform untuk membangun situs seperti Squarespace dan Wix ke WordPress secara keseluruhan, WooCommerce dan Shopify memiliki dua pendekatan berbeda untuk membuat dan mengelola toko Anda:

WooCommerce di- host- sendiri . Ini berarti bahwa semua file toko Anda ada di server Anda sendiri dan Anda dapat mengubah semua yang Anda suka.

Shopify dihosting. Ini berarti bahwa Shopify menghosting dan mengelola perangkat lunak untuk Anda , dan meskipun Anda memiliki banyak fleksibilitas, Anda selalu terbatas pada perubahan yang diberikan Shopify kepada Anda.

Apa perbedaan nyata antara kedua platform ini?

WooCommerce lebih fleksibel, tetapi tidak ramah bagi pemula. Shopify adalah kebalikannya – ini sangat ramah bagi pemula, tetapi memiliki beberapa keterbatasan yang tidak Anda miliki di WooCommerce. Jika kami membuat perbandingan lebih spesifik, Anda akan melihat bahwa topik ini memiliki banyak implikasi.

Luasan pasar e-commerce

Sangat menarik untuk melihat luasan pasar e-commerce. Tentu saja, Anda tidak boleh memilih solusi yang hanya didasarkan pada popularitas, tetapi yang dapat membantu Anda mengenali tren kompetisi. Menurut BuiltWith , pada Desember 2018, dari 1 juta situs web teratas, 21% menggunakan WooCommerce untuk menjalankan bisnis mereka. Di tempat kedua Shopify mengikuti dengan 18%.

WooCommerce Vs. Shopify

image by kinsta.com

Mengingat 10k situs web teratas, hanya 6% yang menggunakan WooCommerce , sementara 23% menggunakan Shopify. Tampaknya Shopify lebih sering digunakan di situs web tingkat yang lebih tinggi. Namun, ini juga berarti bahwa masih ada banyak ruang di area perusahaan untuk pertumbuhan di kedua platform.

Dalam Google Trends 5 tahun terakhir, kami melihat bahwa kedua platform terus berkembang. Bahkan tampaknya Shopify perlahan-lahan menyalip WooCommerce.

WooCommerce Vs. Shopify

image by kinsta.com

Seberapa mudah membuka toko di platform masing-masing?

Dalam hal betapa mudahnya untuk mendapatkan dari nol ke toko yang berfungsi penuh yang menerima pesanan dan menangani pembayaran, Shopify jelas merupakan pemenangnya .

WooCommerce

Jika Anda ingin membuat toko WooCommerce, Anda harus melakukan dua hal berikut:

Instal WordPress dan kenali antarmuka WordPress ( tentu saja hanya jika Anda baru menggunakan WordPress ).
Instal dan konfigurasikan WooCommerce dan kenali antarmuka WooCommerce.

Sebelum Anda dapat mulai menerima pesanan, Anda biasanya akan bertanggung jawab untuk:

  • Temukan hosting
  • Instal WordPress
  • Instalasi dan konfigurasi WooCommerce
  • Temukan topik WooCommerce
  • Konfigurasi detail seperti gateway pembayaran, perhitungan pajak, dll. ( Meskipun layanan WooCommerce telah menyederhanakan sebagian dari ini )

Yah, tidak ada yang menakutkan di atas dan komunitas WordPress yang besar membuatnya mudah untuk menemukan bantuan. Masih ada kurva belajar tertentu – terutama jika ini adalah situs WordPress pertama Anda.

Shopify

Dengan Shopify, Anda memiliki sangat sedikit cara untuk mengembangkan dan menjual produk pertama Anda.

Yang harus Anda lakukan pada dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Buat akun Shopify
  • Sebuah domain dipilih dan dibeli atau menyinkronkan nama domain yang ada
  • Pilih template Anda
    Dan jika Anda menggunakan portal pembayaran Shopify sendiri, Anda dapat dengan mudah menerima pembayaran kartu kredit sejak hari pertama.

Hal itu akan sulit untuk mengalahkan kesederhanaan dari Shopify.

Berapa banyak kontrol yang Anda miliki atas fungsionalitas situs web Anda?

Hal yang menyangkut platform yang dihosting, Shopify sebenarnya adalah salah satu solusi yang lebih fleksibel. Namun, Shopify tidak mempunyai kontrol yang Anda miliki dengan situs WooCommerce yang di-hosting-sendiri. Ini menjadikan WooCommerce pemenang yang jelas di bidangkan ini.

WooCommerce

Dengan WooCommerce Anda memiliki banyak opsi untuk menyesuaikan fungsionalitas toko Anda:

Template Anda

Lebih dari 50.000 plugin WordPress, termasuk paket yang dirancang khusus untuk WooCommerce
Kode khusus ( salah satu manfaat dari solusi yang di-host-sendiri )

Mirip dengan fleksibilitas WooCommerce, adalah variasi produk. Dengan WooCommerce, tidak ada batasan tegas untuk variasi produk yang dapat Anda pilih, sementara Shopify menetapkan batas ketat 100 variasi per produk dan 3 opsi total per produk, tidak peduli dimana rencana Shopify Anda berada .

Shopify

Seperti disebutkan di atas, ada batasan diShopify – variasi produk.

Tetapi seberapa fleksibel toko Shopify Anda? Seperti di WooCommerce, Anda dapat menyesuaikan Shopify Shop Anda sebagai berikut:

Tema – Anda dapat menemukan tema pihak ketiga maupun tema di Shopify Theme Store .
Aplikasi – ini mirip dengan konsep plugin WordPress dan semuanya dikumpulkan disitus Shopify .
Shopify memungkinkan Anda untuk menambahkan HTML khusus , tetapi hanya di beranda toko Anda . Sekali lagi, ini adalah faktor pembatas.

Untuk platform yang dihosting, alat ini memberi Anda banyak fleksibilitas. Namun, ada batasan lain – seperti batasan variasi produk yang telah disebutkan – yang tidak mungkin untuk dihindari. Itu tidak terjadi pada Anda di WooCommerce.

Metode pembayaran apa yang ditawarkan masing-masing platform?

Baik WooCommerce dan Shopify memiliki daftar panjang gateway pembayaran. Anda mungkin tidak akan melihat adanya perbedaan kecuali Anda memiliki riwayat pembayaran yang sangat luar biasa. Namun, Shopify membebankan biaya tambahan jika Anda menggunakan gateway pembayaran eksternal. Ini harus dipertimbangkan dengan hati-hati karena biaya ini dapat mencapai 2% (selain apa yang dibutuhkan gateway pembayaran Anda).

WooCommerce

Karena sifat terbuka WooCommerce dan besarnya sejumlah komunitas plugin, Anda akan menemukan berbagai gateway pembayaran WooCommerce .

WooCommerce mendukung semua gateway utama serta:

  • Garis
  • PayPal
  • Kotak
  • Otorisasi.Net

Selain itu, salah satu manfaat dari WooCommerce adalah bahwa mereka tidak hanya mendukung nama-nama besar, tetapi juga memungkinkan gateway pembayaran niche. Untuk memberikan beberapa contoh:

  • Postgiro ​​( portal Swedia )
  • Przelewy24 ( portal Polandia )
    dan portal lainnya

Anda mungkin belum pernah mendengar tentang dua gateway pembayaran terakhir – itulah intinya! WooCommerce memiliki ikan besar dan gateway regional.

Shopify

Shopify memiliki gateway pembayaran sendiri, yang pada dasarnya tidak memerlukan konfigurasi. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan gateway pembayaran eksternal, Shopify juga mendukung semua nama utama, seperti :

  • PayPal
  • Garis
  • Otorisasi.Net

Dan tidak mau kalah, Shopify juga memiliki daftar panjang gateway pembayaran lokal .

Demikianlah pembahasan tentang WooCommerce Vs. Shopify: Siapa yang lebih baik untuk toko Anda? . Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan sebuah berita yang bermanfaat dan membantu Anda untuk senantiasa menentukan dalam memilih WooCommerce dengan Shopify.

Adanya kedua platform ini, semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dan yang paling penting adalah seberapa kreatifnya kita dalam memanfaatkan keunggulan dak kekurangan diberikan oleh WooCommerce dan Shopify itu.

Bagikan Artikel Ini