fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

Tips & TrikPanduan

Sederet Cara Mengoptimasi Konten Agar Masuk Featured Snippet di Google

Wiliam

Berkecimpung dalam dunia blok  membuat seseorang harus terus belajar meningkatkan traffic agar memaksimalkan keuntungan dalam dunia digital satu ini. Salah satunya dengan mengoptimasi konten termasuk di featured snippet Google. Nah, fitur ini merupakan sebuah kolom khusus yang biasanya ada di dalam kotak dan terletak Paling atas kotak pencarian Google.

Berikut ini akan disajikan informasi secara lebih mendetail terkait cara mengoptimasi konten agar masuk di area khusus ini. 

Sekilas Tentang Fitur Featured Snippet

Perlu diketahui, jika featured snippet memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan. Terdapat beberapa dampak negatif dari fitur Google search satu ini, salah satunya kemungkinan zero click.

kenapa demikian? Jika menggunakan fitur Google search ini, kemungkinan website Anda tidak mendapatkan klik sebab informasi yang diinginkan oleh pembaca sudah terpampang lebih dulu di hasil pencarian.

Meski  demikian, kekurangan ini tidak mengurungkan niat beberapa blogger ataupun pemilik website untuk menggunakan fitur tersebut. Featured  snippet juga memiliki sejumlah kelebihan salah satunya visibilitas bagi seorang marketer. Menggunakan  fitur pencarian ini, memungkinkan brain anda muncul lebih dulu dan menggaet adiens lebih cepat.

Dengan kekurangan dan kelebihannya tersebut, fitur pencarian ini sebenarnya tergolong dinamis. Kadang tampil, kadang pula tidak dan itu didasarkan pada ranking signal serta algoritma Google.

Bagaimana Cara Mengoptimasi Konten agar Masuk Featured Snippet?

Anda termasuk pemilik website yang ingin mengoptimalkan konten agar bisa muncul di area khusus bernama Featured Snippet ini, masih di bawah akan sangat membantu. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Segera tingkatkan rating website Anda

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni berusaha meningkatkan ranking website, karena pihak Google menggunakan ranking di halaman pertama. Website yang muncul di 10 besar inilah yang akan ditampilkan pada area khusus yang akan muncul di paling depan pencarian.

Google secara konsisten berusaha menyediakan informasi paling terpercaya dan sesuai apa yang diinginkan pengguna. Sederhananya, konten dengan high authority dan berkualitas akan muncul lebih dulu di halaman khusus tersebut. Rata rata pengguna juga lebih percaya pada informasi yang muncul di halaman pertama Google.

2. Gunakan gaya tulisan “piramida terbalik”

Inverted pyramid style atau konsep piramida terbalik merupakan strategi dalam dunia jurnalistik yang cukup ampuh untuk meningkatkan anjay main konten. Dengan konsep tersebut, anda akan disuguhkan bagaimana cara membuat informasi yang lebih Terstruktur. Dan ini ternyata bisa mengoptimasi konten Anda untuk segera masuk di Featured  snippet.

Mulailah menulis konten dengan bagian artikel paling ditunggu oleh pengguna. Lalu Anda boleh melanjutkan nya dengan informasi pendukung di konten artikel Anda. Gaya tulisan piramida terbalik ini tergolong cara yang legal dan termasuk teknik menulis paling cerdas dan tentunya bisa mengoptimasi konten masuk area khusus di mesin pencari Google.

3. Gunakan peluang “low-hanging”

Istilah  low-hanging ini memenangkan fitur Featured  Snippet  dengan cara lebih dulu mengoptimasi halaman Web yang sebelumnya berada di rangking 10 besar Google.

Pertama Tama, cek keyword apa yang Dimenangkan oleh halaman Web 10 besar tersebut, lalu optimasi website anda sendiri dengan menyertakan pertanyaan dan jawaban sudah disiapkan dan buatlah seinformatif mungkin.

Lalu bagaimana bentuk pertanyaannya? Anda bisa mulai mengeceknya di layout  SERP bandingkan dengan beberapa kompetitor yang sudah muncul di fitur feature snippet. Atau bisa juga dicek pada bagian people also ask atau pada penelusuran terkait di Google Search .

4. Optimasi long-tail dan question-like keyword 

Konten yang muncul di Featured Snippet itu rata-rata dimunculkan atas dua hal, yaitu:

  • Direct question (berupa pertanyaan)
  • Keyword lebih panjang

Apabila Anda mengoptimasi website untuk long-tapi Question dan keyword maka secara otomatis Google akan menggunakan keduanya sebagai jawaban yang dinilai paling potensial  dan akan menampilkan pada area khusus yakni Featured Snippet ini.

Namun hingga  saat ini, Google belum menyediakan satupun tools bisa membuat Anda para pemilik website untuk mengecek keyword yang bisa dimunculkan Featured Snippet.

5. Format konten Anda

Untuk mengoptimasi konten bisa masuk di featured snippet tidak hanya berpatok pada gaya penulisan, namun struktur yang baik adalah penunjang yang cukup penting dalam optimasi ini.

Sederhananya begini, jika Anda pernah menemukan query dengan model listicle featured snippet, maka sebaiknya buatlah konten dengan struktur serupa agar peluang masuk area khusus pencarian bisa cepat terjadi.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk featured snippet ini meliputi:

  • Gunakan paragraf yang lebih pendek dengan jawaban jelas untuk paragraf snippet
  • Buatlah judul yang descriptive dan mengandung long-tail serta question-like-keyword
  • Lengkapi dengan header teks, meliputi H1, H2, H3 beserta jawaban
  • Lengkapi konten Anda dengan bullet point list, tabel, ataupun grafik untuk mendukung isi konten Anda
  • Apa beri gambar relevan pada konten artikel yang di upload

Sebagai pelengkap, pastikan konten yang dibuat ini mengandung HTML markup meliputi:

  • <ol> dan <ul> untuk listicle snippet
  • <p> tags untuk paragraf snippet
  • <table>  untuk table snippet 
  1. Konsisten dengan jumlah kata pada setiap artikel

Langkah terakhir untuk mengoptimasi konten Anda agar bisa masuk di featured  snippet adalah konsisten  dengan jumlah kata pada setiap artikel yang anda buat. Analisis dari SEMrush mengatakan jika hampir dari 10 juta  keyword dan 1 juta domain bahwa kebanyakan featured snippet ini rata rata terdiri dari 40 hingga 50 kata.

Oleh karena itu, pastikan untuk anda membuat jawaban yang jelas, padat serta singkat dan tidak melebihi 58 kata.

Perlu diingat lagi, bahwa cara optimasi di atas sifatnya dinamis dan kapan pun bisa berubah tergantung pada algoritma Google  yang setiap harinya mengalami naik turun. Namun tidak ada salahnya untuk mempraktekkan beberapa tips di atas agar konten artikel anda masuk di Featured snippet.

Baca Juga