fbpx

Tutorial Mengatasi Error 522 Connection Timed Out

Website Anda sulit diakses dan justru menampilkan pesan 522 – Connection Timed Out? Jangan panik, Anda bisa gunakan panduan ini untuk mengatasinya. 

Bagi yang belum tahu, Error 522 atau Connection Timed Out adalah kode ‘cinta’ yang muncul apabila antara server hosting dengan Cloudflare terdapat masalah. 

Error 522

Normalnya, pesan Error 522 ini hanya muncul sesaat, sekitar hitungan menit. Namun tak jarang, pesan ini bertahan lebih lama, bahkan muncul berkali-kali. Pesan Error 522 yang ditampilkan Cloudflare ini mengindikasikan suatu masalah. Penyebabnya bermacam-macam, diantaranya :

  1. Server hosting tidak merespon request dari Cloudflare.
  2. Server hosting merespon request dari Cloudflare, tapi memakan waktu yang cukup lama. Boleh jadi, pemicunya adalah masalah network di provider hosting Anda yang menyebabkan respon ke Cloudflare menjadi lambat.
  3. Kesalahan pada konfigurasi (setting) Domain Name System (DNS) di Cloudflare
  4. Anda menggunakan VPS dan tanpa sengaja mengaktifkan firewall yang memblokir IP Cloudflare
  5. server hosting Anda mengalami down.
  6. Server hosting Anda mengalami overload, dan lain-lain.

Ada banyak penyebab munculnya Error 522, lalu bagaimana mengatasinya? 

, DewaBiz akan membagikan tutorial mengatasi Error 522 Connection Timed Out yang bisa Anda coba. 

Cara Mengatasi Error 522 : Memuat Ulang Halaman (Refresh)

Jika Anda menemukan Error 522, tidak perlu panik. Coba muat ulang (refresh) halaman website Anda. Biasanya, cara ini berfungsi di beberapa kasus, namun kalau tidak berhasil maka Anda bisa mencoba cara berikutnya.

Baca Juga :  5 Plugin Backup Terbaik Untuk WordPress

Cara Mengatasi Error 522 : Mengecek Status Service Cloudflare 

Sebelum melangkah lebih jauh, coba periksa konfigurasi di Cloudflare terlebih dulu. Gantilah nameserver Anda dengan nameserver yang telah diberikan Cloudflare. Simpan perubahannya dengan mengklik change nameservers. 

Periksa juga apakah server sudah benar. Mengenai IP Address, Anda bisa cek di email saat aktivasi layanan hosting atau VPS

Lalu, Anda bisa mengecek kondisi status layanan (service) yang diberikan Cloudflare dengan mengunjungi situs www.cloudflarestatus.com.

Jika terdapat kode partial outage atau re-route, maka artinya terjadi masalah dengan layanan Cloudflare. 

Solusinya, masuk ke DNS Cloudflare Anda, lalu ubah awan orange menjadi awan abu-abu. Ini bertujuan untuk menonaktifkan layanan Cloudflare sementara waktu (bypass). Sekarang, buka kembali website Anda. Jika tidak ada problem, maka berarti hosting Anda baik-baik saja (tidak bermasalah). 

Cara Mengatasi Error 522 : Mengecek Status Network Provider Hosting

Sudah mengubah awan orange menjadi awan abu-abu, tapi website masih susah diakses? 

Coba periksa apakah sedang ada masalah / gangguan network di penyedia hosting yang Anda pakai. Caranya dengan melakukan ping ke IP Address domain Anda. 

Untuk mendapatkan IP Address domain, Anda bisa cek sendiri di setting DNS Cloudflare. Lakukan ping menggunakan IP Address tersebut. Jika ternyata banyak request timed out (RTO) maka sebaiknya Anda menghubungi pihak provider hosting. Anda untuk minta penjelasan tentang hal tersebut. 

Cara Mengatasi Error 522 : Mengecek Status Web Server

Error 522 masih belum teratasi meskipun sudah melakukan langkah-langkah di atas? Tenang, ada cara lain yang bisa dicoba, yaitu mengecek status web server. 

Sebagai informasi, Cloudflare memanfaatkan header Keep-Alive sebagai indikasi website Anda bisa diakses / sedang online. Secara default, Keep-Alive ini otomatis aktif meskipun Anda pakai hosting atau VPS sendiri.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Gambar di Web Yang Tidak Muncul

Begini cara ceknya :

Cek web server bagi pengguna shared hosting

Untuk mengeceknya, lakukan login ke Anda lewat member area. Cari status service httpd, apabila statusnya down maka segera hubungi penyedia hosting Anda. 

Cek web server bagi pengguna VPS

Untuk VPS Web Server, caranya cukup berbeda-beda menyesuaikan web server apa yang Anda install. Anda bisa cari tahu mengenai cara tersebut di . Ikuti langkah-langkah yang Anda ketahui melalui browsing, lalu periksa apakah hasil statusnya running atau tidak? 

Jika statusnya down, start kembali.

Cek firewall bagi pengguna VPS 

Jika ternyata web server Anda up, coba koreksi lagi apakah Anda memasang firewall baru yang tanpa sengaja melakukan aksi DROP ke IP tertentu (termasuk IP Cloudflare). Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menonaktifkan / disable service firewall di VPS Anda. 

Cara Mengatasi Error 522 : Mengecek Server Overload Atau Tidak

Munculnya pesan Error 522 bisa disebabkan oleh server overload atau kondisi ketika server kelebihan muatan. Berikut cara mengecek server overload atau tidak.

Cek overload bagi pengguna shared hosting

Anda bisa mencermati informasi statistik resource cPanel, terutama bagian CPU dan pemakaian memori (memory usage). Perhatikan, jika nampak merah-merah, artinya hosting Anda overload. 

Baca Juga : Cara Login cPanel

Atasi hal ini dengan mengurangi , minify file HTML, CSS, dan Javascript. Anda juga bisa install plugin cache, perbarui versi (update), atau lakukan aksi apapun yang bisa menekan penggunaan resource layanan hosting.

Itulah tutorial mengatasi Error 522 Connection Timed Out yang bisa Anda coba agar website bisa diakses kembali. Semoga berhasil!

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Disk Space Usage Full