fbpx

SSD Hosting Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan HDD

Pada beberapa waktu yang lalu, jenis penyimpanan yang populer adalah , maka kini yang lebih dilirik adalah . SSD adalah solusi untuk hosting bagi web yang Anda miliki bila hendak meningkatkan performa dari sebuah server. Karena pastinya memiliki berbagai perbedaan serta kelebihan tersendiri.

Tapi apa sih sebenarnya SSD itu? Lalu bagaimana manfaat atau keunggulannya bila menggunakannya untuk menunjang kinerja server? Mari mengenal apa itu SSD lebih lanjut, sehingga kamu yang hendak menggunakan layanan hosting atau melakukan upgrade, bisa melakukan pertimbangan matang.

Apa itu SSD dan Kelebihannya

SSD hosting adalah

SSD sendiri adalah singkatan dari solid state drive. Benda yang satu ini berfungsi sebagai media penyimpanan yang juga menjadi salah satu dasar pendukung kinerja . penyimpanan terbaru ini pertama kali dikenalkan oleh SanDisk. Anda pastinya sudah tahu kan teknologi yang satu ini? 

Jadi, sebenarnya kegunaannya sama persis seperti Hard Disk Drive (HDD). Anda bisa menyimpan file dengan bentuk apa pun pada alat ini. SSD sendiri ada dua macam yaitu SATA dan nVME. Karena menggunakan teknologi terbaru, berbagai kelebihan SSD hosting juga bisa sangat membantu.

Misalnya dari segi kecepatan, SSD jauh lebih unggul, karena teknologi yang digunakan adalah IC atau integrated circuit. Berbeda dengan harddisk lama yang menggunakan piringan CD, yang membuat proses untuk pertukaran data pada bisa berjalan dengan lancar.

Perbedaan SSD dan HDD Hosting

Kelebihan SSD hosting

Apabila Anda hendak mempertimbangkan untuk menggunakan SSD untuk hosting, maka Anda wajib untuk mengetahui apa saja kelebihannya dibanding jenis lain. Berikut adalah beberapa di antaranya :

Baca Juga :  Apa Kegunaan Hosting Untuk Website Bisnis Anda

1. Kecepatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kecepatan dari SSD jauh lebih baik daripada HDD. Sebagai perbandingan, perbedaan kecepatan dari keduanya adalah 1 : 8. Bahkan ada yang pula klaim bahwa SSD bisa 20 kali lebih cepat.

Waktu read and write data yang bisa berjalan dengan waktu yang lebih singkat. Proses untuk transfer data dari server bisa berjalan dengan sangat baik. di saat ini pastinya menginginkan waktu loading yang lebih cepat, sehingga mempertimbangkan untuk menggunakan SSD adalah hal yang tepat.

2. Ukuran dan Kapasitas

Hal ini juga sudah sedikit dibahas sebelumnya. Ukuran dari SSD cenderung lebih kecil, sehingga bisa menghemat tempat. Selain itu, dari segi kapasitas juga berbeda. Setidaknya kapasitas dari SSD minimal yang beredar di pasaran adalah 128GB.

3. Durabilitas yang Lebih Baik

Ketika sedang bekerja, SSD tidak mengeluarkan panas. Hal ini juga membuat SSD bisa lebih tahan lama. Kemudian bila bicara mengenai daya tahan dalam konteks hosting, HDD seringkali tidak awet.

HDD yang digunakan untuk menunjang kinerja server pastinya akan bekerja secara terus menerus. Jam kerja yang berkelanjutan ini termasuk berat dan pada akhirnya bisa menurunkan kinerja serta umur HDD. Secara umum, kebanyakan HDD akan berkurang performanya setelah tahun ketiga.

4. Harga

Karena lebih unggul, SSD tentunya lebih mahal dari HDD. Namun bila Anda memiliki web dengan traffic tinggi atau muatan konten yang banyak dan berat, SSD adalah pilihan tepat.

SSD hosting adalah sistem yang lebih baik. Namun, pertimbangkan pula seberapa relevan manfaat SSD hosting dengan kebutuhan Anda untuk menggunakannya. Jadi, setelah Anda mengetahui perbedaan dari hosting SSD dan HDD, jangan lupa menggunakan layanan terbaik dari Dewabiz untuk web bisnis Anda.

Baca Juga :  Sejarah Komputer Generasi Pertama, Ini Penjelasannya