fbpx
Sejarah Komputer Generasi Keempat, Ini Penjelasannya

Sejarah Komputer Generasi Keempat, Ini Penjelasannya

Mencermati perkembangan saat ini semakin menarik dengan memperlihatkan chip dan juga processor mumpuni. Dalam hal ini sudah terlihat dimana sejarah yang mana memperlihatkan banyak poin.

Perubahan dari tahun ke tahun memperlihatkan seperti apa kecepatan perubahan teknologi. Maka dari itu sejak awal generasi keempat ini menjadi cikal bakal dari perubahan skala komputer dari awal.

Baca Juga : Apa itu Blogspot (Blogger)? Pengertian dan Fungsinya

Sejarah Komputer Generasi Keempat

Bisa dikatakan pada generasi keempat pada perangkat komputer ini sudah diperkenalkan oleh Intel Corp di tahun 1971 dengan mengembangkan microprocessor pertama seri 4004.

Dari beberapa sumber salah satunya Dasar Sistem Komputer yang ditulis oleh Gede Partha Sindu dimana ada bentuk contoh komputer generasi keempat. Salah satu yang dikenal sebagai Apple I Computer yang berhasil dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs yang mana mengembangkan microprocessor di dalam circuit board komputer.

Setelah munculnya generasi Apple I Computer tersebut sudah ada produk lain bernama TRS model 80 yang mana memberi processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan RAM mencapai 64kb.

Kemudian jenis dari Apple II yang dikeluarkan tidak lama setelah generasi pertama sudah mengembangkan processor 650 R dengan RAM 64 KB hingga menjadi komputer PC populer pada era tersebut.

Sedangkan dari sistem operasi yang dipakai pada generasi keempat ini menggunakan CP/M 8 bit. Sehingga komputer tersebut sudah dianggap paling populer di awal tahun 1980an dan ternyata laris di pasaran meskipun harganya masih cukup mahal.

Merasa tidak ingin kalah dengan persaingan Apple, dari pihak IBM juga merilis PC komputer di tahun 1981 yang mana PC tersebut sudah memakai OS MS-DOS 16Bit. Dari harganya juga tidak jauh berbeda dari versi komputer lainnya sehingga pabrikan IBM dikenal dan produknya laris manis di pasaran.

Baca Juga :  Cara Mudah Buat Google Form Untuk Pemula

Tepat pada 1997, generasi keempat muncul dari Intel yang mana memperkenalkan tipe microprocessor Pentium II yang mana menjadi generasi lanjutan dari Intel sebelumnya. Pihak Intel juga merilis beberapa varian mulai dari Pentium 233, Pentium 266 sampai Pentium 300.

Selanjutnya satu tahun berselang, AMD K6 3D juga dirilis untuk meramaikan pasaran dan menjadi pesain berat dari pentium pabrikan Intel. AMD K6 3D ini memiliki kecepatan 300 MHz dan 350 MHz. Sehingga tidak heran bila banyak pengguna komputer langsung melirik produk dari pabrikan AMD tersebut.

Baca Juga : Apa Itu WHOIS Protection? Pengertian dan Fungsinya

Ciri Dari Komputer Generasi Keempat

Bisa dikatakan dalam sejarah komputer generasi keempat ini masih memiliki ciri-ciri yang mana dapat dipelajari seperti pada informasi berikut ini.

  1. Memiliki komponen IC yang terlihat lebih kompleks dan memiliki integritas lebih baik.
  2. Penggunaan LSI ataupun dikenal sebagai Large Scale Integration menjadi versi pemadatan ribuan IC menjadi satu chip saja.
  3. Sudah mulai dikembangkan dengan sistem Very Large Scale Integration ataupun VLSI yang mana bisa menampung sampai ratusan ribu IC.
  4. Penggunaan versi microprocessor dan juga semikonduktor yang mana memberi bentuk chip untuk perangkat memori komputer.

Banyak pertanyaan mengenai seperti apa potensi dari generasi keempat untuk bisa memberi gambaran kemunculan versi terbaru?

Bisa dikatakan pada sejarah komputer generasi keempat ini ada peluang untuk dapat mengembangkan versi terbaru dengan pengembangan chip lebih canggih. Selain itu, dari teknologi integrated circuit ataupun IC ini juga menjadi cikal bakal dari perangkat listrik lainnya sehingga bisa dikatakan menjadi titik awal untuk mendapatkan perhitungan dari informasi dan perangkat lainnya.

Baca Juga :  10+ Alasan Mengapa Hosting Dewabiz Terbaik