DewaBiz: Web Hosting Unlimited Murah Indonesia

Peran Penting Hosting Bagi Website dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

Deskripsi: Jika anda memiliki sebuah website, bisa dipastikan bahwa anda juga telah membeli hosting. Ketauhi peran hosting bagi website di dalam artikel di bawah ini.

Bagi para blogger atau pemilik situs, penting mengetahui apa saja peran hosting bagi website. Pengertian hosting merupakan sebuah tempat untuk menaruh berbagai data Anda yang ada di website. Jika tidak ada hosting, maka sebuah situs tidak bisa diakses dan bahkan memiliki pengunjung.

Jika diumpamakan, website adalah sebuah rumah, domain merupakan alamat rumah, dan hosting merupakan tanah di mana tempat dibangunnya. Tentu saja, Anda tidak akan bisa membangun rumah kalau tanahnya saja tidak punya. Oleh karenanya, inilah yang menjadi salah satu peran penting hosting untuk menunjang kinerja website. 

Sebuah website tentunya akan memiliki banyak Data mulai dari data-data teks, pengaturan, plugin, musik dan bahkan video. Di Indonesia sendiri memang terdapat banyak sekali penyedia layanan hosting dengan harga bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah untuk langganan setiap bulannya. 

Apa Saja Peran Hosting Pada Sebuah Website?

Pada sebuah hosting, memang harganya bervariasi dan tergantung dari apa saja fasilitas atau layanan yang tersedia. Misalnya berkaitan dengan kapasitas, fitur penunjang, serta aspek lainnya. Pada umumnya, ketika  memilih tempat hosting juga akan memperoleh domain gratis tergantung pilihan paket mana yang diambil.

Kemudian, apa saja peran hosting bagi website dalam menunjang kinerja situs ? karena memang sebuah situs tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya hosting. Berikut inilah beberapa peran penting tersebut. 

Untuk Menyimpan Data

Peran hosting bagi website yang pertama tentunya yaitu untuk menyimpan data situs. Data-data ini akan bisa diakses oleh siapapun secara online dan dapat ditampilkan saat ada pengunjung melihat konten di website Anda. 

Menjadi Alamat Akses

Selain tempat menyimpan berbagai data, hosting punya peranan lain yaitu menjadi redireksi alamat DNS. Ketika ada pengunjung yang ingin menuju situs maka server akan menuju link hosting dan kemudian data muncul. Jika situs yang sudah terdaftar pada DNS namun tidak memiliki hosting, maka tetap tidak akan dapat diakses.

Agar Situs Bisa Selalu Online

Peran hosting bagi website berikutnya situs akan kelihatan selalu online serta dapat diakses di mana saja selama jasa penyedia layanan tersebut  tidak mengalami kendala. Kalau jasa penyedia layanan tersebut bermasalah, situs Anda juga akan error. Oleh karena itu pastikan jasa hosting ini memang profesional dan dikenal memiliki kualitas terjamin.

Apa Saja Jenis-jenis Hosting 

Setelah mengetahui apa saja peran hosting bagi website, Anda juga penting untuk paham jenis-jenis hosting ini. Ada beberapa jenis hosting yang dilihat dari bagaimana penggunaannya yaitu sebagai berikut:

Shared Hosting

Jenis hosting ini adalah yang paling banyak dijumpai. Anda bisa ibaratkan shared hosting adalah sebuah “rumah sewa” di mana satu hosting akan dibagikan kepada para pemakainya untuk beberapa situs sekaligus. Karena digunakan oleh banyak pengguna, maka harganya cenderung lebih murah dan cocok dipakai untuk situs kecil. 

Dedicated Hosting

Jika di shared hosting adalah menggunakan paket hosting bersama-sama, maka pada dedicated hosting  hanya dipakai untuk satu website saja saja. Jenis website yang menggunakan hosting ini bisa disebut juga rumah pribadi. Dedicated hosting cocok sekali untuk Anda yang ingin mendesain website yang punya data dan pengunjung yang besar. Misalnya, pada situs e-commerce maupun situs internal perusahaan. Ini dikarenakan akan terdapat banyak ruang hosting. Selain itu, akan lebih mudah dalam pengaturannya karena sudah dilakukan oleh penyedia layanan hosting tersebut. 

VPS Hosting

Jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, peran hosting bagi website di vps hosting bisa diibaratkan sebagai rumah kost. Jenis hosting ini sangat bagus dipakai bagi Anda yang ingin punya hosting pribadi akan tetapi budget untuk membeli dedicated hosting terlalu mahal. Atau, jika pada shared hosting tidak bisa mencukupi kebutuhan. Disamping itu, vps hosting juga sangat cocok dipakai para blogger yang sudah punya traffic besar. Pada vps hosting ini Anda juga bisa memahami cara menggunakannya karena harus mengkonfigurasikan nya sendiri.

Cloud Hosting

Jenis hosting ini dalam beberapa waktu belakangan cukup populer dan banyak digunakan oleh para blogger. Alasannya, jarang dijumpai pada gangguan atau down. Cloud hosting bisa diumpamakan juragan rumah karena data situs anda akan disimpan di banyak server virtual. 

Jika salah satunya mati, maka server yang lain tentu bisa menggantikan peranannya dan tetap membuat situs Anda bisa dikunjungi. Jenis hosting ini sangat cocok dipakai pada situs berita online, toko online, maupun situs perusahaan. 

Demikianlah informasi mengenai apa saja peran hosting bagi website serta jenis-jenisnya yang dilihat dari penggunaannya. Hal yang penting bahwa Anda harus memilih tempat layanan yang terbaik supaya situs yang dibangun tidak mengalami kendala. Dari jenis-jenis hosting di atas bisa anda pilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan.

Scroll to Top