fbpx

Perbedaan VPS dan Web Hosting: Mana yang Terbaik?

Ingin beli , tapi bingung mau pakai layanan hosting apa? Jasa menghadirkan berbagai layanan, seperti hosting, cloud hosting, shared hosting, dan juga . Artikel ini akan membahas perbedaan VPS dan web hosting.

Dengan mengetahui perbedaan dari kedua layanan, Anda dapat memilih mana layanan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan VPS dan Web Hosting

perbedaan vps dan web hosting

Perbedaan jenis hosting berikut berdasarkan pada beberapa aspek, seperti pembagian sumber daya, fleksibilitas, keamanan, fungsi, dan biayanya. 

Langsung saja, mari kita bahas kedua perbedaan tersebut dari masing-masing aspeknya satu per satu.

1. Pembagian Sumber Daya

Perbedaan mendasar antara VPS dan web hosting bisa Anda lihat pada pembagian sumber dayanya.

Layanan VPS akan membagi sumber daya pada fisik menjadi beberapa server virtual. Namun, server virtual ini masih bisa menjalankan sistem operasinya sendiri layaknya seperti server fisik.

Lebih mudahnya, ciri-ciri bisa kita ibaratkan seperti menyewa rumah di sebuah perumahan. Meski masih tinggal dengan penghuni lain di perumahan yang sama, Anda memiliki hak mutlak atas rumah Anda.

Berbeda dengan VPS, layanan web hosting akan menyewakan space pada berbasis web yang  Anda miliki. Nantinya, aplikasi tersebut akan mengarah ke nama domain milik Anda. 

2. Fleksibilitas

Layanan web hosting hanya terbatas untuk platform yang tersedia saja. Namun, pengguna memiliki keleluasaan untuk mengelola platform miliknya secara mandiri.

Sementara itu, saat memilih layanan VPS, Anda bisa menginstall berbagai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Anda juga akan diberi akses ROOT, sehingga bisa melakukan apa pun pada VPS yang Anda miliki.

Baca Juga :  Keuntungan Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

3. Biaya

Biaya untuk layanan VPS terbilang cukup mahal. Bahkan, jika Anda menginginkan source yang lebih besar, maka Anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar pula.

Jika ingin memilih layanan hosting yang tidak terlalu mahal, sebaiknya pilih web hosting. Web hosting tidak membutuhkan biaya yang mahal.

4. Keamanan

Tingkat keamanan web hosting terbilang cukup, meski nama domain Anda juga digunakan pada aplikasi berbasis web lainnya. Namun, tingkat keamanannya tidak lebih baik dari VPS. Dengan menggunakan satu server virtual, keamanan pada layanan VPS lebih unggul dari web hosting. 

Pengelolaan konfigurasi keamanan pada layanan ini dilakukan oleh pemilik VPS. Anda juga bisa melakukan modifikasi pada konfigurasi keamanan, untuk menghasilkan tingkat keamanannya yang lebih tinggi.

5. Fungsi

VPS memiliki fungsi untuk mengontrol dan mengelola sebuah secara penuh. Layanan hosting ini akan membuat proses kegiatan pada website tersebut berjalan dengan lancar, tetapi tetap aman.

Sementara itu, web hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang aman dan berperan sebagai redireksi dari sebuah DNS. Selain itu, layanan ini juga akan memberi perlindungan pada website saat terjadi downtime.

Pilih Layanan Hosting Terbaik 

Jika ditanya apa layanan dari keduanya? Kembali lagi, ini bergantung pada kebutuhan dan kondisi Anda.

Jika Anda ingin membeli layanan hosting dengan harga murah, web hosting bisa menjadi alternatifnya. 

Jika ingin layanan hosting yang memiliki tingkat keamanan dan fleksibilitas yang tinggi sebaiknya pilih layanan VPS. Namun, harga layanan ini sudah pasti lebih besar dari web hosting.Jadi, sudah paham ya apa perbedaan VPS dan web hosting? Apa pun jenis layanan yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Jika bingung mau beli layanan hosting di mana, Anda bisa berkunjung ke Dewabiz, layanan Cloud Hosting pertama di dunia.

Baca Juga :  50 Template Blog Keren untuk WordPress dan Blogger