fbpx

Sejarah Komputer Generasi Kedua, Ini Penjelasannya

Banyak instrumen dari komponen sejarah generasi kedua yang mana memperlihatkan seperti apa perkembangannya.

Jika melihat dari perkembangan generasi kedua ini pastinya mencermati seperti apa komponen dan juga contohnya.

Bahkan dari aspek kriteria dan cirinya sudah bisa diperhitungkan. Sehingga dari awal terlihat bagaimana bagian penting dari memahami generasi komputer kedua ini untuk beragam keperluan.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

Dapat dikatakan ada bagian penting dimana sejarah dari PC komputer yang saat ini kita kenali memberi versi berbeda.

Berdasarkan saksi sejarah perkembangan komputer tentu saja ada generasi kedua yang mana sejarahnya dapat kita lihat dari berbagai sumber valid.

Pada sejarah ini sudah terlihat bukan hanya dari beratnya saja yang besar. Tetapi dari ukuran generasi kedua ini masih cukup besar setelah mengalami perubahan dari generasi pertama.

Tepat pada tahun 1950an terjadi beberapa komponen perubahan salah satunya transistor yang bisa dipakai di dalam teknologi komputer.

Bukan hanya itu, karena ada penemuan lainnya berupa memori inti magnetik yang mana bisa mengembangkan komputer lebih cepat dan juga lebih kecil.

Tidak hanya memberi dua komponen lebih cepat dan kecil saja, tetapi ada beberapa poin yang dapat diandalkan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Pada komputer generasi kedua ini memperlihatkan bahasa assembly yang mana digunakan untuk membuat singkatan dan menggantikan kode biner hingga bahasa mesinnya.

Bisa dikatakan generasi kedua ini memperlihatkan super komputer yang mana menjadi mesin pertama hingga bisa memanfaatkan teknologi terbaru.

Pabrikan IBM dengan nama LARC sudah dirilis sebagai komputer yang memberi tujuan untuk penelitian di laboratorium energi atom karena memang super komputer tersebut bisa mengatasi berbagai masalah dalam bidang -data penting dan memang diperlukan pada penelitian atom tersebut.

Karena dianggap canggih, harga dari mesin komputer tersebut dibanderol lebih mahal bahkan dianggap cukup kompleks. Proses pembuatan untuk kebutuhan memang terbilang cukup mahal, meskipun dari sejarah komputer generasi kedua dapat dikatakan sebagai awal perkembangan fase generasi ketiga.

Baca Juga :  Cara Instal Theme WordPress Melalui Dashboard dan Manual Zip

Sampai awal tahun 1960 komputer di generasi kedua mulai dipakai untuk urusan lebih umum. Beberapa keperluan seperti bisnis, keperluan universitas, dan sistem pemerintahan juga mulai memilih perangkat ini.

Dari versi IBM 1401 menjadi salah satu komputer yang dapat diterima secara luas di semua bidang. Sebenarnya tidak hanya di sektor pendidikan saja, semua bisnis juga sudah memakai generasi kedua komputer dengan proses data lebih mudah.

Data keuangan dan informasi seputar program untuk keuangan sudah menggunakan perangkat komputer ini tepat pada tahun 1965an.

Perkembangan dari yang berhasil disimpan pada komputer bisa memberi fleksibilitas terhadap PC komputer.

Adanya aspek fleksibel dan juga harga terus meningkat di sektor bisnis juga membuat jumlah permintaannya semakin meningkat.

Pada sisi kinerja, dan juga konsumsi daya, ukuran dan kegunaannya generasi kedua ini jauh lebih berkembang bila dibandingkan pada generasi pertama.

Baca Juga : Mengenal Saas, Paas, dan Iaas Dalam Cloud Computing

Mengenal Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua

Dapat dikatakan dari perhitungan pembuatan komputer generasi kedua memang terbilang mahal. Namun, ada ciri-ciri komputer generasi kedua yang mana memberi pengalaman penting bagi penggunanya.

  1. Pemakaian daya yang dianggap lebih kecil, sehingga dikatakan lebih hemat dan juga efisien dalam konsumsi energi listrik pada saat itu.
  2. Adanya komponen transistor sebagai pengganti perangkat vacuum tube membuat ukuran dari komputer tersebut dilihat lebih ringkas bila dibandingkan generasi pertama.
  3. Penggunaan kapasitas memori yang dikatakan cukup besar.
  4. Pada pemakaian juga lebih luas pada aspek kehidupan baik itu bisnis dan beberapa bidang lainnya.
  5. Sudah tersedia media penyimpanan eksternal berupa removable disk.
  6. Memiliki sistem operasi lebih cepat.
  7. Dari penggunaan bahasa pemrograman baik dari Fortan, Algol, dan Cobol sudah dipakai untuk mengolah semua data.

Contoh Dari Komputer Generasi Kedua

Bila dicermati kembali pada sejarah komputer generasi kedua ini memang berbeda dari fase pertama. Hanya saja dari perkembangannya, generasi kedua ini juga menawarkan beberapa produk yang bisa dipakai bahkan cukup populer pada saat itu seperti pada ulasan berikut ini.

Baca Juga : .COM VS .ID Lebih Bagus Mana untuk Website Bisnis

Komputer PDP

Teknis dari kinerja komputer PDP ini sudah dirilis oleh Digital Equipment Corporation. Sehingga pada versi PDP 1 ini muncul di tahun 1959.

Baca Juga :  6 Langkah Membuat Web Portofolio

Setelah itu tersedia versi PDP 5 yang mana didemokan pada tahun 1963, hingga masuk ke fase PDP 8 yang mana menyusul tahun 1964 telah dikeluarkan PDP 10.

Pada produksi PDP 10 ini dianggap sebagai puncak jenis komputer PDP yang sudah diproduksi secara masal pada tahun 1966.

Dari pihak arsitektur PDP 10 ini memang cukup mirip seperti komponen PDP 6. Tidak hanya itu karena dari versi mini komputer PDP populer jatuh ke versi PDP 8.

Pada jenis PDP komputer ini dianggap mampu meramaikan pasar komputer pada saat itu, sehingga tidak heran bila nama komputer ini terbilang lebih ramai dipesan.

IBM 1401

Masih ada komputer generasi kedua yang populer di masyarakat umum tepatnya di tahun 1965. Beberapa komputer pabrikan IBM memiliki versi mulai dari seri 700, 7070, 7080, 1400, kemudian dari seri 1600.

Pastinya dari versi IBM 1401 ini menjadi salah satu komputer paling umum dipakai untuk keperluan perusahaan .

Karena dibutuhkan untuk keperluan industri pastinya versi IBM 1401 ini memiliki performa hardware yang mumpuni.

Komputer UNIVAC III

Berikutnya ada versi komputer UNIVAC III yang manan menjadi generasi dua dengan perangkat digital hasil proses update UNIVAC I dan juga UNIVAC II.

Tidak hanya memakai transistor dengan bentuk second generation secara umum, hanya saja dari UNIVAC III ini juga dirancang untuk melakukan format data lebih mudah.

Perubahan yang terjadi justru memberi pengaruh terhadap instruksi dan juga ukurannya. Maka dari itu secara tidak langsung UNIVAC ini masih perlu pengembangan lebih lanjut.

Penjelasan seputar generasi kedua menjadi poin penting untuk dapat mengerti seperti apa perhitungan dari perubahan perangkat komputer. Selain itu ada perkembangan yang bisa dipelajari meskipun dari awal ada perkembangan program dan juga perangkat eksternal lainnya sebagai faktor pendukung kinerja komputer.